Kelebihan dan Kelemahan Menggunakan Penyaring Udara Pada Kendaraan Anda
Information
25 Nov 2020
Share

Banyak orang masih bingung untuk menggunakan alat penyaring udara pada mobil mereka. Kebingungan ini muncul karena pro dan kontra yang sering muncul di internet. Di satu sisi banyak yang mengatakan alat ini hanya buang uang. Tapi disisi lain ada yang mengatakan penggunaanya efektif dalam menjaga udara mobil. Mana yang benar? Untuk menggali soal ini, mari bahas kelebihan dan kekurangan dari alat pembersih udara mobil berikut ini!


Kelebihan Menggunakan Penyaring Udara di Mobil
Membersihkan Bakteri dan Penyakit
Kelebihan pertama dari alat penyaring di mobil ini adalah kemampuan membersihkan sumber penyakit. Seperti yang Anda tahu, virus dan bakteri sering berada di udara. Untuk memastikan semua hal itu bersih, alat pembersih udara ini bisa digunakan.
Kinerja alat penyaring ini sangat baik terutama jika Anda punya penumpang balita. Air purifier mobil, umumnya digunakan agar si buah hati tidak merasa terganggu. Hal seperti alergi dan penyakit lebih mudah menjangkit bayi. Daripada ambil resiko, lebih baik menggunakan alat ini.


Mampu Membantu Kualitas Udara di Mobil
Walaupun mobil sudah menggunakan AC, kualitas udara di dalam kendaraan ini tidak selalu baik. Karena itu, banyak orang lebih memilih membuka jendela agar air flow terasa baik. Beberapa penyaring udara yang dipasang pada mobil, tentu akan membantu air flow juga tanpa harus membuka jendela.
Alat seperti ini biasanya ditaruh di mobil sebagai ventilasi tambahan. Biasanya sebagai parts di atap mobil. Alat dengan air flow ini mengambil udara dari atap dan menyaringnya untuk dialirkan ke dalam mobil. Karena sudah disaring, kualitas udara yang masuk akan lebih bersih dan tentunya membantu air flow dalam mobil.


Menghilangkan Bau
Kualitas lain dari pembersih udara mobil ini adalah kemampuan menghilangkan bau. Hal seperti bekas asap rokok, bau makanan ataupun bau badan tentu akan mengganggu udara di dalam mobil. Untuk mengatasi masalah seperti ini, Anda bisa gunakan pembersih udara yang dilengkapi pewangi. Jadi selain membersihkan udara di mobil, alat tersebut juga menyebarkan aroma yang sedap.


Kelemahan Menggunakan Penyaring Udara di Mobil
Harga Mahal
Kelemahan pertama dari penyaring udara mobil adalah harganya. Alat ini memang sangat membantu untuk kebutuhan udara yang lebih bersih. Tapi Anda harus mau memodifikasi mobil Anda untuk penggunaanya. Biasanya ada alat portable yang bisa langsung bekerja setelah diletakan pada mobil. Tapi tipe yang portable ini sering kurang efektif.

Jika ingin alat yang lebih efektif, beli yang built in harus dipasang sebagai perangkat khusus pada AC. Karena memerlukan wiring tenaga dari mobil, pemasangannya akan memakan biaya. Jadi belum tentu Anda punya cukup modal untuk hal ini.


Sering Kurang Efektif di Kendaraan Tertentu
Perlu diingat juga tidak semua mobil dan kendaraan bisa menggunakan alat penyaring ini dengan efektif. Contoh saja kendaraan mobil angkutan umum. Walaupun bisa berfungsi baik, efeknya sangat minimal di situasi tersebut. Penyaring udara tentu tidak bisa bekerja cepat di mobil terbuka seperti angkot.
Di mobil tertutup sekalipun, kinerja alat juga tergantung ukuran mobil. Mobil besar sekelas Van, akan membutuhkan alat yang berkapasitas besar juga. Jika hanya menggunakan penyaring portable, efeknya sangat minim.


Kesimpulan
Dari bahasan kelebihan dan kelemahan di atas, Anda sekarang mengerti bagaimana alat penyaring udara ini bekerja di mobil. Walaupun bekerja baik demi menjaga kondisi udara mobil dan kesehatan penumpangnya, penggunaanya cukup terbatas. Jika tidak disesuaikan dengan benar, percuma saja Anda beli alat penyaring mahal tapi tidak berefek positif pada udara kendaraan.

Sekian bahasan tentang alat pembersih udara mobil ini. Mudah – mudahan bahasan ini berguna bagi Anda sekalian. Terima kasih sudah membaca!
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda