Jenis-Jenis Masker untuk Tangkal Virus
Information
08 Jun 2020
Share

Dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, masker jadi sebuah kebutuhan yang wajib terpenuhi. Apalagi, pemerintah juga sudah mewajibkan setiap orang untuk menggunakan masker saat harus beraktivitas di luar ruangan. Di satu sisi, harga masker kesehatan di apotek juga mengalami lonjakan sehingga tidak bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat. Untungnya, ada berbagai jenis masker non-kesehatan yang bisa digunakan oleh masyarakat, meskipun harus dengan beberapa syarat tertentu.
Lalu, apa saja ya jenis-jenis masker yang dapat Anda kenakan dalam kondisi pandemi saat ini? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini, yuk!


Masker N95

Masker N95 adalah masker yang bisa menghalau percikan air liur (droplet), tapi juga partikel kecil yang terdapat di udara, yang barangkali mengandung virus. Bentuk dan desain masker N95 sengaja dibuat agar terpasang benar-benar pas di wajah, sehingga bisa menutup mulut dan hidung dengan sempurna, terutama pada orang dewasa. Karena itu, penggunaan masker N95 idealnya harus dipilih berdasarkan ukuran yang benar-benar pas dengan wajah Anda agar tidak ada celah pada sisi-sisinya, di mana partikel udara atau droplet bisa menyelip masuk.


Masker Bedah

Masker bedah alias surgical mask adalah masker sekali pakai. Dengan begitu, jika masker sudah lembap atau basah, atau bahkan rusak, masker harus langsung dibuang dan tidak boleh digunakan kembali, apalagi “diakali” dengan cara dibalik yang sama sekali tidak sesuai dengan cara penggunaannya yang tepat. Masker ini memang tidak serapat masker N95 dalam menutup mulut dan hidung, namun penggunaannya paling cocok jika Anda adalah individu yang mengalami gejala sakit karena masker bedah punya 3 lapis yang dapat mencegah agar virus tidak menyebar, termasuk virus Covid-19 yang terkandung di dalam droplet yang keluar saat Anda batuk atau bersin.


Sayangnya, stok masker bedah di pasaran sudah sangat menipis, padahal jenis masker ini sangat dibutuhkan oleh para petugas medis. Karenanya, penggunaan jenis masker bedah saat ini diprioritaskan bagi para petugas medis.


Masker Kain

Berdasarkan imbauan dari Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI), masyarakat dianjurkan untuk mengenakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, seperti ketika harus bekerja atau berbelanja kebutuhan rumah tangga. Nah, masker kain juga dapat jadi alternatif karena juga sudah disarankan oleh pemerintah. Pasalnya, walaupun jelas tidak seefektif masker bedah maupun masker N95 dalam menangkal virus, masker kain tetap mampu menghalau sebagian droplet yang bisa jadi mengandung virus dan keluar dari tubuh individu ketika ia berbicara, menghela napas, hingga batuk maupun bersin. Masker kain memang bisa jadi alternatif lantaran harga masker kesehatan di apotek yang melonjak.


Terlepas dari apa jenis masker yang Anda gunakan, catat bahwa organisasi kesehatan dunia WHO telah menegaskan bahwa penggunaan masker hanyalah satu dari serangkaian langkah pencegahan penularan virus Covid-19. Karenanya, pastikan Anda juga melakukan langkah pencegahan lainnya, termasuk menjauhi kerumunan, membatasi kontak fisik dan sosial, rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta menerapkan kebiasaan-kebiasaan bersih dan sehat.

 

 

Source:

https://www.who.int/publications-detail/advice-on-the-use-of-masks-in-the-community-during-home-care-and-in-healthcare-settings-in-the-context-of-the-novel-coronavirus-(2019-ncov)-outbreak
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda