Jenis – Jenis Masker Medis Untuk Tenaga Medis
Information
09 Jun 2020
Share

Di tengah masa pandemi Covid-19 seperti saat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari virus Corona. Salah satu langkah pencegahan yang dianjurkan oleh WHO adalah menggunakan masker saat pergi ke luar rumah. Masyarakat jika menjaga diri dengan baik akan aman dari paparan virus Corona tetapi bagaimana dengan tenaga medis sendiri? Tenaga medis mau tidak mau harus menjadi garda terdepan melawan virus Corona. Setiap tim medis harus melengkapi diri dengan APD yang dianjurkan oleh WHO. Masker medis untuk tenaga medis merupakan salah satu APD yang wajib dimiliki. Berikut ini kami bagikan info untuk anda terkait jenis masker medis yang efektif mencegah penyebaran virus Corona. 


Masker Bedah

Masker bedah merupakan salah satu masker yang bisa digunakan untuk mengatasi Corona. Masker bedah merupakan masker yang biasanya berwarna hijau, dan dapat dengan mudah ditemukan di Apotik. Namun saat masa pandemi seperti ini kebutuhan masker bedah begitu tinggi, sehingga masker ini hanya diprioritaskan untuk keperluan medis. Masker kesehatan terbaik ini terdiri dari 3 lapisan utama, yakni lapisan luar yang anti air, lapisan tengah, dan juga lapisan dalam sebagai filter. Pada bagian atas masker ini terdapat kawat, yang bisa berfungsi untuk merekatkan masker ke wajah. Masker ini menggunakan karet sebagai pengaitnya sehingga efektif menutupi mulut dan wajah.


Masker N95

Selain masker bedah masker medis untuk tenaga medis lainnya adalah masker N95. Masker yang satu ini sesuai dengan namanya memiliki kemampuan lebih baik dalam memfilter udara dibanding dengan masker bedah, yakni hingga 95%. Masker N95 banyak digunakan oleh tenaga medis karena kemampuannya melindungi mulut dan hidung. Saat ada asap kebakaran misalnya, masker N95 cocok digunakan untuk mengatasinya. Sayangnya masker N95 ini kurang cocok digunakan oleh anak – anak karena ukuran dari masker N95 hanya dibuat untuk orang dewasa. Masker N95 juga cocok digunakan untuk mencegah penyebaran virus Corona, dan harga masker ini biasanya lebih tinggi dari masker lainnya.


Masker N100

Masker lain yang juga sangat cocok digunakan oleh tenaga medis dalam mencegah penyebaran virus corona adalah masker N100. Masker yang satu ini memiliki kemampuan lebih baik dari masker N95, karena masker ini mampu memfilter partikel udara hingga 99,97 %. Sayangnya tidak mudah menemukan masker yang satu ini dan harganya juga tergolong tinggi. Namun untuk tenaga medis masker N100 ini sangat bagus digunakan karena virus dapat dihalau dengan baik. Terlepas dari masker mana yang terbaik, seluruh masker tersebut sangat bagus digunakan pada masa pandemi seperti saat ini. Itu lah beberapa jenis Masker medis untuk tenaga medis. 

 


Source: 

https://www.who.int/publications-detail/advice-on-the-use-of-masks-in-the-community-during-home-care-and-in-healthcare-settings-in-the-context-of-the-novel-coronavirus-(2019-ncov)-outbreak

https://www.greenpeace.org/international/story/43288/trade-agreements-covid-19-coronavirus-neoliberalism-capitalism-economics-relocalisation/
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda