Jangan Sepelekan Masker Kain Katun Untuk Antisipasi Virus
Information
08 Jun 2020
Share

Dalam mengantisipasi penyebaran korona, para warga di dunia kini digalakkan memakai masker. Virus korona ini menyebar bukan melalui udara seperti pada virus influenza namun melalui lompatan dari satu orang ke orang lainnya. Partikel udara menjadi media dalam lompatan ini sehingga perlu jaga jarak minimal 1 meter dari setiap orang. Mungkin kamu tidak merasa sakit tetapi percikan orang yang terkena korona menempel pada tubuhmu dan menular ke orang lainnya lagi sangat potensial. 


Untuk mencegah hal ini, pemakaian masker kain katun menjadi sangat tinggi. Percikan dari luar akan menempel pada masker kain dan bisa segera hilang bila kamu menggantinya dengan yang baru. Pembuatan masker kain katun sedang diperbanyak karena hanya boleh dipakai dalam waktu 4 jam saja. 


Bagaimana Agar Masker Kain Tidak Boros?

Ketika kamu keluar rumah maka masker harus standby di muka ya, walaupun hanya pergi ke pasar saja tetap harus memakai masker kain katun. Bahan katun memiliki daya saring polusi atau partikel hingga 60% jadinya paparan virus masih bisa dikendalikan dengan baik. Nah, masker kain hanya bertahan 4 jam saja maka saat keluar rumah pastikan untuk tidak lebih dari 4 jam karena selebihnya kotoran dari luar kain meresap ke dalam serat kain dan menyebabkan virus masuk. 


Inilah mengapa pemerintah membatasi warga untuk berkumpul terlalu lama karena dikhawatirkan masker yang sudah lebih dari 4 jam berpotensi terkena virus korona. Berbeda jika kamu harus bekerja di luar rumah, stok masker minimal 5 buah untuk menggantikan setiap 4 jamnya. Akan lebih bagus jika kamu mengganti sebelum 4 jam ketika banyak bersinggungan dengan orang. 


Sebaik Apakah Masker Kain Katun Untuk Menghalangi Virus?


Virus korona memiliki ukuran tubuh 0,2 mikron dan masker kain hanya mampu menahan separuhnya saja. Kendati demikian, perlunya lapisan ganda masker kain untuk menahan partikel korona semakin masuk ke dalam serat. Imunitas tubuh juga dinaikkan agar kamu kebal dari serangan virus. Selain itu, usai keluar rumah sebaiknya segera lepas baju dan ganti dengan yang bersih karena percikan virus pembawa bisa saja menempel pada pakaian. Harga masker kain ini lebih terjangkau, kisaran Rp. 5.000 – Rp. 10.000. 


Masker kain termasuk dalam masker non medis yang fungsinya masih bisa menghalau lompatan virus korona. Kamu bisa membuat masker kain dengan 3 lapisan guna menyaring resapan virus atau bakteri luar untuk masuk ke dalam. Perhatikan cara bersin, batuk yang benar ya agar orang sebelahmu tidak tertular. Ada baiknya jika berasa bersin atau batuk segera menjauh dari orang lain karena mereka juga khawatir akan virus yang keluar walaupun belum tentu virus tersebut adalah covid-19. 

 


Source:

https://www.merdeka.com/jabar/kelebihan-masker-kain-katun-alternatif-pencegah-virus-corona-kln.html
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda