Jangan Asal Beli Filter Udara, Ketahui Dulu Perbedaan Diffuser, Air Purifier Dan Humidifier!
Information
25 Nov 2020
Share

Sebelum membeli sesuatu alangkah baiknya untuk mengetahui bagaimana cara kerja alat tersebut dan apa fungsi sebenarnya. Kemudian belilah sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketiga alat yang akan kita bahas kali ini memiliki kesamaan yakni sama-sama mampu membuat kualitas udara di ruangan menjadi lebih baik. 

Kesamaan inilah yang sering membuat orang salah paham dan mengira bahwa ketiganya sama saja. Tetapi ternyata ketiga alat ini memiliki perbedaan lho.. Berikut simak penjelasan lebih lanjut antara ketiga alat ini mulai dari diffuser hingga perbedaan air purifier dan humidifier.


Diffuser
Diffuser adalah alat yang digunakan untuk menyegarkan aroma ruangan dengan cara menyemprotkan minyak esensial aromaterapi untuk membuat ruangan menjadi lebih menyegarkan untuk dihirup, bahkan bisa membuat Anda lebih rilex.

Diffuser bekerja dengan cara mengeluarkan uap ke udara, dimana uap ini berasal dari minyak esensial yang sudah dimasukkan dalam alat tersebut. 
Diffuser terbagi ke dalam dua jenis, yakni ada yang bekerja dengan air dan ada juga yang sama sekali bekerja tanpa air. Contohnya adalah nebulizer diffuser yakni tipe diffuser yang tidak memerlukan air dalam cara kerjanya.

Alat ini biasa ditempatkan di ruang yang sering Anda tempati untuk menghabiskan banyak waktu. Misalnya ruang kerja, kamar tidur, ruang keluarga, ruang baca dan semacamnya. Pastikan juga Anda meletakkan air diffuser pada permukaan yang rata, kokoh dan terletak di pusat ruangan, agar aroma terapi atau essential oil dapat tersebar ke seluruh ruangan dan berfungsi sebagai alat penghilang bau ruangan.


Humidifier
Humidifier juga termasuk alat pelembab udara, sehingga cocok digunakan untuk Anda yang tinggal di daerah panas atau kering. Dibandingkan dengan diffuser, humidifier jauh lebih mirip dengan purifier. Alat ini juga biasa digunakan untuk seseorang yang biasa mengalami sakit batuk - pilek, flu, tenggorokan kering hingga sakit kulit.

Cara kerja humidifier sama yakni dengan mengeluarkan uap air, sehingga terjadi peningkatan kelembaban udara. Alat ini juga mempunyai beberapa tipe dan tipe berbeda dapat berbeda cara dalam melepaskan uap.

Sesuai dengan fungsi dan cara kerjanya, humidifier ini membutuhkan lebih banyak air untuk bisa bekerja secara maksimal. Bahkan alat ini bisa menampung air hingga 3 liter.
Letakkan humidifier di tempat yang benar-benar membutuhkan kelembaban, seperti di tempat biasanya Anda berkumpul dengan keluarga atau tempat / ruangan yang sering Anda gunakan untuk menghabiskan banyak waktu. Pastikan alat ini diletakkan secara tepat agar uap air menyebar merata ke seluruh ruangan.


Air Purifier
Air purifier berfungsi sebagai alat pembersih udara dari debu hingga partikel-partikel kecil lainnya. Misalnya bakteri, bulu hewan peliharaan, serbuk sari, jamur hingga mengurangi bau-bau seperti asap rokok. 

Alat ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki penyakit asma dan riwayat penyakit karena alergi debu dan beberapa alergi lain. Frekuensi gejala serta serangan dapat berkurang atau dicegah dengan menggunakan alat ini.

Cara kerja air purifier juga terdiri dalam beberapa tipe. Ada yang menggunakan listrik dengan tegangan tinggi sehingga alat ini dapat bekerja secara maksimal dalam membersihkan udara dan ada pula yang bekerja dengan cara menghancurkan partikel-partikel yang ada secara fotoelektrokimia.

Air purifier juga terbagi dalam dua jenis, yakni jenis alat yang membutuhkan air dan yang tidak membutuhkan air. Pastikan meletakkan air purifier di lokasi atau area yang memerlukan penjernih udara dan sering Anda gunakan untuk menghabiskan waktu. Seperti di ruang keluarga, terutama jika anggota keluarga ada yang merokok. 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda