Ini Dia Cara Membuat Hand Sanitizer Dengan Mudah
Information
23 Nov 2020
Share

Menjaga kebersihan lingkungan menjadi bagian penting yang harus Anda perhatikan saat ini. Apalagi setelah merebaknya Pandemi Covid-19, yang mana bukan hanya lingkungan saja yang harus terjaga kebersihannya. Tetapi Anda dan seluruh masyarakat di dunia pun harus menjaga kebersihan diri sendiri dengan lebih baik lagi.
Selain menggunakan pembersih udara, ada beberapa alat penunjang yang dapat membantu Anda untuk menjaga kebersihan. Salah satunya melalui penggunaan hand sanitizer. Namun apa itu hand sanitizer? Untuk mendapatkan penjelasannya, simaklah uraian berikut :


Mengenal Hand Sanitizer 
Hand sanitizer dikenal sebagai salah satu produk pembersih tangan. Sedangkan basis dasar yang digunakan dalam proses pembuatannya adalah alkohol. Hand sanitizer sendiri hadir dalam bentuk atau sediaan yang cukup beragam, ada yang berbentuk cair dan ada pula yang berbentuk gel. 

Dikenal sebagai pembersih tangan, tingkat keefektifannya dalam membersihkan tangan itu sendiri memang tidak sama halnya dengan penggunaan air atau bahkan sabun. Meski demikian, hand sanitizer dapat membantu Anda untuk menjaga kebersihan ketika sulit mendapatkan air bersih untuk mencuci tangan.


Pembuatan hand sanitizer secara mandiri 
Setelah pandemi muncul, banyak orang yang kemudian berburu produk pembersih tangan yang satu ini. Tidak heran jika kemudian stok yang tersedia di pasar pun terjual habis dengan mudah. Beberapa orang bahkan merasa kesulitan untuk mendapatkannya. Jika Anda termasuk salah satu di antaranya, kini Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya ada cara membuat hand sanitizer spray serta gel yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut penjelasannya :

Cara membuat hand sanitizer gel 
Bahan : 

  • 1 Gelas alkohol 99%, gunakan jenis alkohol gosok
  • 1/2 Gelas gel lidah buaya 
  • 15 tetes drop essential oil

Cara membuat : 
Untuk cara membuatnya, Anda hanya tinggal mencampurkan semua. Bahan yang telah dipersiapkan pada mangkuk bersih. Setelah itu, aduk rata dan apabila telah selesai Anda dapat memasukkannya pada botol yang akan digunakan. Pembuatan hand sanitizer yang satu ini akan menghasilkan bentuk hand sanitizer yang cukup lengket dan berbentuk gel karena menggunakan bahan dasar dari gel lidah buaya. 

Cara membuat hand sanitizer spray
Bahan : 

  • 1 2/3 Gelas alkohol 99%, gunakan jenis alkohol gosok
  • 2 sdt gliserin 
  • 1 sdm H2O2 3-6%
  • 1/4 air distilasi 

Cara membuat :

  • Langkah pertama, campurkan bahan alkohol dengan gliserin
  • Setelah itu tambahkan hidrogen peroksida juga air distilasi 
  • Apabila semua bahan tersebut telah tercampur dengan merata, maka Anda dapat memasukkannya pada wadah atau botol yang akan digunakan. 

Dari kedua cara membuat hand sanitizer di bagian atas tadi, keduanya memang cukup mudah untuk dilakukan. Hanya saja setiap bahan yang diperlukan tidak bisa Anda dapatkan dengan mudah dan harga yang dimilikinya pun terbilang tinggi. Namun hal tersebut sebanding dengan hasil berupa hand sanitizer yang bagus untuk digunakan. 


Tips memilih hand sanitizer 
Jika Anda memilih untuk membeli dibandingkan dengan membuat, maka pastikanlah untuk memperhatikan beberapa hal di bagian bawah ini sebelum membelinya : 

1.    Jenis hand sanitizer 

Dari penjelasan di atas dapat Anda lihat bahwa ada dua jenia hand sanitizer yang dapat Anda gunakan. Kedua hand sanitizer tersebut tersedia dalam bentuk gel dan spray. Jika Anda hendak menggunakannya untuk kebutuhan anak kecil atau bahkan bayi, maka pastikanlah untuk memilih jenis hand sanitizer spray. Selain cepat kering, ia juga terasa nyaman untuk digunakan. 

2.    Lihat kemasan yang dimilikinya

Bagian selanjutnya adalah melihat kemasan. Pastikan untuk memilih kemasan hand sanitizer yang masih bagus dan tidak ada cacat. Sehingga kualitas hand sanitizer sebagai pembersih pun dapat dipastikan berada dalam kondisi baik. 

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai hand sanitizer yang dapat penulis jelaskan kali ini. 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda