Ini Dia Cara Memakai Tas UVC Sterilizer Dengan Benar
Information
30 Nov 2020
Share

UV Sterilizer ialah sebuah alat yang digunakan untuk membunuh jamur, bakteri, maupun mikroorganisme lainnya yang bersifat patogen atau merugikan manusia. Alat yang satu ini bisa Anda gunakan untuk mensterilkan atau membersihkan berbagai macam perlengkapan dan peralatan, seperti peralatan minum dan makan bayi, telepon genggam, sikat gigi, dan mainan anak, sama halnya dengan penggunaan tas UVC.


Apa Itu SInar Ultraviolet?
Sinar ultraviolet adalah sinar yang tidak terlihat dan merupakan bagian dari energy matahari. Sinar ultraviolet ini bisa membakar rambut, kulit, dan mata apabila bagian tubuh Anda tak dilindungi, atau bila terlalu terlalu banyak terpapar sinar matahari. Walaupun demikian, kegunaan sinar UV sangat penting bagi ekosistem kita.

Sinar Ultraviolet dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D, memperkuat gigi dan tulang, sekaligus membantu tubuh membangun imunitas terhadap penyakit, baik dari kanker usus besar maupun rakhitis. 

Sinar Ultraviolet sendiri, terbagi ke dalam sinar UVA, UVB, dan UVC, namun yang paling berguna dan dimanfaatkan oleh manusia adalah UVC. Apalagi semenjak mewabahnya virus corona penyebab Covid-19 merebak, banyak peneliti yang mulai melirik penggunaan sinar UVC.


Bagaimana Dengan Sinar UVC Untuk Sterilisasi?
Bisa dikatakan UV Sterilizer kini memang sedang populer digemari masyarakat masa kini. Hal ini dikarenakan, alat ini lebih praktis dan mudah khususnya untuk mensterilkan peralatan dan perlengkapan si kecil. UV Sterilizer sendiri memanfaatkan sinar ultraviolet untuk sterilisasi peralatan. Mengingat peranan sinar Ultraviolet sendiri yang ampuh membunuh bakteri dan kuman. 

Berbeda dari sistem sterilisasi konvensional seperti uap dan perebusan, UV Sterilizer bisa mensterilkan peralatan dengan memanfaatkan pemanasan temperatur yang lebih rendah. Wajar bila metode sterilisasi tersebut dinamakan juga sebagai sterilisasi hangat. Sehingga membuat peralatan si kecil tetap aman dan tak mudah rusak akibat terpapar suhu panas walaupun sering dilakukan sterilisasi.

Walaupun sterilisasi sinar UVC ini aman, Anda juga tetap harus berhati-hari menggunakannya. Sebab bila Anda salah memakainya, sinar UV akan sangat berbahaya. Berikut cara memanfaatkan UV Sterilizer yang baik dan benar :

  1. Jika Anda ingin mensterilkan peralatan minum dan makan, sebaiknya bersihkan dan cuci terlebih dahulu seluruhnya memakai air dan sabun.
  2. Kemudian kibaskan perlengkapan tadi supaya hanya tersisa sedikit air saja.
  3. Masukkan peralatan tersebut ke sterilizer dalam posisi menghadap atas.
  4. UV Sterilizer biasanya terdiri atas beberapa pilihan tombol yang bisa Anda gunakan, seperti tombol auto atau otomatis, dry untuk proses pengeringan, storage (media penyimpanan) dan UV.

Dimana, tiap-tiap tombol mempunyai fungsi yang berbeda, seperti berikut ini :

  • Menu auto, untuk memerintahkan sterilisasi sinar UVC untuk sterilisasi dan pengeringan. 
  • Menu dry, digunakan untuk proses pengeringan.saja. Apabila Anda ingin melakukan sterilisasi kembali, bisa tekan tombol UV lagi.
  • Menu UV, digunakan untuk melakukan sterilisasi tanpa proses pengeringan. Umumnya bisa ditekan untuk peralatan yang kering, seperti mainan anak, handphone, dan lain sebagainya.
  • Menu Storage ialah untuk penyimpanan, yang mana proses sterilisasi berjalan otomatis selama periode waktu yang telah ditentukan.

Sebenarnya, sama saja dengan tas UVC hanya saja berbeda ukuran. Tentu saja bagi Anda yang memiliki perangkat UVC Sterilizer ini harus dirawat. Hal tersebut dilakukan tidak hanya untuk jangka penggunaan yang lebih lama saja, tetapi dengan melakukan perawatan maka Anda bisa mengetahui kondisi alat dan bisa melakukan perbaikan saat mesin tersebut rusak agar tidak membahayakan.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda