Ini Dia 5 Perbedaan Air Purifier dan Humidifier
Information
02 Dec 2020
Share

Tahukah Anda apa perbedaan air purifier dan humidifier? Keduanya sebenarnya sangat berbeda. Masing-masing mempunyai fungsi berbeda. Tujuan pemakaian keduanya ialah untuk menghasilkan udara bersih, agar badan tetap sehat dengan kualitas udara yang juga sehat.


Apa Saja Perbedaan Humidifier dan Purifier?

1. Dilihat dari Fungsi Utama

Jika dilihat dari fungsi utamanya, ini dia perbedaan purifier dan humidifier :

  • Purifier, untuk membersihkan dan memurnikan udara supaya lebih aman terhadap virus atau bakteri.
  • Humidifier, untuk menghindari alergi dan melembabkan udara.

Dari penjelasan diatas, sudah tentu perbedaan keduanya sangat mencolok. Mari kita mulai membahas air purifier lebih dahulu. Alat ini adalah alat yang berguna untuk memurnikan atau menjernihkan udara. Sesuai namanya, purifier sendiri diadaptasi dari kata “pure” yang artinya asli, original, atau murni. Jadi alat ini berguna untuk membuat, memurnikan, dan membersihkan udara yang ada di sekitarnya agar aman terhadap virus maupun bakteri.

Berbeda lagi dengan humidifier, yang berguna melembabkan udara yang ada dalam ruangan. Humidifier dapat mengatur kelembaban tanpa harus mengeluarkan wewangian. Jadi secara tak langsung, alat ini sangat berguna sekaligus membantu para penderita asma maupun alergi akibat udara.

2. Letak Penggunaan

Perlu Anda ketahui, letak penggunaan kedua alat ini juga berbeda. Air purifier biasanya hanya direkomendasikan penggunaannya di dalam ruangan yang kualitas udaranya kotor/buruk, seperti halnya ruangan asap rokok. Dimana alat tersebut akan membersihkan sekaligus menyarin udara, dan menghilangkan bau asap rokok.

Berbeda dengan air humidifier, yang cocok dipakai di ruangan ber-AC, di ruangan cukup besar atau luas atau ruangan kering. Jika ruangan di rumah Anda cukup lembab, pemasangan humidifier pun dirasa tak perlu dipasang karena bisa menjadi tempat tumbuh kembangnya jamur.

3. Tingkat Kecepatan Menguap

Dalam hal kecepatan menguap, kedua produk tersebut juga berbeda. Pada air purifier, alat ini tak membutuhkan cairan apapun sebab hanya dapat menghisap udara yang ada di sekitarnya, kemudian menyaringnya dan menyalurkan kembali lewat filter yang berguna untuk mengikat virus atau bakteri.

Lain halnya dengan air humidifier yang memanfaatkan cairan sehingga proses penguapannya bergantung pada suhu/temperature. Semakin tinggi suhunya, maka akan semakin cepat proses penguapan yang terjadi.

4. Kebutuhan Air

Sebenarnya diantara kedua alat tersebut yang membutuhkan air hanyalah Air Humidifier saja. Sebab Air Humidifier memerlukan banyak air hingga 3 liter. Sementara pada purifier sendiri tidak memerlukan air.

5. Cara Kerja

Cara kerja Air purifier sendiri dimulai dari proses penyerapan udara di sekitar kemudian mengeluarkannya lagi dalam kondisi lebih bersih. Namun sebelum dikeluarkan, biasanya udara disaring lebih dahulu memakai filter, sehingga udara yang kotor pun menjadi lebih sehat dan bersih ketika dikeluarkan.

Air humidifier bisa dibedakan ke dalam 4 jenis menurut cara kerjanya, yakni sistem gelombang elektronik, sistem uap, sistem hybrid, dan sistem evaporasi. Sebab air humidifier berguna melembabkan udara sehingga dalam sistem uap sendiri, humidifier dapat memanaskan air sampai menghasilkan uap dengan temperatur sangat hangat.

Nah, melalui pembahasan di atas tentu kini Anda sudah tahu kan apa saja perbedaan antara air humidifier dengan air purifier? Nah, Anda kini bisa mendapatkan kedua produk atau salah satu produk sesuai kebutuhan dengan membelinya secara online atau offline karena sudah tersedia dimana saja. Sementara untuk perlindungan kebersihan dan kesehatan diri, selain kesehatan dan kebersihan dalam ruangan Anda bisa memilih hand sanitizer – silver ion.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda