Ini 5 Cara Membersihkan Udara Dalam Ruangan Agar Tetap Bersih di Masa Pandemi Covid-19
Information
02 Dec 2020
Share

Di masa pandemic virus corona seperti sekarang ini, tentu selain menjaga kebersihan dan kesehatan diri juga penting menjaga kebersihan di lingkungan rumah. Salah satunya ialah dengan tetap menjaga kebersihan udara di rumah dengan cara membersihkan udara dalam ruangan. Sebab menghirup udara kotor terus menerus juga bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan saluran pernafasan hingga kekebalan tubuh anggota keluarga.


Lalu, Bagaimana Cara Membersihkan Udara Dalam Rumah?
Untuk membersihkan udara di dalam rumah, ada beberapa tips yang harus dilakukan berikut ini :

1. Bersihkan Jendela dan Ventilasi

Untuk membersihkan udara yang ada di dalam rumah paling sederhana ialah dengan cara membersihkan jendela dan ventilasi. Sebagai tempat masuknya udara, jendela dan ventilasi di rumah harus dalam keadaan bersih. Selain itu, pastikan tak ada kotoran atau debu yang masih menempel pada jendela dan ventilasi supaya sirkulasi udaranya benar-benar sudah bersih.

Tapi, jika Anda tidak sempat membersihkan jendela dan ventilasi dengan teratur, bisa pasang kawat kasa atau filter untuk menyaring debu. Walaupun tidak dapat menghalau debu sebanyak 100%, namun kawat kasa setidaknya bisa meminimalisir masuknya debu ke rumah.

2. Membuka Jendela Tiap Hari

Apakah bangunan rumah Anda memakai pendingin ruangan? Jika iya, meskipun Anda memakai AC di rumah namun tetap saja jendela harus dibuka setiap hari untuk melancarkan sirkulasi udara. Ketika AC di dalam rumah sudah dimatikan, selanjutnya buka lebar-lebar jendela di kamar atau di dalam ruangan supaya terjadi pertukaran udara dari luar ke dalam rumah atau sebaliknya. 

Sebaiknya buka jendela tiap pagi setiap hari, pada jam 5-7 pagi. Biasanya udara pada waktu-waktu tersebut terasa masih segar, jadi belum ada hawa-hawa panas. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai cara membersihkan udara di dalam kamar.

3. Membersihkan Perabotan di  Dalam Rumah

Penyebab dari kamar berdebu sebenarnya tidak selalu dari luar ruangan/rumah, namun penyebabnya bisa saja berasal dari dalam rumah. Peralatan/perabotan yang lama tak dibersihkan biasanya akan ditutupi debu tebal. Nah, debu di dalam rumah inilah yang menjadikan udara tercemar.

Untuk membersihkan rumah, Anda bisa melakukannya dengan selalu membersihkan perabotan secara rutin. Jangan tunggu furniture atau perabotan rumah berdebu supaya udara yang ada di dalam rumah tak ikut tercemar. Sebaiknya bersihkan semua perabotan secara rutin tiap 1 sampai 2 minggu sekali. Anda juga bisa memakai penyedot udara dalam ruangan.

4. Mengeluarkan Polutan di Dalam Rumah

Polutan yang menyebabkan udara tercemar, sebenarnya tak hanya dari luar saja. Ada juga beberapa polutan yang berasal dari dalam rumah sehingga menjadikan kualitas udara di dalam ruangan menjadi buruk. Seperti asap dari pembakaran sampah, asap rokok, hingga asap yang berasal dari masakan.

Adapun cara terbaik untuk mengeluarkan polutan tersebut ialah lewat bantuan dari exhaust fan. Dimana kipas angin tersebut dapat menyedot udara dalam rumah agar dikeluarkan lalu diganti udara baru yang berasal dari luar. Maka dari itu, bila rumah Anda mempunyai banyak polutan, bisa pakai exhaust fan saja di rumah.

5. Hindari Pemakaian Barang Berbahan Kimia

Tanpa sadar, kita mungkin sering menggunakan barang-barang yang mengandung bahan kimia berbahaya. Seperti pewangi atau deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian ternyata memiliki kandungan perchloroethylene dan trichloroethylene, jika terus menerus menghirup zat kimia tersebut justru bisa mengakibatkan kerusakan sistem saraf dan organ ginjal.

Selain mengikuti saran dan panduan tips di atas, setelah membersihkan udara dalam rumah pastikan pula untuk mengaplikasikan hand sanitizer – silver ion agar tangan terhindar dari kuman sekaligus mencegah datangnya virus pembawa penyakit.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda