Informasi Dasar Mengenai Masker N95 Respirator
Information
08 Jun 2020
Share

Apa itu masker n95 respirator? Hadirnya pandemi covid 19 membuat setiap orang dan bahkan seluruh masyarakat di dunia menjadi lebih waspada. Selain menjaga kesehatan tubuh, salah satu upaya yang dilakukan agar tidak terserang oleh penyakit tersebut yaitu dengan menggunakan masker. Sementara masker itu sendiri hadir dengan beragam jenis dan pilihan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Masker n95 atau sering pula disebut sebagai masker respirator adalah salah satu jenis masker yang banyak digunakan. Namun selain masker tersebut ada pula jenis masker lainnya. Ingin tahu apa saja? Simaklah penjelasan berikut : 

Masker kain 

Jenis masker yang satu ini dapat digunakan oleh masyarakat dengan kondisi sehat di tempat umum. Namun untuk menghindarkan diri dari covid 19, maka pastikan untuk selalu menjaga jarak sekitar 1 hingga 2 meter. Masker ini tidak dapat memberikan proteksi tinggi, karena sekitar 40 hingga 90 partikel dapat menembusnya. Namun kelebihan dari masker ini adalah ia dapat digunakan secara berulang kali dengan mencuci bersih terlebih dahulu apabila telah digunakan. 


Masker bedah 

Meskipun jenis masker yang satu ini umumnya digunakan oleh para tenaga medis. Jenis masker tersebut juga dapat digunakan oleh masyarakat pada umumnya.seperti halnya mereka yang tengah mengalami masalah kesehatan berupa gejala flu, batuk, hidung yang berair hingga masalah nyeri tenggorokan. Dengan kata lain efektivitas dari masker bedah itu sekitar 30-90% dari beragam jenis partikel yang ada di udara dengan ukuran 0,1 mikron.


Masker n95

Saat ini banyak masyarakat umum yang mencari jenis masker tersebut. Namun dalam penggunaannya, jenis masker ini lebih ditujukan bagi tenaga medis. Hal ini berkaitan dengan proteksi baik yang dimilikinya. Selain menahan partikel droplet, ia juga dapat menghindarkan Anda dari partikel Aerosol. Karena itulah jenis masker yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki kontak langsung dengan penderita infeksi tinggi. 


Facepiece respirator

Masker terakhir adalah masker respirator. Selain masker n99, jenis masker yang satu ini dikenal baik dalam menyaring droplet, aerosol hingga airborne. Karena itulah penggunaannya pun lebih ditujukan bagi mereka yang bekerja dibidang industri yang berkaitan dengan partikel atau bahkan gas berbahaya. Jika dilihat dari segi efektivitasnya masker ini dapat menyaring partikel hingga ukuran 0,1 mikron bahkan partikel yang berada di atas ukuran 99 %. Sementara itu, untuk pemakaian berulang masker yang satu ini tentunya tidak dapat dibersihkan secara asal-asalan. Dengan kata lain, Anda membutuhkan cairan desinfektan untuk menghancurkan setiap kotoran yang tersumbat di dalamnya. Sehingga ia berubah menjadi bersih dan dapat Anda gunakan kembali. 


Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai beragam jenis masker, termasuk di antaranya masker n95 respirator yang dapat penulis jelaskan kali ini. 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda