Hati-hati dengan sinar UVC langsung atau lampu UVC
Information
20 Nov 2020
Share

Aktivitas di luar ruangan memang tidak bisa dihindari, anda akan terus melakukan hal itu. Oleh sebab itu, gangguan kesehatan seringkali terjadi salah satunya karena paparan sinar matahari langsung atau polusi udara. Pandemi memang membuat banyak orang sadar akan kesehatannya sehingga mencari cara bagaimana cara desinfeksi rumah, steril rumah dan membunuh segala partikel yang ada di benda-benda sekitar.  


Paparan sinar matahari memiliki tiga macam sinar ultraviolet yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang paling utama adalah sinar UVC. Sudah sejak 1878 sinar UVC diujikan untuk membunuh bahkan bisa mensterilkan semua benda yang digunakan di rumah sakit, perkantoran bahkan pesawat terbang pada saat itu. UVC bisa membantu menghancurkan berbagai jenis bakteri, virus dan kuman. Tetapi, anda harus tahu resiko penggunaan UVC memang belum termasuk aman. Radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh sinar matahari. Jenis sinar UVA dan UVB tidak terlalu berdampak buruk bagi kesehatan anda. Tetapi UVC tidak demikian karena sinar ini dapat bereaksi pada lapisan tertinggi dari lapisan ozon dan tidak sampai di permukaan. 


Sinar UVC dibuat dengan teknologi baru yaitu lampu UV yang akan membasmi kuman bahkan bakteri. Namun, paparan langsung dari sinar UVC bisa sangat berakibat buruk untuk kesehatan seperti gangguan pada kulit dan mata. Meskipun bukan paparan sinar langsung tetapi penggunaan UVC akan menyebabkan iritasi, merah, radang di berbagai permukaan kulit, apalagi untuk area mata. Sinar UV akan mempengaruhi fungsi dari kornea mata yang disebut keratitis ultraviolet. Gejala untuk penyakit itu bisa merah, mata sering berair, serasa mata kemasukan pasir dan lainnya. Jika ingin menggunakan sinar UVC dari lampu, anda bisa diletakkan di ruangan kosong dan gunakan alat pelindung jika ingin masuk ke ruangan tersebut. 


Anda bisa mencari UVC sterilization yang berfungsi untuk membersihkan barang di rumah, buah, sayur dan lainnya. Sebaiknya alat ini digunakan pada permukaan rumah atau ruangan yang rata agar hasilnya lebih efektif. 


Anda tidak harus menggunakan sinar UVC yang sudah jelas memang cukup membahayakan terutama untuk bagian tubuh manusia. Untuk mendapatkan udara yang jernih, air purifier menjadi salah satu cara tepat untuk mendapatkan udara yang sehat di ruangan sehingga udara yang dihasilkan akan terjauh dari polusi. Tidak hanya itu partikel kecil seperti mikroorganisme jahat, debu yang ada di ruangan akan ikut dihilangkan.  Cara memakai air purifier juga cukup mudah, anda hanya perlu meletakan mesin air purifier di tengah ruangan dan pilih jenis air purifier yang cocok dengan ruangan anda. 


Apakah anda pernah mendengar humidifier sebelumnya? Seringkali orang sulit membedakan kedua alat ini, tetapi nyatanya fungsi air purifier dan humidifier sangat jauh berbeda. Alat ini berfungsi untuk bisa melembabkan udara dan bisa digunakan ketika anda sedang mengalami sakit flu, batuk atau lainnya. Perbedaan air purifier dan air humidifier memang cukup berbeda. Jadi, jangan sampai salah pilih. 


Cara mengganti air humidifier, anda hanya memasukkan banyak air hingga tiga liter sehingga humidifier dapat bekerja dengan sangat baik. Dengan menggunakan keduanya, akan membantu mengurangi polusi sesuai dengan pernyataan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan polusi adalah sumber masalah berbagai macam penyakit. 

Anda harus benar-benar mempertimbangkan alat atau teknologi apa yang akan digunakan, bukan hanya tentang hasil tetapi juga kesehatan anda harus tetap diutamakan dan kebutuhan. Cari teknologi yang cenderung lebih sedikit kekurangannya dibanding yang lain. 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda