Haruskah Saya Membeli Air Purifier?
Information
25 Nov 2020
Share

Air purifier atau nama lain dari alat pembersih udara semakin populer digunakan. Udara perkotaan yang semakin terpapar polusi dapat menimbulkan banyak resiko kesehatan. Di sinilah purifier dapat bermanfaat untuk membersihkan udara di rumah. Masih mempertimbangkan apakah akan membeli purifier atau tidak? Simak pembahasan berikut untuk membantu Anda.


Mengapa Air Purifier Diperlukan?
Orang yang tinggal di kota besar sudah terbiasa dengan paparan polusi setiap harinya. Mulai dari asap kendaraan bermotor, rokok, jamur, bakteri, virus, bahkan bulu hewan. Udara yang tercemar dengan polutan-polutan tersebut dapat menimbulkan efek berbahaya bagi kesehatan. Risiko sesak napas, alergi, asma, bahkan kanker selalu mengancam.

Udara di dalam rumah pun bisa membawa banyak polutan seperti udara yang dihirup di jalanan. Bahkan di rumah yang bersih pun terdapat berbagai partikel halus yang buruk untuk kesehatan. Jika dibiarkan hal ini akan mengancam kesehatan Anda dan orang-orang tercinta. Terutama jika di rumah ada anak kecil, lansia, atau orang yang memiliki masalah kesehatan.

Cara yang paling baik untuk membersihkan udara dalam ruangan adalah dengan menggunakan purifier atau penyegar udara. Alat ini menyaring partikel polutan di udara sehingga udara di dalam rumah tetap bersih dan sehat.


Apa Perbedaan Air Humidifier dan Air Purifier?
Mungkin Anda juga sudah pernah mendengar tentang air humidifier. Walaupun sama-sama digunakan untuk meningkatkan kualitas udara, humidifier dan purifier memiliki fungsi dan manfaat yang sangat berbeda.

Humidifier adalah alat untuk mengatur kadar air (humidity) udara dalam ruangan. Humidifier diperlukan karena udara yang terlalu kering dapat menimbulkan iritasi kulit dan saluran pernapasan. Sebaliknya, udara yang lembab dapat memicu pertumbuhan jamur dan bakteri. Alat ini tidak dapat menghilangkan polutan dari udara di rumah.

Namun, ada beberapa jenis purifier yang juga memiliki fungsi humidifier. Tentunya alat ini lebih mahal dibandingkan penyaring udara pada umumnya. Akan tetapi, alat multifungsi ini lebih praktis, dan kedua fungsinya penting untuk membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan Anda.


Haruskah Saya Membeli Purifier?
Anda mungkin akan memerlukan alat pembersih udara di ruangan jika Anda memiliki satu atau lebih dari keempat faktor berikut ini.

  • Asap

Jika di rumah Anda sering terpapar asap, baik dari rokok atau sumber api lain, hal dapat menyebabkan bau tidak sedap dan udara terkontaminasi partikel asap. Anda akan cocok dengan air purifier untuk asap yang menggunakan high-efficiency particulate air (HEPA) filter. Lapisan fiberglass pada HEPA dapat membersihkan 99,97% partikel berukuran sangat kecil, termasuk partikel asap.

  • Alergi dan Asma

Beberapa jenis alergi bisa dipicu oleh polutan yang ada di udara, seperti bulu hewan atau serbuk sari. Ada jenis alat penyaring udara yang khusus didesain untuk meringankan gejala alergi. Terdapat pula purifier yang dibuat untuk menyaring partikel yang bisa memicu asma, seperti bau atau zat kimia tertentu. Biasanya alat-alat tersebut menggunakan beberapa jenis filter, termasuk filter HEPA.

  • Hewan Peliharaan

Kalau ada kucing, anjing, atau piaraan lain di rumah, purifier yang didesain untuk menghilangkan bulu dan bau hewan akan bermanfaat untuk Anda.

  • Sensitivitas

Banyak orang lebih sensitif terhadap beberapa jenis zat kimia karena mereka memiliki kondisi kesehatan tertentu. Untuk itu, ada jenis air purifier untuk multiple chemical sensitivities (MCS) yang sangat efektif dalam menyaring bau dan zat kimia.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda