Harga Masker N95 dan Cara Pakai yang Benar Agar Bebas Virus Covid-19
Product Tips
04 Jun 2020
Share

Masker N95 adalah salah satu jenis masker yang dianjurkan selama masa pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini. Karenanya, tak heran jika harga masker N95 saat ini jauh lebih tinggi dibandingkan harga sebelumnya sebelum masa pandemi Covid-19, apalagi karena tindakan para penimbun yang hanya mencari keuntungan.

Berdasarkan panduan interim WHO yang dirilis pada 6 April 2020, informasi saat ini menunjukkan bahwa dua cara utama transmisi virus Covid-19 adalah kontak atau sentuhan, dan cairan (droplet) yang berasal dari saluran pernapasan atau respiratory droplet. Cairan ini dihasilkan ketika orang yang terinfeksi bersin atau batuk, dan orang lain yang berada dalam jarak dekat – dalam jarak 1 meter – berisiko terpapar droplet yang berpotensi menular tersebut. Droplet sendiri bisa mendarat pada permukaan di mana virus bisa bertahan hidup.

Menggunakan masker, baik itu masker medis maupun masker kain polos seperti yang sudah dianjurkan oleh WHO maupun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memang merupakan sebuah langkah pencegahan yang bisa membatasi persebaran penyakit pernapasan, termasuk Covid-19. Hanya saja, WHO menegaskan bahwa penggunaan masker baru efektif jika Anda juga mengimbanginya dengan tindakan pencegahan lainnya. Di samping itu, melihat kondisinya saat ini, hindari penggunaan masker medis agar para tenaga medis tidak kekurangan stok masker untuk perlindungan diri mereka selama bertugas menangani para pasien Covid-19.

 

Mengenal Masker N95

Apabila Anda amati dari berbagai toko yang jual masker N95, masker N95 punya bentuk yang terlihat berbeda dibandingkan masker lainnya, baik itu masker kain hijab, masker kain biasa, atau masker beda. Masker N95 sendiri adalah jenis masker yang fungsi utamanya adalah memisahkan partikel dari udara yang dihirup pengguna ketika menggunakan masker tersebut. 

Berdasarkan klaim yang dilansir dari Centers for Disease Control (CDC), masker N95 mampu menyaring setidaknya 95% partikel berukuran sangat kecil, atau yang ukurannya sekitar 0,3 mikron. Karena itu, jenis masker ini mampu menyaring segala jenis partikel, termasuk bakteri dan virus. Jadi, tak heran jika jenis masker yang satu ini langsung diburu, yang mengakibatkan tindakan penimbunan, kelangkaan, hingga harga masker N95 di apotik yang melonjak drastis.

 

Beda Masker N95 dengan Masker Bedah

Dari penjelasan singkat di atas, bisa disimpulkan bahwa kemampuan masker N95 jelas berbeda dibandingkan masker kain, baik itu masker kain hitam bahan scuba, katun, atau material kain lainnya. Lantas, apa perbedaan antara masker N95 dengan masker bedah, atau yang juga dikenal sebagai surgical mask?

Secara garis besar, perbedaan antara masker N95 dengan masker bedah bisa disimak dalam poin-poin berikut ini.

  • Ciri-ciri masker N95:
    • Mengurangi risiko paparan terhadap partikel, termasuk partikel kecil aerosol (semprot/sembur, seperti bersin) dan droplet berukuran besar yang non-aerosol.
    • Ukurannya pas di wajah ketika dikenakan, cenderung ketat (tight-fitting).
    • Idealnya membutuhkan tes untuk mengepaskan ukuran masker dengan wajah.
    • Menyaring minimal 95% partikel di udara, termasuk partikel besar dan kecil.
    • Jika ukurannya pas dan digunakan dengan benar, risiko bocor pada tepian masker saat pengguna menghirup napas lebih minim.
    • Idealnya harus dibuang setelah berhadapan dengan kondisi di mana pengguna menemukan adanya semburan droplet atau setelah pengguna bersin, saat masker rusak, tidak lagi terasa pas di wajah, basah atau kotor, pengguna merasa kesulitan bernapas, atau terkontaminasi darah/cairan tubuh.
  • Ciri-ciri masker bedah:
    • Tahan dari cairan dan melindungi pengguna dari droplet berukuran besar, cipratan, atau semprotan cairan tubuh atau cairan berbahaya lainnya. Masker medis juga melindungi orang lain jika pengguna masker bersin atau batuk.
    • Ukurannya longgar di wajah saat dikenakan (loose-fitting).
    • Tidak menyediakan tingkat perlindungan yang tinggi terhadap partikel di udara yang berukuran lebih kecil, dan tidak dianggap sebagai alat perlindungan pernapasan.
    • Potensi kebocoran pada bagian tepi masker lebih tinggi saat pengguna menarik napas.
    • Harus segera dibuang setelah penggunaan, terutama ketika berinteraksi dengan pasien.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa masker N95 memberikan perlindungan lebih tinggi dibandingkan masker bedah. Akan tetapi, apabila masker N95 harga yang melonjak tinggi membuat Anda tidak sanggup menggunakan masker N95 selama masa pandemi Covid-19 ini, Anda tak perlu cemas. Sebab, penggunaan masker kain juga sudah dianjurkan, terutama jika Anda dalam kondisi sehat dan tidak mengalami gejala terinfeksi virus Covid-19.

Di samping itu, WHO juga menganjurkan masyarakat untuk mempertimbangkan hal-hal berikut ini ketika memilih masker nonmedis, termasuk masker selain N95 seperti masker kain motif yang saat ini sudah banyak diproduksi untuk masyarakat. Pertimbangan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Jumlah lapisan kain.
  • Tingkat kemampuan material kain masker yang digunakan untuk “bernapas” (breathability).
  • Kemampuan menahan air.
  • Bentuk masker.
  • Ukuran masker.

 

Cara Penggunaan Masker N95 yang Tepat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sekadar menggunakan masker saja tidaklah cukup untuk mencegah risiko penularan virus Covid-19, terlepas dari apakah Anda mengenakan masker kain tali sambung, masker bedah, atau masker N95 sekalipun. Pasalnya, masker hanyalah salah satu dari serangkaian langkah pencegahan infeksi Covid-19.

Anda juga perlu tahu bagaimana caranya menggunakan masker N95 yang benar. Sebagai panduan, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pastikan bahwa ukuran masker N95 sudah pas dengan wajah Anda, alias tidak kekecilan atau kebesaran karena masker N95 harus bisa terpasang dengan pas di wajah ketika Anda kenakan.
  2. Selalu cuci tangan Anda dengan sabun dan air bersih mengalir, atau dengan hand sanitizer, sebelum Anda memasang masker.
  3. Perhatikan apa jenis loop atau tali masker Anda.
  • Untuk jenis masker karet ear loop, Anda cukup mengaitkan tali karet di belakang daun telinga.
  • Untuk jenis masker tali, pastikan bahwa garis kawat ada di atas hidung Anda, baru ikat tali pada kedua sisi atas masker. Posisi ikatan idealnya berada di bagian atas kepala. Setelah masker menggantung, tarik masker ke bawah sampai menutup mulut dan dagu dengan baik, lalu ikat tali yang ada pada bagian bawah dengan posisi ikatan di belakang leher (tengkuk).
  • Pastikan masker sudah benar-benar menempel dengan baik di wajah, dan tidak ada celah terbuka pada tepi-tepinya.

 

Di samping itu, WHO juga menyediakan panduan penggunaan masker yang bisa Anda terapkan bahkan jika Anda menggunakan masker kain tali sekalipun. Berikut panduannya.

  • Posisikan masker dengan cermat, pastikan masker menutup mulut dan hidung. Kemudian ikat atau kaitkan masker dengan baik untuk meminimalisir adanya jarak antara masker dengan wajah yang bisa jadi celah masuknya droplet.
  • Hindari menyentuh masker ketika Anda mengenakannya.
  • Saat melepas masker, jangan sentuh bagian depannya; lepas masker dengan cara melepaskan ikatan atau kaitan di telinga.
  • Setelah melepas masker, atau begitu masker disentuh bahkan tanpa disengaja, segera cuci tangan Anda dengan sabun dan air, atau hand sanitizer.
  • Segera ganti masker begitu masker terasa lembap dan gunakan masker yang bersih dan kering.
  • Jangan menggunakan kembali masker sekali pakai, dan segera buang setelah digunakan.

Meskipun harga masker N95 sedang mahal-mahalnya, Anda bisa jamin uang yang Anda keluarkan jadi tidak percuma dengan mengikuti panduan penggunaan masker yang tepat seperti yang sudah dijelaskan di atas.

 

sumber:

https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/hcp/respirator-use-faq.html 

https://www.who.int/publications-detail/advice-on-the-use-of-masks-in-the-community-during-home-care-and-in-healthcare-settings-in-the-context-of-the-novel-coronavirus-(2019-ncov)-outbreak

 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda