Hand Sanitizer Silver Ion dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Information
30 Nov 2020
Share

Sejak pandemi Covid-19, masker dan hand sanitizer menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Hand sanitizer dijadikan pilihan alternatif untuk membersihkan tangan dari bakteri dan virus. Cairan pembersih yang berbasis alkohol ini pun semakin banyak ragamnya. Salah satunya adalah hand sanitizer silver ion. 
Pemanfaatan silver ion sendiri sudah dilakukan sejak antibiotik belum ditemukan. Silver ion digunakan oleh bangsa Yunani untuk membantu penyembuhan luka dan menangani penyakit perut. Lantas, apa saja manfaat silver ion jika dijadikan hand sanitizer?


Manfaat Silver Ion dalam Hand Sanitizer
Silver ion sendiri adalah partikel perak yang memiliki ukuran sangat kecil yang telah diubah menjadi ion. Selama ini silver ion banyak ditemukan dalam produk kecantikan, kulkas, mesin cuci, peralatan medis, hingga obat-obatan untuk menyembuhkan luka bakar. Selain itu, silver ion dapat membasmi berbagai macam virus, di antaranya adalah:

1. Human immunodeficiency virus (HIV)

Human Immunodeficiency virus merupakan jenis virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini lebih rentan terkena infeksi. Virus Human Immunodeficiency dapat menular melalui cairan tubuh seperti ASI, darah, cairan vagina, hingga air mani. 

Jika tidak segera ditangani, virus Human Immunodeficiency dapat mengakibatkan terjadinya AIDS, sehingga daya tahan tubuh penderita tidak mampu menangkal penyakit. Melalui sejumlah penelitian, silver ion mampu membasmi jenis virus ini. 

2. Herpes simplex virus 

Manfaat silver ion berikutnya adalah membasmi herpes simplex virus. Virus ini dapat menimbulkan lepuhan berisi cairan bening pada sekitar organ intim, serta sekitar mulut dan bibir. Virus herpes simplex dapat menular ketika terjadi kontak fisik secara langsung dengan penderita dan melalui peralatan pribadi.  

3. Respiratory syncytial virus

Virus respiratory syncytial menyerang organ paru-paru dan saluran pernapasan. Umumnya virus respiratory syncytial menyerang anak-anak di bawah 2 tahun, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada orang dewasa. Gejala awal terkena virus ini hampir mirip dengan flu, yakni batuk dan pilek, dan akan hilang setelah 1 – 2 minggu. 

4. Hepatitis B virus

Selain ketiga virus di atas, silver ion juga mampu membasmi virus hepatitis B yang menjadi penyebab utama penyakit hepatitis B. Penyakit hepatitis B adalah infeksi yang terjadi pada organ hati. Infeksi ini tergolong serius, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker hati, gagal hati, sampai sirosis atau kerusakan hati berat. Virus hepatitis B ini bersifat menular.

Melihat betapa besar manfaatnya, tak mengherankan jika kini silver ion banyak dijadikan bahan pembuatan hand sanitizer. Apalagi harga silver ion spray masih tergolong ramah di kantong. Dengan fungsinya ini, silver ion bisa digunakan untuk mensterilkan tangan seperti halnya sinar uvc untuk sterilisasi ruangan.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda