Hand Sanitizer dan Keamanan Penggunaannya
Information
23 Nov 2020
Share

Apa itu hand sanitizer? Jika dilihat dari namanya, hand sanitizer terbentuk dari 2 kata yaitu hand yang artinya tangan dan juga sanitizer yang artinya pembersih. Hal ini membuat hand sanitizer memiliki artian pembersih tangan. Lalu apakah hand sanitizer ini benar-benar bisa membersihkan tangan Anda dan aman untuk digunakan? Berikut ini adalah ulasannya. 


Apakah perlu hand sanitizer?
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hand sanitizer merupakan salah satu produk yang digunakan untuk membersihkan tangan. Bahan ini biasanya dibuat dengan campuran 60% hingga 95% alkohol dengan pelembut atau pewangi.

Penggunaan hand sanitizer di Indonesia saat ini masih sangat tinggi di tengah wabah Covid 19 akan tetapi apakah penggunaan dari hand sanitizer ini masih perlu? Sesungguhnya, penggunaan hand sanitizer ini sangat bermanfaat dan perlu digunakan di tempat yang tepat. 
Tempat tepat untuk menggunakan hand sanitizer ini adalah di rumah sakit dimana ada banyak bakteri dan virus yang bertebaran. Akan tetapi jika di era saat ini sesungguhnya penggunaan hand sanitizer belum memperlihatkan perbedaan signifikan. 

Di era pandemi belum terkontrol, penggunaan hand sanitizer memang sangat membantu. Pasalnya, penggunaan hand sanitizer di era tersebut memang lebih memudahkan dibandingkan cuci tangan. Di saat Covid 19 mencapai puncak yaitu di bulan November hingga bulan Mei, saat pengendalian Covid ini belum sebaik sekarang penggunaan hand sanitizer memang sangat penting. 

Ketika seseorang bersin di tengah jalan, akan lebih mudah bagi mereka untuk menyemprotkan hand sanitizer dibandingkan dengan mencuci tangan dengan sabun dan air bukan? Hal inilah yang menyebabkan penggunaan hand sanitizer di era pandemi puncak memang sangat membantu. Akan tetapi jika digunakan di masa sekarang ini mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan juga menggunakan air bisa dibilang lebih bermanfaat

 

Kriteria hand sanitizer yang aman digunakan 
Perlu diperhatikan bahwa penggunaan hand sanitizer tidak boleh sembarangan. Anda harus menggunakan hand sanitizer yang sesuai dengan standar jika ingin hand sanitizer Anda menjamin kebersihan tangan Anda. 

Lalu bagaimana kriteria hand sanitizer yang aman? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebuah hand sanitizer yang aman adalah hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol 60% hingga 95%. 
Ketika hand sanitizer Anda mengandung alkohol yang lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah tersebut, maka hand sanitizer Anda tidak bisa membantu Anda untuk melindungi tangan Anda dari bakteri dan virus yang menempel padanya. 


Efek negatif penggunaan hand sanitizer 
Meski dapat membantu menghilangkan bakteri di tangan Anda, penggunaan hand sanitizer tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Pasalnya penggunaan hand sanitizer dengan berlebihan juga akan menyebabkan munculnya efek negatif pada diri Anda. 

Penggunaan hand sanitizer secara berlebihan akan menyebabkan tangan Anda menjadi kering. Ketika tangan kering dan kelembabannya menghilang, maka tangan Anda juga akan kehilangan kekebalannya. Hal ini bisa menyebabkan masalah pada kondisi tangan Anda yaitu tangan Anda bisa lebih mudah terserang penyakit.
Oleh karena itu, akan lebih baik jika penggunaan hand sanitizer sebaiknya dibatasi pada saat Anda keluar rumah saja. Selain itu, cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Jika bisa cuci tangan dengan menggunakan air yang hangat agar dapat membunuh bakteri dengan lebih efektif. 

Hal lain yang penting dilakukan adalah membatasi diri agar tidak keluar rumah jika tidak ada hal yang mendesak. Oleh karena itu, jadi Anda bisa membatasi penggunaan hand sanitizer ini. Atau Anda juga bisa mencari cara membuat hand sanitizer spray sendiri dan memberikan banyak pelembut dan pelembab sehingga tangan tidak terlalu kering saat menggunakan hand sanitizer ini. 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda