Fungsi Hand Sanitizer Dan Cara Membuat Hand Sanitizer Spray Dari Bahan Alami
Information
02 Dec 2020
Share

Hand sanitizer menjadi barang penting dan dibutuhkan. Apalagi saat ini sedang terjadi wabah virus corona. Sehingga hand sanitizer menjadi salah satu alternatif untuk membersihkan tangan dan barang dari paparan virus corona. Hand sanitizer biasa digunakan jika terbatas untuk menggunakan air dan sabun. Selain itu di tengah wabah corona, penggunaan desinfektan spray juga dianjurkan untuk mencegah penularan virus corona. 


Fungsi hand sanitizer 
Hand sanitizer sendiri merupakan cairan pembersih pendukung yang tidak efektif jika Anda mencuci tangan menggunakan sabun dan air. Akan tetapi fungsi hand sanitizer yang bagus sebenarnya tidak hanya sekedar ampuh untuk membunuh kuman saja. Berikut ini beberapa manfaat lain dari hand sanitizer antara lain:

1. Untuk menjaga kebersihan dan mencegah bakteri 

Hand sanitizer dirancang untuk dapat membunuh kuman dan mikroorganisme yang berbahaya dan aman digunakan pada kulit jika diaplikasikan dengan benar. 

2. Dapat digunakan untuk benda

Hand sanitizer juga dapat digunakan pada benda mati yang ada di sekitar Anda. Seperti membersihkan kacamata, membersihkan layar laptop atau hp, membersihkan alat makan, dan lain sebagainya. 

3. Fleksibel untuk dibawa 

Hand sanitizer biasanya dikemas dalam wadah spray atau botol kecil yang mini, sehingga sangat fleksibel dan mudah dibawa kemana saja misalnya di dalam tas. 

4. Mensterilkan luka kecil 

Hand sanitizer mengandung alkohol 60%, sehingga dapat digunakan juga untuk mensterilkan luka kecil. Caranya cukup tuangkan sedikit saja pada luka dan tutup beberapa saat. 


Cara membuat hand sanitizer spray dari bahan-bahan alami
Hand sanitizer sebenarnya banyak tersedia di toko kesehatan atau apotek. Namun Anda juga bisa membuatnya sendiri dari bahan-bahan alami yang lebih aman untuk kesehatan kulit. Apalagi saat ini harga hand sanitizer yang melonjak tinggi akibat wabah virus corona membuat masyarakat harus pintar untuk mencari alternatifnya. 
Berikut ini beberapa cara membuat hand sanitizer spray dari bahan-bahan alami antara lain:

1. Daun sirih dan kulit rambutan 

Langkah pertama Anda harus menyiapkan bahan alami daun sirih dan kulit rambutan, kemudian juga wadahnya yaitu botol spray. Kemudian rebus daun sirih dan kulit rambutan secara terpisah untuk diambil ekstraknya. Selanjutnya campurkan kedua ekstrak bahan alami tersebut dan masukkan dalam botol spray yang sebelumnya sudah diisi air secukupnya. Selain itu Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak zaitun untuk mendapatkan manfaat kelembapan bagi kulit. Daun sirih banyak digunakan sebagai bahan alami pembuatan hand sanitizer karena mempunyai sifat antiseptic dan kulit rambutan dengan sifat antioksidannya. 

2. Daun kemangi dan lidah buaya 

Sama dengan daun sirih, daun kemangi juga mempunyai sifat antiseptic dan lidah buaya mempunyai sifat antioksidan. Caranya dengan menghaluskan kedua bahan tersebut bersamaan menggunakan blender atau lainnya dan saring untuk mendapatkan ekstraknya. Anda juga bisa menambahkan bubuk daun jeruk agar sedikit lebih wangi. Selanjutnya masukkan ke dalam botol spray dan siap untuk digunakan. 


Efek samping hand sanitizer 
Hand sanitizer yang bagus memang memiliki banyak manfaat terutama untuk membunuh kuman dan bakteri. Namun dalam waktu penggunaan jangka panjang jika digunakan secara terus menerus, hand sanitizer akan menyebabkan efek samping  yang berbeda. Seperti iritasi pada kulit karena sering terkena alkohol, terasa perih saat terkena luka dan kulit yang kering atau pecah-pecah, tangan menjadi rentan terinfeksi, kulit mudah terbakar sinar matahari, hingga dapat memicu reaksi hormone.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda