Fungi dan Cara Kerja Hand Sanitizer - Silver Ion
Information
03 Dec 2020
Share

Hand sanitizer adalah alternatif yang digunakan untuk membersihkan tangan saat tidak ada air dan sabun. Meskipun sama – sama dapat membunuh kuman, menggunakan hand sanitizer dan sabun tentu berbeda tingkat keampuhannya. Namun jika hand sanitizer menggunakan bahan yang ampuh membunuh kuman seperti hand sanitizer-silver ion, maka fungsinya akan lebih ampuh. Silver ion spray  dapat digunakan untuk mematikan kuman yang ada di tangan. Silver ion ini merupakan partikel silver yang memiliki ukuran ion, yaitu ukuran yang sangat kecil. Pada jaman dahulu, perak digunakan untuk mengobati beberapa luka dan sakit perut. Namun setelah ditemukan banyak antibiotik, penggunaannya mulai berkurang. Saat ini silver lebih banyak digunakan sebagai bahan untuk alat medis.


Cara Kerja Silver Ion untuk Membasmi Virus
Ion silver memiliki kemampuan untuk membasmi virus dan bakteri dengan berbagai cara. Logam ini sudah lama diketahui memiliki efek antivirus yang banyak dimanfaatkan dalam dunia medis.Berikut beberapa cara kerja silver ion dalam membasmi virus.

  • Silver ion dapat merusak dinding sel virus
  • Silver ion dapat mencegah virus untuk menempel pada sel tubuh. Manfaat silver ion inilah yang diterapkan pada hand sanitizer-silver ion
  • Silver ion dapat mengikat virus tanpa harus merusak sel tubuh sehingga sangat aman digunakan
  • Silver ion dapat digunakan untuk mengganggu virus dalam bermetabolisme dan juga dapat merusak DNA virus sehingga membuat virus mati dan tidak dapat berkembang biak

 

Virus yang Dapat Dibasmi oleh Silver Ion
Manfaat silver ion sudah tidak diragukan lagi untuk membasmi virus. Sejumlah penelitian mengatakan bahwa ada beberapa virus yang dapat dibasmi dan dibunuh oleh silver ion ini. Berikut rinciannya.

  • Human immunodeficiency virus (HIV)

HIV adalah sejenis virus yang cukup berbahaya dan dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Virus ini dapat membuat penderitanya menjadi rentan terhadap berbagai infeksi. Virus menular melalui cairan yang dikeluarkan oleh tubuh salah satunya darah, cairan vagina, air mani dan ASI. Infeksi HIV yang tidak diobati dapat menimbulkan penyakit AIDS.

  • Herpes simplex virus

Penderita yang terinfeksi virus herpes simpleks akan mengalami luka di area mulut, bibir dan sekitar organ intim. Lepuhan atau luka ini memiliki cairan yang mana dapat berkembang biak dan menular saat mengadakan kontak fisik.

  • Respiratory syncytial virus (RSV)

Virus RSV menyerang saluran pernapasan dan paru-paru. Virus dapat menyerang anak kecil dan juga orang dewasa. Gejala yang muncul mirip dengan flu dan dapat menghilang dalam waktu 1 sampai 2 minggu. Namun jika daya tahan tubuh rendah, virus juga dapat memberikan efek yang lebih buruk.

  • Monkeypox virus

Monkeypox virus adalah jenis virus yang dapat menyebabkan cacar monyet. Gejala yang ditimbulkan antara lain dengan demam, nyeri otot, sakit kepala, sakit punggung, kelelahan, kedinginan, dan pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening. 

Selain dapat membasmi virus, partikel silver-ion ampuh digunakan untuk membasmi bakteri dan jamur. Silver ion juga banyak digunakan untuk bahan baku peralatan rumah tangga. Hand sanitizer yang mengandung silver ion juga dapat digunakan untuk membasmi virus yang dibahas di atas. Harga silver ion bermacam – macam tergantung pada seberapa besar kadarnya. Dengan mengetahui banyak manfaat yang dihasilkan oleh silver ion, Anda tentu akan lebih paham bahwa alat atau bahan yang mengandung silver dapat digunakan untuk menjaga keluarga dari serangan virus dan kuman.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda