Fakta-fakta Menarik Tentang Masker Polusi Asap
Information
09 Jun 2020
Share

Asap merupakan salah satu masalah yang terjadi pada beberapa negara di dunia. Asap bisa terjadi karena kebakaran hutan atau beberapa insiden bencana yang lainnya. Salah satu yang sering terjadi kebakaran hutan adalah Indonesia yang menyebabkan asap sebagai polusi udara karena memiliki kandungan gas dan partikel yang berbahaya. Salah satu perlindungan diri adalah dengan menggunakan masker polusi asap.


Namun, jangan senang terlebih dahulu karena ternyata ada fakta-fakta yang menarik dibalik penggunaan masker polusi asap yang sering digunakan oleh masyarakat kita. berikut informasinya secara lengkap :


Belum ada Masker atau Respirator yang Bisa Melindungi Terhadap Semua Komponen Gas dari Asap

Yang pertama, ternyata belum ada jenis masker atau bahkan respirator yang bisa melindungi diri Anda 100% dari berbagai partikel dan juga gas yang terkandung dalam polusi asap. Masker yang sering digunakan tersebut masih ada celah yang bisa dimasuki oleh partikel yang berbahaya apalagi untuk asap kebakaran hutan mengandung berbagai partikel dan gas yang bermacam-macam sehingga mungkin salah satu jenis partikel bisa ditangkal namun jenis yang lain tidak bisa.


Masker Hanya Bisa Mengurangi Masuknya Partikel Berbahaya pada Asap

Selanjutnya, ternyata masker hanya bisa mengurangi masuknya partikel berbahaya dari suatu polusi asap. Misalnya saja masker bedah yang sering digunakan, masker ini hanya bisa menyaring partikel yang ukurannya besar saja namun karena polusi asap memiliki banyak partikel dan gas yang ukurannya kecik maka sekitar 60 sampai 70 persen partikel masih bisa masuk ke dalam saluran pernapasan.


Sedangkan masker N95, N100, R100, dan P100 memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan masker bedah dalam menyaring polusi udara dalam asap. Namun, karena ada gas yang berbahaya yang sifatnya sangat kecil masih mungkin bisa masuk dan merusak pernapasan.


Penelitian untuk Masker Asap Masih Terus Dilakukan

Oleh karena itu, karena belum adanya masker yang bisa menangkal berbagai partikel dan gas yang berbahaya pada polusi asap maka sampai saat ini masih dilakukan berbagai penelitian lebih lanjut agar segera ditemukan masker yang efektif untuk polusi asap.


Kesimpulan dan Penutup

Dari berbagai pernyataan di atas maka bisa disimpulkan bahwa sebenarnya belum ada masker atau respirator yang bisa melindungi diri manusia terhadap semua komponen gas yang terdapat pada polusi asap, masker hanya bisa mengurangi masuknya partikel berbahaya tersebut sehingga tidak bisa 100%, penelitian terhadap masker polusi udara juga masih terus dilakukan.


Untuk itu, fakta-fakta mengenai masker polusi asap tersebut bisa Anda pelajari dan bisa lebih waspada terhadap asap apabila dalam suatu waktu terjadi di daerah Anda. Tetap waspada dan tetap jaga kesehatan diri dan keluarga.

 

Source: 

http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20151015/0213571/penggunaan-masker-pada-asap-kebakaran-hutan/

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda