Efek Samping Dari Penggunaan Hand Sanitizer Dalam Jangka Waktu Lama
Information
02 Dec 2020
Share

Jika sebelumnya Anda berpikir bahwa hand sanitizer rumah sakit berbeda dengan jenis hand sanitizer yang ada di rumah Anda, maka Anda salah besar. Pasalnya setiap hand sanitizer yang ada memiliki fungsi yang sama. Dalam hal ini, hand sanitizer tersebut sama-sama digunakan untuk menjaga kebersihan diri utamanya bagian tangan dari beragam penyebaran kuman di lingkungan sekitar. 

Seperti yang Anda tahu, hand sanitizer memang digunakan sebagai alternatif dari cara mencuci tangan yang paling mudah untuk dilakukan. Pasalnya bahan yang satu ini dapat dibawa dengan mudah ke mana pun Anda melakukan perjalanan. Dengan demikian kebersihan diri Anda pun dapat terjaga dengan lebih baik. 
Akan tetapi penggunaan hand sanitizer dalam jangka waktu lama juga dikenal dengan beberapa efek samping yang ditimbulkannya. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya : 

1. Iritasi dan alergi kulit

Dari sekian banyak efek samping yang ditimbulkan oleh penggunaan hand sanitizer, iritasi menjadi bagian pertama yang paling sering dialami oleh para penggunanya. Hal ini berkaitan dengan kondisi kulit yang lebih sering terkena alkohol sehingga ia pun akan lebih mudah iritasi. 

Tidak hanya itu, jika Anda memiliki kulit sensitif, maka bukan tidak mungkin penggunaan hand sanitizer akan mengakibatkan adanya alergi. Hal ini ditandai dengan adanya ruam merah pada bagian kulit Anda, rasa gatal yang mengganggu, serta bentol-bentol hingga dapat mengakibatkan keluhan lain seperti sulit bernafas dan lainnya. 

2. Kulit kering dan mudah luka

Penggunaan hand sanitizer berkepanjangan juga dapat mengakibatkan kulit Anda berubah menjadi lebih kering. Apalagi jika jenis kulit Anda sendiri termasuk dalam kulit kering. Hal ini juga dapat memicu adanya bagian kulit yang mengalami pecah-pecah hingga menghadirkan luka di bagian luarnya. 

Dari luka tersebut apabila terkena kembali hand sanitizer, maka akan menimbulkan rasa perih yang mengganggu. Karena itulah ada baiknya jika jenis kulit ini lebih sering membersihkan tangan dengan cara mencuci tangan menggunakan air. Namun jika Anda merasa kurang bersih, maka Anda pun dapat menggunakan hand sanitizer dengan mengaplikasikan hand cream sebagai bahan pelembabnya terlebih dahulu. 

3. Tangan rentan infeksi

Meskipun dapat digunakan untuk membunuh kuman, faktanya penggunaan hand sanitizer tidak seefektif pada penggunaan air bersih. Karena itulah dibandingkan dengan menjadikan kulit tangan Anda bersih, penggunaan hand sanitizer secara berlebih justru dapat menimbulkan infeksi. Utamanya jika ada bagian tangan yang terluka dan kotor. 

4. Mudah terbakar sinar matahari 

Efek samping lainnya yang ditunjukkan oleh penggunaan hand sanitizer adalah menjadikan kulit yang Anda miliki lebih sensitif. Hal ini terbukti dari reaksi yang ditimbulkannya apabila terkena sinar UV dari matahari, yang menjadikan kulit tersebut lebih mudah mengalami perubahan warna. Dengan kata lain, pigmentasi kulitnya mudah berubah warna menjadi gelap. 

5. Memicu adanya reaksi hormon 

Beberapa jenis hand sanitizer dikenal dengan kandungan triclosan yang terdapat di dalamnya. Kandungan tersebut akan diserap masuk ke bagian dalam kulit dan dapat memberikan efek samping yang cukup berbahaya. Seperti halnya efek pada sistem hormon saraf hingga sistem hormonal tubuh. 

Selain itu, gangguan hormon yang seringkali terjadi adalah pada sistem hormon tiroid serta estrogen. Kemudian ada pula kemungkinan kecil dari gangguan fungsi hati yang juga dinyatakan berasal dari penggunaan zat triclosan yang berasal dari hand sanitizer itu tadi. 

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai beberapa efek samping yang seringkali ditimbulkan oleh hand sanitizer. Karena itulah meskipun produk pembersih tersebut dikenal sebagai hand sanitizer yang bagus, namun tetap saja penggunaannya secara berlebih dan berkepanjangan memberikan dampak yang tidak atau bahkan kurang baik bagi kesehatan Anda.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda