Disinfectant Spray Sebagai Pelindung dari Berbagai Virus
Information
03 Dec 2020
Share

Disinfectant spray merupakan alat yang dianggap mampu menghilangkan semua hal yang berhubungan dengan mikroorganisme entah itu bakteri ataupun virus, yang terdapat pada benda mati. Tak harus memakai bahan kimia, desinfektan dengan bahan alami pun Anda dapat membuatnya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang ada di hunian Anda.


Cara Membuat Disinfektan Spray
Membuat maupun menyiapkan bahan untuk desinfektan tidaklah sulit. Hal yang perlu Anda siapkan seperti:

  • ½ gelas air.
  •  ½ cangkir cuka putih hasil suling.
  • 12 sampai 24 tetes minyak esensial bisa dari jeruk nipis, kayu putih, kemangi, kayu manis, dan cengkeh.

 

Cara pembuatan disinfectant spray alami sebagai berikut:
Pertama-tama Anda campurkan air, cuka, kemudian minyak esensial sesuai pilihan selera Anda. Setelah semua bahan dimasukkan dalam botol spray, kocok botol tersebut sampai tercampur dengan baik. Disinfectant spray alami buatan Anda pun telah jadi dan bisa digunakan untuk disemprotkan di rumah. Tak lupa simpan di tempat aman sesudah pemakaian.


Sistem Kerja Disinfektan Alami
Adapun cara kerja dari desinfektan alami ini berasal dari cuka putih yang memiliki pH dan asam asetat rendah sehingga dapat menghambat pertumbuhan si mikroorganisme, sebab cuka merupakan antiseptik ringan. Selanjutnya minyak esensial ini berguna untuk menambah kualitas dari antivirus, antibakteri, dan antijamur disinfektan alami tersebut.

Pemakaian desinfektan tergantung pada tingkat keperluan Anda. Cairan alami ini memiliki rentang waktu residu yang menempel tidak sampai seharian, efektif hanya 30-60 menit. Penggunaan desinfektan ini ampuh kalau memiliki tujuan, waktu, sasaran dan konsentrasi tepat, untuk memusnahkan berbagai organisme.

Membuat disinfektan spray terbaik, secara tak langsung Anda melakukan pencegahan terlebih saat pandemi ini. Bukan cuma itu, social distancing perlu dilakukan agar memutus mata rantai virus corona di Bumi. Kemudian menjaga tubuh tetap sehat, memelihara lingkungan dan rumah selalu bersih, dan senantiasa mencuci tangan dengan sabun pada air bersih yang mengalir.


Cara Desinfeksi di Rumah yang Aman
Untuk menjaga rumah Anda dari aneka virus, karenanya Anda perlu melakukan desinfeksi dimana terdapat 4 jenis dalam proses tersebut, yakni desinfeksi udara atau ruangan, permukaan, pakaian, dan permukaan lunak. Semua jenis desinfeksi ini mempunyai aturan tersendiri saat diaplikasikan. Antara lain:

  • Disinfeksi Permukaan

Proses desinfeksi ini diimplementasikan pada permukaan datar berupa meja, lantai, lemari, dinding, dan kursi. Terutama untuk barang yang sering sekali bersentuhan tangan, contoh telepon genggam, peralatan dapur, gagang pintu, pegangan tangga, peralatan makan dan minum. Disinfeksi ini mesti Anda kerjakan tiap hari.
Adapun ventilasi buatan di rumah seperti air sterilizer, air conditioner, dan juga air purifier termasuk jenis barang yang patut Anda beri didisinfeksi di permukaannya dalam waktu tertentu.

  • Desinfeksi Ruangan atau Udara 

Sementara sasaran disinfeksi ini ialah ruangan yang diduga terdapat kontaminasi oleh mikrorganisme merugikan. Adapun jenis desinfektan ruangan yang dipakai umumnya ialah hydrogen peroxide dan memakai alat bantu berupa uap atau dry mist disinfection.

  • Disinfeksi Permukaan Berpori atau Lunak

Hal yang dimaksud dalam disinfektasi untuk permukaan lunak atau berpori diaplikasikan pada barang seperti tirai, karpet, dan permadani.

  • Desinfeksi Pakaian

Untuk pengaplikasian disinfektasi tipe ini selain digunakan pada pakaian, bisa juga untuk handuk, linen atau sarung tangan yang sudah Anda maupun keluarga pakai untuk pemusnahan virus dan bakteri yang menjadi bagian dari proses desinfeksi pakaian.

Dalam pembuatan desinfektan pun Anda dapat menggunakan bahan yang telah teruji dan dipercaya pihak medis mampu mengusir virus dengan optimal. Adapun jenis bahan ini yaitu silver ion yang terbukti dapat memberantas kuman hingga tuntas.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda