Ciri Air Purifier Terbaik, Cek!
Information
23 Nov 2020
Share

Air purifier adalah alat pembersih udara yang mampu menghilangkan kontaminan dari udara yang ada di sebuah ruangan serta dapat meningkatkan kualitas udara di ruangan tersebut. Alat ini dulunya dipasarkan di instansi kesehatan seperti rumah sakit, karena sangat bermanfaat bagi penderita asma, penderita alergi dan menghilangkan bekas asap tembakau.

Semakin dikenalnya alat ini di kalangan masyarakat serta manfaatnya yang memang baik bagi kesehatan, maka saat ini cukup mudah bagi Anda untuk ikut memilikinya. Berdasarkan penelitian EPA (Environmental Protection Agency) sebagai lembaga pemerhati lingkungan, memaparkan bahwa polusi udara menjadi salah satu dari 5 penyebab buruknya kondisi udara yang dapat mengakibatkan penurunan tingkat kesehatan pada manusia.

Air purifier dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda dalam menjaga kualitas udara di rumah, terutama jika di lingkungan Anda memiliki kualitas udara yang buruk, anggota keluarga ada yang merokok dan semacamnya. Selain menetralisir bau serta asap yang memperburuk kondisi udara, air purifier juga terkadang mampu membunuh bakteri dan virus yang menyebar melalui udara. 

Harga dari air purifier ini juga cukup terjangkau, selain diletakkan di ruangan rumah, kantor dan semacamnya. Air purifier juga bisa digunakan sebagai alat penyaring udara kotor di mobil Anda, sehingga selama perjalanan pun udara yang Anda hirup menjadi lebih bersih dari pada udara di luar mobil yang penuh asap kendaraan. Untuk mendapatkan air purifier dengan kualitas baik, ketahui dulu beberapa kriteria dalam memilih penjernih udara yang baik.


Kriteria Air Purifier Dengan Kualitas Baik

1. Air purifier yang baik bekerja dengan menggunakan filter. Hal inilah yang membedakan alat ini dengan AC dan Exhaust Fan. Air purifier bekerja dengan cara menyedot udara kotor yang ada di dalam ruangan, kemudian menyaringnya melalui filter yang dimilikinya, sehingga udara yang dihasilkan adalah udara yang sudah bersih.

2. Filter yang digunakan untuk air purifier yang baik biasanya menggunakan HEPA (High Efficiency Particulate Air). Sistem penyaringan HEPA dikatakan lebih efektif dalam menangkap polutan yang akan membahayakan bagi kesehatan tubuh Anda, sekaligus partikel yang sangat halus yang biasanya tidak dapat ditangkap oleh air purifier kualitas standar.

3. Air purifier yang baik memiliki nilai CADR (Clean Air Delivery Rate) yang memiliki kemampuan untuk memproduksi serta mendistribusikan udara yang bersih ke seluruh penjuru ruangan. Semakin tinggi nilai dari CADR maka semakin banyak udara bersih yang berhasil dihasilkan serta intensitas penyaringan juga semakin cepat. Untuk nilai CADR air purifier yang baik berkisar di angka 17-20, yang disesuaikan dengan hasil standar uji Minimum Efficient Reporting Value (MERV) Internasional.

4. Air purifier yang baik dilengkapi dengan fitur humidifying, yakni fungsi untuk menjaga kelembaban ideal dalam ruangan secara otomatis 50-60%. Kelembaban udara ideal dalam ruangan bisa mengusir jamur, bakteri, sehingga mampu menghentikan beberapa gangguan kesehatan.

5. Air purifier dengan kualitas baik mampu mencakup seluruh sisi ruangan. Pastikan berapa kapasitas CADR pada alat air purifier yang akan Anda beli. Misalkan CADR berkapasitas 200 akan cocok digunakan pada ruangan berukuran 30m2.

6. Selain udara bersih yang mencakup seluruh ruangan, air purifier yang baik juga lebih praktis untuk digunakan. Seperti memiliki beberapa fitur tambahan, contohnya fitur wireless.

7. Air purifier terbaik tidak hanya menghasilkan udara bersih, tetapi udara yang dikeluarkan juga dapat menyehatkan. Air purifier yang baik dapat melepaskan partikel-partikel udara kotor dalam proses penyaringan dan mampu memproduksi udara bersih yang menyehatkan. Penggunaan alat pembersih udara ini terbukti secara efektif meredakan penyakit asma dan alergi.

Air purifier dengan kualitas terbaik tentu memiliki harga yang lebih tinggi dengan air purifier yang berkualitas standar atau abal-abal. Sehingga dalam memilih air purifier yang berkualitas baik Anda harus memperhatikan soal harga, jangan sampai terkecoh dengan harga murah, tetap pastikan tentang beberapa kriteria di atas.
Demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari air purifier baik berkualitas.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda