Cara Penggunaan Masker N95 TBC
Product Tips
08 Jun 2020
Share

Biasanya orang yang menggunakan masker adalah orang yang sakit atau memiliki masalah pernapasan. Tapi akibat virus Corona yang saat ini melanda dunia, setiap orang kini diwajibkan untuk menggunakan masker, contohnya seperti masker N95 TBC. Masker N95 bisa dikatakan sebagai masker yang efektif melindungi saluran pernafasan, karena tingkat ketebalan dan efektivitasnya dalam menyaring udara jauh lebih baik. Masker N95 ini sering digunakan oleh penderita TBC, agar saat batuk atau bersin virus tersebut tidak menyebar ke udara. Tuberkulosis atau TB merupakan penyakit yang menular, sehingga orang yang menderita penyakit ini harus mencegah penularan kuman atau bakteri tuberkulosis tersebut. 


Penularan Virus Melalui Mulut

Menurut data yang dirilis oleh WHO, saat seseorang batu, terdapat setidaknya 3.500 partikel yang keluar dari dalam mulut. Sedangkan saat bersih terlepas sekitar 4.500 sampai 1 juta partikel ke udara. Bahkan saat seseorang berbicara saja, setidaknya sebanyak 210 partikel bisa keluar dari mulut. Bagi penderita TBC, partikel yang keluar tersebut akan sangat mudah menulari orang lain. Oleh karena itu sangat disarankan menggunakan masker untuk mencegah penularan kuman dan bakteri tuberkulosis tersebut. Saat satu orang yang terkena TBC, bisa menginfeksi 10 – 15 orang yang berada di sekitar mereka jika tidak dilakukan tindakan pencegahan. Penggunaan masker bukan hanya oleh si penderita tapi orang yang berada di sekitar penderita juga wajib menggunakan masker. 


Masker Untuk Penderita TBC

Bagi orang-orang yang berada di sekitar penderita TBC, tindakan pencegahan tidak perlu dilakukan terlalu berlebihan. Cukup dengan menggunakan masker non medis saja, hal tersebut sudah bisa mencegah penularan. Masker non medis seperti masker kain yang bisa dibuat sendiri dengan mudah. Namun bagi penderita TBC sendiri, sebaiknya masker yang digunakan adalah masker bedan atau masker N95, karena masker tersebut lebih efektif untuk mencegah penularan. Khusus untuk masker N95 sendiri, masker yang satu ini dapat menghalau partikel hingga 95%. Oleh karena itu jauh lebih efektif digunakan untuk melindungi pasien dan orang sekitar. Penderita TBC sebenarnya bisa sembul dalam waktu 6 bulan jika rutin mengonsumsi obat dan melakukan tindakan pencegahan. 


Cara Penggunaan Masker

WHO menganjurkan agar penggunaan masker perlu diperhatikan dan tidak boleh sembarangan. Salah satu syarat yang harus dimiliki masker adalah mampu menutupi permukaan mulut dan juga hidung. Tingkat ketebalan masker tersebut juga perlu diperhatikan. Harus terdiri dari beberapa lapis, dan jangan sampai membuat si pemakai kesulitan bernafas. Untuk pengaitnya sendiri masker yang digunakan bisa menggunakan tali atau juga karet. Jika hal tersebut sudah dipenuhi maka masker tersebut akan efektif mencegah penularan virus. Masker N95 TBC merupakan masker yang telah memenuhi syarat – syarat tersebut.


Sumber: 

https://www.unicef.org/stories/novel-coronavirus-outbreak-what-parents-should-know

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/when-and-how-to-use-masks
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda