Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer di Rumah
Information
02 Dec 2020
Share

Hand sanitizer merupakan cairan pembersih tangan yang tersedia dalam bentuk gel maupun spray. Umumnya hand sanitizer digunakan untuk membunuh bakteri dan virus yang menempel di tangan. Jenisnya pun beragam, dari hand sanitizer – silver ion, hand sanitizer dengan ekstrak aloe vera, daun sereh, dan lain sebagainya. 
Sebagai salah satu perlindungan dari virus corona, hand sanitizer ternyata bisa dibuat sendiri. Bahkan cara membuat hand sanitizer spray sangatlah mudah. 


Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Mudah
Hand sanitizer yang dibeli di pasaran maupun buatan sendiri sama-sama efektif untuk membunuh kuman selama sesuai dengan panduan dari WHO. Hand sanitizer yang aman digunakan dan dapat membunuh kuman adalah memiliki kandungan 60% alkohol dan pelembab kulit. 

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer antara lain ialah etanol, alkohol, hidrogen peroksida, propanol dan isopropanol, dan bahan alami maupun silver ion. 

Bahan alami yang digunakan untuk membuat desinfektan spray haruslah aman ketika digunakan. Seperti daun sirih, daun sereh, jeruk nipis, kulit jeruk, minyak atsiri, hingga aloe vera. 

Untuk kandungan silver ion, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko online maupun apotik. Harga silver ion di apotik dan toko online pun beragam. Tergantung ukuran yang Anda beli. 

Meskipun hand sanitizer dapat dibuat secara mudah di rumah, namun mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun selama 60 detik tidak boleh Anda tinggalkan. Hal ini berfungsi untuk menjaga tangan tetap bersih. 


Solusi Praktis Mendapatkan Hand Sanitizer
Hand sanitizer memang bisa dibuat sendiri di rumah. Tapi, pembuatan hand sanitizer ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda tetap harus memastikan bahwa larutan hand sanitizer benar-benar bersih. Selain itu, hidrogen peroksida yang digunakan dalam larutan pun harus disimpan secara benar. Belum lagi takaran bahan-bahan yang dibutuhkan.

Nah, solusi praktisnya adalah dengan membeli disinfektan spray kecil di pasaran agar bisa dibawa kemana-mana. Selain memiliki takaran yang tepat, hand sanitizer juga dijamin steril sehingga dapat membunuh kuman ketika digunakan. 

Disamping itu, dari segi anggaran, membuat hand sanitizer bisa jadi memakan anggaran lebih tinggi dibanding membeli hand sanitizer di pasaran. Anda bisa mendapatkan disinfektan spray murah secara online maupun di apotik terdekat.

Hand sanitizer hanyalah alternatif jika Anda tidak bisa menemukan sumber air dan sabun untuk mencuci tangan. Itu artinya, hand sanitizer bukanlah perangkat wajib yang harus digunakan setiap saat. Sebab penggunaan hand sanitizer dalam kurun waktu yang lama dapat menyebabkan beberapa gangguan, seperti kulit menjadi lebih sensitif dan kering. Selain menggunakan hand sanitizer, Anda juga harus menghindari menyentuh bagian wajah sebelum mencuci tangan. Terutama bagian hidung, mata, dan mulut. 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda