Cara Merawat Alat Penyaring Udara
Information
24 Nov 2020
Share

Dengan menggunakan alat penyaring udara membuat ruangan menjadi lebih bersih sebab semua polutan yang tersebar di dalam ruangan dapat terserap dan tersaring. Udara di dalam ruangan menjadi sangat segar dan tidak membuat gangguan di dalam tubuh Anda.

Fungsinya sangat banyak dan membuat ruangan menjadi lebih sehat. Namun, alat yang satu ini malah bisa membahayakan atau berfungsi sebaliknya jika Anda tidak melakukan perawatan yang baik. Lalu, bagaimana cara merawatnya agar fungsinya tetap berjalan sesuai? Berikut penjelasannya di bawah ini:


Bersihkan Bagian Luar Air Purifier Setiap Hari
Yang pertama Anda harus lakukan dan yang paling mudah adalah membersihkan bagian luar dari alat penyaring udara tersebut. Terlebih lagi jika Anda memilih penyaring udara yang berwarna putih atau warna-warna yang terlihat mudah kotor. Anda harus membersihkannya secara teratur agar tampilan tetap terlihat seperti baru.

Anda bisa menggunakan kemoceng atau lap khusus untuk membersihkannya setiap hari. Sebaiknya letakkan di pojok ruangan dan tidak mudah dijangkau anak-anak  yang mungkin selalu menyentuh dengan keadaan tangan kotor.


Bersihkan Penyaring Dalam Maksimal 1 Bulan Sekali
Semakin kecil lubang alat filter udara yang ada di dalam alat air purifier maka Anda juga harus sering juga membersihkannya. Semakin kecil lubang pastinya akan semakin banyak partikel halus yang terjaring bukan? Itu lah sebabnya untuk membersihkannya secara teratur. Umumnya, alat ini dibersihkan maksimal setiap 1 bulan sekali, namun jika Anda memiliki waktu yang lebih maka Anda bisa membersihkannya setiap 1 sampai 2 minggu sekali.

Anda bisa membersihkan penyaring udara sesuai dengan keadaan udara pada saat itu. Jika dalam satu minggu kualitas udara selalu buruk maka cek terlebih dahulu apakah sudah saatnya dibersihkan atau masih bisa ditunda. Apalagi jika Anda menggunakan penyaring dengan ukuran saringannya sangat kecil.


Ganti Penyaring 6 Bulan Sekali
Walaupun rajin dibersihkan, penyaring udara tersebut juga harus diganti. Penggantian ini harus dilakukan setiap 6 bulan sekali. Sebab, jika tidak diganti alat filter udara untuk ruangan  ini fungsinya sudah tidak seperti baru lagi. Adanya pelebaran lubang penyaringan, sobekan, atau yang lainnya sehingga membuat berbagai partikel yang sebelumnya bisa tertangkap lama-kelamaan akan lolos dan membuat udara di ruangan Anda menjadi tidak sebaik saat menggunakan yang baru.

Itulah pentingnya mengganti penyaring ruangan sebab jika tidak maka akan berbahaya. Proses pembersihan yang terlalu sering juga berpengaruh sekali dengan penurunan kualitas dari filter. Apalagi jika Anda menggunakannya setiap hari selama 24 jam, kemungkinan penurunan kualitas dari alat ini akan sangat tinggi.


Jika Menggunakan Humidifying Air Purifier Tangkinya Harus Dibersihkan 1 Minggu Sekali
Seperti yang telah diketahui bersama bahwa kini banyak sekali air purifier yang sudah dilengkapi dengan pelembab udara. Jika Anda memilih menggunakan yang jenis ini, jangan lupa untuk membersihkan tangki airnya setiap minggu, Ganti air dengan air yang bersih dan sudah sterik dengan melewati perebusan sehingga air yang dikeluarkan dalam ruangan bisa tetap bersih dan bukan malah menambah polutan di ruangan.

Itu tadi beberapa cara perawatan untuk alat penyaring udara agar tetap berfungsi sesuai dengan tujuan awal. Jangan sampai malas merawat sebab bisa jadi berbagai partikel yang tersaring bahkan malah bisa menyebar kembali karena bekerja terlalu keras, Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda semuanya!
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda