Cara Menjaga Kualitas Udara di Kamar: Penyaring Udara di Kamar hingga Rutin Bersih-bersih
Information
25 Nov 2020
Share

Selain ruang keluarga, kamar adalah tempat yang krusial di dalam rumah. Dengan fungsinya sebagai tempat istirahat, kamar haruslah memiliki kualitas udara yang baik supaya tidak mempengaruhi kesehatan tubuh. Dalam menciptakan udara yang bersih di kamar, sirkulasi udara yang lancar adalah aspek yang paling penting. Namun, tidak cukup sampai disitu saja. Untuk menciptakan udara yang bersih di kamar, Anda bisa menggunakan penyaring udara di kamar dan mengikuti beberapa cara berikut ini.


Cara Menjaga Kesegaran Udara di Kamar Tidur
Kamar dengan kualitas udara yang baik akan lebih nyaman ditempati dan membuat Anda lebih rileks. Anda bisa melakukan 5 cara berikut ini untuk membuat udara kamar tetap segar. 

1. Pastikan ruang kamar memiliki ventilasi yang cukup

Sirkulasi udara yang baik dapat tercipta jika sistem ventilasi memadai. Kamar yang tidak memiliki ventilasi cukup akan membuat ruangan terasa pengap. Idealnya suatu ruangan harus mempunyai minimal 1 sampai 2 sistem ventilasi. Namun, jumlah ventilasi ini tergantung pada luas ruangan di rumah Anda. Semakin besar ruang kamar Anda, maka jumlah ventilasinya bisa Anda tambah. Selain sistem ventilasi yang cukup, Anda juga harus memperhatikan kebersihannya. Agar tidak dipenuhi debu yang bisa memperburuk udara kamar, Anda harus rutin membersihkannya. 

2. Buka pintu dan jendela kamar Anda

Supaya udara dalam kamar dapat berganti, bukalah pintu dan jendela kamar Anda. Terutama saat pagi dan sore hari. Dengan membuka jendela, Anda juga bisa menurunkan kadar kelembaban udara. Lebih lanjut, membuka jendela kamar ketika pagi hari memungkinkan Anda untuk memperoleh sinar matahari pagi yang dapat membantu produksi vitamin D.

3. Gunakan alat penyaring udara di kamar

Alat pembersih udara atau alat penyaring debu juga bisa membuat udara di kamar Anda lebih segar. Alat dengan teknologi canggih ini bahkan punya berbagai macam fitur yang menguntungkan. Mulai dari membasmi jamur, debu, virus, hingga menghilangkan bau tidak sedap yang ada di kamar Anda. Dengan fungsinya yang beragam, alat penyaring debu ini jadi solusi praktis untuk menjaga kualitas udara.

4. Bersihkan AC atau kipas angin secara rutin

Selain menggunakan alat penyaring udara di kamar, Anda bisa menjaga kualitas udara agar tetap segar dengan rutin membersihkan AC dan kipas angin. AC dan kipas angin yang tidak dirawat secara teratur dapat menyebabkan udara kamar menjadi kotor. Hal ini dikarenakan debu dapat menempel pada kipas angin dan AC.

5. Pelihara tanaman hias

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memelihara tanaman hias di kamar. Anda bisa memilih tanaman indoor yang dapat bertahan hidup meski tidak banyak terpapar sinar matahari. Cara ini terbilang cukup ampuh, sebab tanaman akan berfotosintesis untuk mengurangi karbondioksida yang ada di kamar. Selain itu, tanaman juga bisa menyuplai oksigen di kamar Anda. 


Solusi Praktis Menjaga Kualitas Udara di Kamar
Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa menjaga udara kamar tetap segar bisa Anda lakukan dengan lebih mudah. Yakni dengan menggunakan alat penyaring udara yang ditempatkan di dalam kamar. Meski harga penyaring udara ruangan berkisar antara Rp. 1 – 3 jutaan, namun alat ini sangat bermanfaat bagi Anda. 

Pada dasarnya kualitas udara di dalam kamar tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Dengan menjaga kualitas udara tetap segar, maka kesehatan Anda pun akan terjaga. 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda