Cara Memilih Masker Kesehatan yang Bagus
Information
08 Jun 2020
Share

Masker adalah salah satu kewajiban untuk digunakan pada sat pandemi saat ini. Masker memiliki banyak sekali jenis salah satunya adalah masker kesehatan, Maser ini digunakan oleh par tenaga medis seindonesia yang saat ini berjuang di depan. Masker kesehatan juga sangat direkomendasikan bagi masyarakat yang sedang merasa sakit. Namun, saat ini banyak sekali beredar masker kesehatan yang dijual. Lalu bagaimana cara kita untuk mendapatkan masker kesehatan yang bagus?


Untuk mengetahui apakah masker kesehatan tersebut bagus atau tidak adalah masker itu pembuatannya sudah sesuai dengan standar kesehatan dari kemenkes. Lalu, apa saja standar masker kesehatan yang bagus yang bisa digunakan tersebut ? Berikut beberapa penjelasannya :


Memiliki Material Pembuatan yang Sesuai dengan Standar

Yang pertama adalah material yang digunakan. Pilih masker yang memiliki material seperti non woven, spunbond (sms), dan spunbond meltblown meltbown spunbond (smms). Bahan seperti ini merupakan bahan yang bisa melindungi penggunanya oleh partikel yang kecil melalui udara (airbone), droplet, cairan, virus dan juga bakteri.
Hanya digunakan untuk Sekali Pakai, Langsung Buang dengan Hati-hati


Selanjutnya masker tersebut adalah masker yang sekali pakai saja, bukan digunakan untuk berkali-kali. Masker harus digunakan sekali lalu dibuang dengan hati-hati ke tempat sampah medis yang tertutup. Penggunaan ini sama dengan masker n95, masker n95 adalah salah satu respirator yang bisa digunakan untuk melindungi partikel yang lebih kecil dibanding menggunakan masker bedah.


Bagian Luar dan Bagian Dalamnya Harus Mudah Teridentifikasi dengan Baik

Selanjutnya, pilih masker yang memiliki bagian dalam dan luarnya yang bisa teridentifikasi dengan baik. Pengintensifikasian biasanya menggunakan perbedaan warna, untuk bagian luar berwarna hijau dan bagian dalam berwarna putih. Hal ini bisa melindungi pemakainya karena semua lapisan tersebut telah memiliki fungsinya tersendiri untuk mencegah penyakit yang akan menyerang Anda.


Tetap Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik sehingga Anda masih Bisa Bernapas dengan Mudah

Selanjutnya, pilih masker yang memiliki pori-pori yang bisa menyaring berbagai partikel kecil yang membahayakan, akan tetapi masker ini juga harus memiliki sirkulasi udara yang cukup sehingga bisa lebih mudah bernapas. Bayangkan,  jika bekerja  dengan sulit bernapas maka akan sulit, pilih masker yang differencial Pressurenya kurang dari 5/0 mmH2O.


Kesimpulan dan Penutup

Jadi, dari beberapa poin di atas maka bisa disimpulkan apabila masker kesehatan yang bagus harus terbuat dari material yang sesuai dengan standar, masker yang hanya digunakan sekali pakai saja, memiliki tampilan baik luar maupun bagian dalam yang berbeda dan mudah terindikasi, serta memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga walaupun tertutup, hidung Anda tetap bisa digunakan untuk mengambil dan melepaskan udara.

 

 

Source:

http://farmalkes.kemkes.go.id/2020/04/alat-pelindung-diri-apd-dan-masker-dalam-penanggulanagan-covid-19/ 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda