Cara Membuat Masker Kain Tali Panjang
Information
08 Jun 2020
Share

Pemilihan masker kain memang sudah diwajibkan oleh Pemerintah Indonesia karena bertujuan untuk mengantisipasi warga sehat dari virus korona. Warga yang sehat wajib memakai masker kain tali panjang dengan jangka waktu pemakaian 4 jam sekali lepas dan mengganti dengan yang baru. Jika kamu merasa warga gaul dan eksis maka pakai masker kain dengan 3 lapisan dan motif seru buatan sendiri. 


Caranya bisa ikuti artikel di bawah ini yuk!

1.    Siapkan Kain Katun Dengan Kualitas Sedang

Untuk bahan masker kain, kamu cukup sediakan katun bekas sarung bantal atau sprei yang sudah tidak terpakai. Hindari bahan dari bahan kaos ya karena kurang efektif dalam penyerapan partikel kecuali pada bagian lapisan luarnya tidak masalah. Rapikan kain dengan memotong area yang rusak seperti pinggir. Setelah itu ukur berapakah kebutuhan masker yang akan dibuat. Jika kamu masih bingung ambilah masker medis 1 buah dan ukur. 


2.    Siapkan Mesin Jahit Dan Perkakas Potong

Mesin jahit sudah siap dengan benang yang sesuai dengan warna bahan, kemudian kamu mulai potong pola sesuai dengan contoh masker medis. Jangan lupa untuk menambahkan lapisan masker di bagian tengah dan belakang. Untuk bagian tengah bisa memakai kain tisu (kain tipis) kemudian bagian belakang memakai kain katun semula. Jika kamu ingin menambahkan lipatan di bagian muka (depan) maka perlu ukuran lebih lebar, setidaknya lipatan itu sebesar 1 cm sebanyak 3 buah sehingga ukuran bagian muka ditambahkan 6 cm untuk melipat. 


3.    Mulailah Memotong Bentuk Tali 

Ketika kamu sudah menjahit bagian utama maka jangan lupa untuk menyisakan kain sebagai talinya. Panjang kain untuk tali ini adalah lebar 2 cm dan panjang 25 - 30 cm. Tali ini dijahit dengan melipat sisi terpanjang dan kemudian nanti dibalik sehingga bekas jahitan tidak terlihat. 


4.    Menjahit Tali Ke Masker

Usai semua bagian jadi, maka tinggal menjahit tali ke area masker. Tempelkan tali yang telah disetrika agar pipih dan mudah untuk diterapkan di masker kemudian jahit sesuai dengan lebar masker. Gunakan benang dengan warna yang serupa agar hasilnya lebih rapi dan cantik. 


5.    Finishing 

Bagian finishing adalah bagian terakhir yaitu menyetrika semua masker agar lebih tegas dan rapi. Perhatikan pula benang sisa yang masih menempel di masker untuk dibersihkan. Akhirnya, masker tali panjang sudah jadi ya dengan cantik dan bisa dijual. 


Masker kain ini termasuk dalam masker non medis tenaga kesehatan karena cocok dipakai untuk kamu yang akan keluar rumah dan menyelesaikan pekerjaan keluarga. Harga masker kain ini mulai dari 17. masker kain tali panjang
Rp. 5.000 – Rp. 15.000 per buahnya. 

 


Source:

https://www.ayosemarang.com/read/2020/04/07/54901/menurut-cdc-begini-tutorial-membuat-masker-kain-sederhana
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda