Cara Membuat Hand Sanitizer Spray Sendiri
Information
24 Nov 2020
Share

Apa itu hand sanitizer ?
Hand sanitizer adalah salah satu bahan dalam bentuk cair atau gel yang mana digunakan untuk mengurangi patogen pada tangan. Dan pemakaian dari hand sanitizer dengan bahan dasar alkohol memang jauh lebih banyak digunakan jika dibandingkan dengan mencuci tangan sendiri dengan sabun dan air mengalir. Walaupun demikian mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir harus tetap anda gunakan untuk menjaga kesehatan tangan anda. 

Apalagi saat ini sedang mewabah virus corona di Indonesia, sehingga setiap warga selalu menjaga kesehatan mereka dan menjaga kebersihan. Karena diketahui jika corona bisa menyebar dengan kontak pribadi dengan pasien yang positif corona. Lalu penyebaran lainnya adalah dengan melalui benda yang terkena kontak langsung dengan pasien corona. Sehingga menjaga kebersihan menjadi salah satu faktor yang paling utama untuk anda jaga. 

Karena wabah corona akhirnya banyak orang yang mengincar hand sanitizer bahkan sempat terjadinya kelangkaan baik itu hand sanitizer pabrikan hingga homemade semua banyak tidak ada jikapun ada maka harganya memang mahal. Alternatif yang akhirnya dilakukan adalah banyak masyarakat indonesia yang mulai mencari cara lainnya. Dan salah satunya adalah dengan membuat hand sanitizer sendiri.

Nah, jika anda berencana untuk membuat hand sanitizer sendiri, sebenarnya ada beberapa hal yang harus anda perhatian. Cara membuat hand sanitizer spray sendiri sebenarnya ada tiga hal penting yang harus anda sediakan diantaranya adalah aloe vera, alkohol dan essential oil. Karena bahannya memang sangat mudah untuk anda dapatkan, namun anda harus tetap berhati – hati pada saat membuatnya sendiri. 


Dan berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk membuat hand sanitizer spray :
Bahan 

  • Alkohol 70%
  • Aloevera
  • Essential oil
  • Siapkan botol kosong

Cara membuat Hand Sanitizer Spray

  • Anda bisa masukkan alkohol 70% dengan takaran 60ml, atau jika anda memiliki alkohol lebih dari 79% juga tidak masalah karena untuk alkohol yang lebih tinggi maka hand sanitizer akan bekerja jauh lebih baik
  • Masukkan aloe vera sekitar 70gram dan campurkan ke Alkohol
  • Lalu untuk memberikan aroma anda bisa masukkan 2 tetes essential oil 
  • Selanjutnya semua bahan anda bisa masukkan dalam satu wadah, harus anda aduk hingga tercampur rata. 
  • Jika dirasa sudah selesai. Maka anda bisa memasukkannya ke botol spray. 
  • Hand sanitizer ini sudah bisa anda gunakan dan anda semprotkan ke telapak tangan anda. dan bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menjaga kebersihan tangan anda. 

Cara menggunakan hand sanitizer dengan efektif

  • Semprotkan hand sanitizer spray ke telapak tangan anda 
  • Lalu anda bisa gosok sekitar 30 hingga 60 detik hingga tangan terasa kering. Karena dalam waktu 60 detik atau lebih lama sebenarnya sudah bisa membunuh kuman sebagian besar.
  • Anda sudah bisa menjalankan aktivitas anda

Memang sangat mudah dalam membuat hand sanitizer namun jika anda salah dalam memilih dan takaran dalam bahan hand sanitizer maka bisa saja ini akan menyebabkan anda tidak berhasil untuk membuatnya. Namun anda tak perlu khawatir karena sebenarnya hand sanitizer juga sudah banyak dijual, walaupun memang awalnya hand sanitizer mengalami kelangkaan dengan harga yang mahal. Namun untuk saat ini ada banyak yang sudah menjualnya, dan beberapa harga hand sanitizer di apotik jauh lebih murah. Sehingga tentu saja ini tidak akan memberatkan anda.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda