Cara Membuat Hand Sanitizer Spray di Rumah
Information
03 Dec 2020
Share

Disinfectant spray – silver ion jadi pilihan bijak untuk membunuh kuman dan bakteri pada permukaan benda mati. Namun, penggunaan disinfektan spray untuk badan tidaklah dianjurkan. Sebab desinfektan berisiko menyebabkan iritasi pada kulit. Sebagai gantinya, hand sanitizer bisa jadi pilihan bijak. 
Ada dua jenis hand sanitizer yang dapat digunakan untuk membunuh kuman di permukaan kulit. Yakni hand sanitizer bentuk gel dan spray. Nah ternyata, hand sanitizer bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut ini cara-cara membuat hand sanitizer spray di rumah. 


Cara Membuat Hand Sanitizer Spray
Untuk membuat hand sanitizer ada beberapa bahan yang harus disiapkan. Yaitu isopropil alkohol, gliserol atau gliserin, hidrogen peroksida, air distilasi, dan botol spray sebagai wadah. 

Cara pembuatannya pun mudah, yaitu dengan mencampurkan alkohol dan gliserol. Setelah itu tambahkan hidrogen peroksida dan air distilasi. Pada tahap ini perhatikan kadar alkohol yang digunakan. Apabila kadar alkohol lebih rendah dari 99%, maka air distilasi yang digunakan pun lebih sedikit. hidrogen peroksida inilah yang membantu membunuh kuman pada permukaan tangan. Jika prosesnya telah selesai, diamkan hand sanitizer minimal 72 jam sebelum digunakan.


Cara Membuat Desinfektan di Rumah
Selain hand sanitizer, desinfektan juga bisa dibuat sendiri di rumah. Disinfektan rumahan ini dapat digunakan untuk membunuh bakteri dan virus yang menempel di permukaan beda dalam rumah. Umumnya, desinfektan terdiri dari hidrogen peroksida, alkohol, ataupun campuran silver ion. Namun, untuk disinfektan spray ala rumahan bisa dibuat dengan menggunakan cairan pemutih pakaian.

Cairan pemutih pakaian yang digunakan memiliki kandungan natrium hipoklorit. Selain itu, pembersih karbol dengan kandungan benzalkonium klorida juga bisa digunakan untuk membuat desinfektan di rumah. 

Penggunaan cairan pemutih untuk desinfektan haruslah dicampur dengan air. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko iritasi pada kulit dan uap berbahaya dari cairan pemutih itu sendiri. Cairan pemutih sebanyak 30 ml dapat digunakan untuk air sebanyak 1 liter. 

Dengan kata lain, cairan pemutih dengan kadar 5% harus diencerkan menjadi 0.05%. Perbandingan yang digunakan adalah 1:100. 
Untuk membuat disinfektan, tuangkan cairan pemutih ke dalam botol kaca dan kemudian tambahkan dengan air bersih. Selama menambahkan air, aduk cairan tersebut hingga semuanya tercampur merata. Tahap selanjutnya, tutup rapat botol kaca dan kocok secara perlahan. Tujuannya supaya cairan pemutih dan air dapat bercampur sempurna. Jika sudah, masukkan cairan desinfektan ke dalam botol berukuran kecil agar lebih mudah digunakan. 

Demikianlah cara membuat hand sanitizer dan desinfektan spray di rumah. Ketika menggunakan desinfektan, gunakanlah masker dan sarung tangan sekali pakai untuk membersihkan permukaan beda. Hal ini berguna untuk menghindari paparan langsung dengan bakteri dan virus yang menempel pada benda. 

Larutan disinfektan spray dapat disemprotkan secara langsung ke permukaan benda yang nampak bersih. Namun, untuk benda dengan permukaan kotor, bersihkan terlebih dahulu dengan mencucinya menggunakan air panas dan sabun sebelum disemprot disinfektan.Jika sudah, lap permukaan benda tersebut sampai kering sebelum tersentuh tangan. Dengan begitu, tidak akan terjadi kontak langsung antara permukaan kulit dan cairan desinfektan.

Selain menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun, desinfektan penting untuk digunakan di rumah. Penggunaan desinfektan dapat membunuh virus dan bakteri, termasuk virus corona. Selain membuatnya sendiri, Anda bisa menggunakan desinfektan terbaik dengan kandungan silver ion untuk membunuh kuman yang menempel di permukaan benda. 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda