Cara Membuat Hand Sanitizer Spray dan Gel Sendiri di Rumah Secara Mudah !
Information
24 Nov 2020
Share

Kebiasaan mencuci tangan, setelah melakukan sebuah aktivitas adalah hal wajib yang harus dilakukan, Apalagi di tengah pandemi COVID – 19 seperti sekarang ini. Selain mencuci tangan menggunakan sabun, jika darurat, Anda juga dapat membersihkan tangan dan membasmi kuman dan virus yang ada di tangan menggunakan hand sanitizer.


Apa itu hand sanitizer
Apa itu hand sanitizer, ini adalah sebuah produk pembersih tangan yang mempunyai kemampuan antibakteri, guna membunuh atau menghambat bakteri atau virus patogen masuk ke dalam tubuh. Di pasaran saat ini, produk hand sanitizer atau disinfektan, dibagi menjadi 2 kategori produk, yaitu cairan yang dapat disemprot / spray dan gel, dengan cara dituang ke tangan.


Cara membuat hand sanitizer spray
Walaupun saat ini produk hand sanitizer di pasaran sudah cukup banyak, namun tidak banyak yang mengetahui, bahwa cara membuat hand sanitizer spray atau gel, tidak terlalu sulit. Bahkan bahan-bahan yang digunakan pun juga mudah untuk didapat. Untuk membuat desinfektan spray, bahan yang diperlukan adalah :

  • 1 2/3 cangkir 99% alkohol gosok / isopropil alkohol
  • 2 sdt gliserol / gliserin. Ini adalah bahan yang mampu menjaga kelembaban kulit.  
  • 1 sdm hidrogen peroksida / H2O2 (3-6%). Bahan ini digunakan untuk membunuh bakteri, virus atau kuman yang ada.
  • ¼ cangkir air distilasi
  • dan botol semprot.

Adapun cara membuatnya adalah, dengan mencampurkan alkohol dengan gliserol, kemudian tambahkan hidrogen peroksida dan air distilasi. Apabila kadar alkohol yang digunakan lebih rendah dari 99%, sebaiknya gunakan air distilasi hanya sedikit. Kemudian aduk rata, dan tuang ke dalam botol semprot.  


Cara membuat hand sanitizer gel  
Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer gel ini antara lain :

  • 1 cangkir 99% alkohol gosok / Isopropil Alkohol
  • ½ cangkir aloe vera / lidah buaya. Lidah buaya ini selain mempunyai efek menyembuhkan, luka, juga mampu menghaluskan kulit, akibat efek alkohol.
  • 15 tetes essential oil, kali ini Anda dapat menggunakan tea tree oil, lavender oil, dll. Jika tidak ada, tidak masalah, jika tidak digunakan. 

Adapun cara membuatnya adalah dengan memasukkan alkohol dalam mangkuk steril dan bersih, kemudian tambahkan gel lidah buaya, dengan perbandingan 2 : 1 untuk alkohol dan lidah buaya. Aduk rata, dan tambahkan essential oil, aduk kembali semua bahan yang ada, dan terakhir tuang ke dalam botol / kontainer.

Tips penting
Ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan ketika akan membuat hand sanitizer, yaitu :

  • Gunakan alkohol dengan kadar minimal 60%. Jika semakin tinggi kadarnya makan akan semakin baik. kadar 99%, mampu membunuh bakteri dan kuman dalam 60 detik. Atau Anda juga dapat menggunakan etanol dengan kandungan 90 – 95%, namun hindari penggunaan metanol atau butanol, karena kandungan racunnya yang berbahaya.
  • Ketika membuat hand sanitizer, sebaiknya gunakan bahan dan materi yang bersih.
  • Setelah produk selesai dibuat, sebaiknya tunggu minimal 72 jam sebelum produk digunakan. Hal ini penting, untuk membunuh berbagai macam virus atau bakteri yang ikut masuk, pada saat proses pembuatan berlangsung. 

Tentunya tidak sulit untuk membuat hand sanitizer sendiri di rumah. Jangan lupa, ketika menggunakan produk yang dimaksud, gosok tangan setidaknya 30 hingga 60 detik, atau hingga kering. Agar berbagai macam virus, kuman atau bakteri yang ada di tangan, terbunuh. Setelah itu, Anda dapat melakukan aktifitas lainya.  
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda