Cara membuat hand sanitizer Spray
Information
03 Dec 2020
Share

Di tengah masa pandemik Corona seperti saat ini kebersihan tangan perlu selalu dijaga, agar selalu dalam kondisi bersih dan bebas virus dan bakteri serta kuman penyakit. Hal ini karena tangan adalah bagian tubuh yang paling sering menyentuh berbagai benda dan lalu menyentuh bagian tubuh seperti wajah terutama hidung dan juga mulut sehingga sangat rawan menjadi media penularan virus Covid 19 yang menempel pada berbagai benda sekitar terutama pada berbagai benda publik seperti pintu atau tombol lift, pegangan tangga, meja, kursi dan lain sebagainya. Oleh karenanya maka dokter dan ahli medis menyarankan supaya sering-sering mencuci tangan, agar kondisi tangan selalu dalam kondisi bersih dan bebas dari kontaminasi kuman bakteri serta kuman penyakit  terutama bebas dari virus Covid 19. Namun tentunya hal tersebut cukup merepotkan terutama ketika sedang berada di luar rumah atau di perjalanan. Oleh karenanya hadirnya hand sanitizer atau juga silver ion akan sangat membantu.


Apa itu Hand sanitizer 
Hand sanitizer adalah gel atau cairan antiseptik yang digunakan untuk membersihkan bagian tubuh seperti tangan dari berbagai kontaminasi kotoran, bakteri, virus serta kuman penyakit yang menempel.

Pemakaiannya sangat praktis sehingga hanya cukup disemprotkan atau dioleskan pada tangan, lalu diratakan dan digosok-gosokkan maka tak perlu dibilas sudah bisa digunakan untuk membersihkan tangan  sebagai alternatif pengganti sabun dan air mengalir untuk mencuci dan membersihkan tangan selama jangka waktu minimal tertentu  hingga kuman bakteri dan virus yang ada mati.


Cara membuat hand sanitizer spray
Seiring dengan pemakaiannya yang meningkat juga tingkat permintaannya yang makin melonjak akhir-akhir ini maka stoknya pun semakin langka dan kalaupun ada maka harganya juga cukup mahal. Sehingga lalu ada yang berinisiatif untuk mencoba membuatnya sendiri. Hand sanitizer tersebut harusnya memiliki kandungan alkohol setidaknya 60%, sehingga cukup efektif untuk membunuh kuman, virus dan bakteri. Ada juga beberapa hand sanitizer yang tidak menggunakan alkohol atau hand sanitizer bebas alkohol, karena menggunakan bahan berupa benzalkonium chloride sebagai alternatif bahan zat aktifnya. Meski demikian harus dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai tingkat efektivitasnya dalam membersihkan bakteri, virus dan kuman. Berikut ini adalah cara membuat hand sanitizer semprot berdasarkan pada rujukan acuan ketentuan WHO dan juga BPOM. 


Bahan-bahan yang Diperlukan

  • Alkohol atau Etanol dengan kadar 60% atau lebih, semakin tinggi kadar alkoholnya semakin baik, dianjurkan 96% 
  • Gliserol dengan kadar 98%
  • Hidrogen Peroksida 3%
  • Cairan dari Air steril ataupun aquadest
  • Alat-alat yang Diperlukan
  • Gelas ukur 1000 ml, dan
  • Beaker glass, dan
  • Gelas ukur 50 ml, dan
  • Gelas ukur 25 ml, dan
  • Batang pengaduk, dan
  • Botol semprot bisa dalam ukuran 30 ml, atau 100 ml atau sesuai dengan kebutuhannya

 

Cara Membuatnya
Berikut ini cara atau langkah-langkah untuk membuatnya.

  1. Siapkan bahan-bahan serta peralatan untuk membuat hand sanitizer tersebut
  2. Siapkan gelas ukur berkapasitas 1000 ml
  3. Lalu masukan alkohol sebanyak 833,3 ml dengan kadar 96%.
  4. Kemudian tambahkan dengan gliserol sebanyak 14,5 ml kadar 98%, dan hidrogen peroksida atau (H202) sebanyak 41,7% dengan tingkat konsentrasi 3%.
  5. Lalu tambahkan dengan air yang direbus ataupun air steril hingga sebanyak 1000 ml
  6. Kemudian aduk hingga tercamour rata dan homogen
  7. Lalu pindahkan campuran ke dalam botol-botol semprot yang telah kering dan bersih, yang telah disediakan.
  8. Kemudian disimpan hingga selama kurang lebih 72 jam, guna memastikan bahwa tidak ada kontaminasi organisme yang berasal dari wadah botol.
  9. Selanjutnya maka Hand sanitizer pun sudah siap untuk digunakan.

Itulah cara untuk membuat hand sanitizer semprot.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda