Cara Memaksimalkan Penggunaan Masker Kain Shopee Selama Pandemi Corona
Product Tips
08 Jun 2020
Share

Penggunaan masker kain shopee sebenarnya sudah efektif bagi masyarakat untuk melindungi diri jika terpaksa keluar rumah selama masa pandemi corona. Meski tingkat pencegahan masuknya bakteri dan virus tidak setinggi masker N99, namun masker kain shopee masih mampu untuk menahan percikan air liur menyebar ke mana-mana ketika seseorang bersin dan batuk.


Memaksimalkan Masker Kain Shopee untuk Menangkal Penyebaran Virus

Supaya fungsi masker kain shopee lebih maksimal, masker haruslah dikenakan dengan benar. Menurut laman Health Sciences Authority yang dilansir dari Okezone, ada beberapa cara perawatan masker kain shopee agar lebih optimal menangkal bakteri dan virus ketika dipakai.

1.    Cuci tangan lebih dulu

Mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan masker kain shopee adalah langkah bijak yang bisa dilakukan. Mencuci tangan bisa dilakukan dengan sabun ataupun hand sanitizer.


2.    Pakai ukuran masker yang pas

Cara kedua agar penggunaan masker kain shopee maksimal adalah dengan memilih masker yang berukuran pas dengan wajah. Hindari memilih masker kain shopee yang kebesaran ataupun kekecilan.


3.    Hidung dan mulut harus tertutupi

Penggunaan masker kain shopee akan efektif ketika seluruh area mulut dan hidung tertutupi dengan benar. Selain itu, pastikan pula area bawah masker kain shopee dapat menutupi bagian dagu.


4.    Ikat tali dengan benar

Masker kain shopee haruslah digunakan dengan tepat, yaitu dengan mengikatkan kedua sisi tali bagian atas ke kepala.


5.    Jangan melepas masker saat batuk dan bersin

Ketika batuk dan bersin, droplet dapat menyebar ke mana-mana. Agar upaya menangkal penyebaran virus corona lebih maksimal, jangan melepas masker kain shopee ketika batuk dan bersin.


6.    Ganti masker jika kotor

Setelah pemakaian masker kain shopee haruslah dicuci. Oleh karenanya, gantilah masker kain shopee jika basah, kotor, rusak, atau pun tidak nyaman.


7.    Lepas masker dengan benar

Hal penting yang harus diperhatikan berikutnya adalah melepas masker kain shopee dengan benar. Saat melepas masker kain shopee pastikan memegang bagian tali. Hindarilah memegang bagian depan masker untuk meminimalkan risiko terkena paparan bakteri dan virus.


8.    Segera cuci masker

Jika sudah tidak digunakan, segeralah mencuci masker kain shopee dengan air hangat dan deterjen.


Penggunaan masker kain shopee jadi pilihan alternatif bagi masyarakat. Kendati demikian, pastikan untuk tetap menerapkan physical distancing, rajin mencuci tangan dengan sabun, menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang  kurang sehat, menggunakan masker ketika merawat orang flu, dan menghindari kerumunan.


Bila harus keluar untuk hal-hal mendesak, pastikanlah untuk memakai masker kain shopee dengan baik dan benar. Sementara itu, untuk Anda yang tidak memiliki kepentingan mendesak, berdiam diri di rumah adalah langkah terbaik untuk mencegah penularan virus corona.

 


Source:

https://www.okezone.com/tren/read/2020/04/07/620/2195752/8-cara-pemakaian-masker-kain-agar-nggak-sia-sia

https://www.liputan6.com/bola/read/4219784/5-langkah-maksimalkan-masker-kain-saat-pandemi-corona-covid-19#

https://health.grid.id/read/352013703/tidak-semua-masker-bisa-mencegah-infeksi-virus-tak-terkecuali-corona-perhatian-kode-dan-bahannya?page=all
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda