Cara Memakai Masker Kesehatan yang Benar
Product Tips
08 Jun 2020
Share

Apakah Anda sudah mengetahui cara memakai masker kesehatan yang benar? Bahaya pandemi Covid-19 masih mengancam. Jumlah kasus positif terus naik setiap harinya. Sebenarnya kita tidak perlu takut jika kita melakukan tindakan pencegahan virus Corona dengan tertib.


Salah satu cara pencegahan Corona adalah dengan menggunakan masker yang sudah dianjurkan oleh pakar kesehatan dan pemerintah. Namun, agar cara ini efektif, tentu saja kita harus memakai masker dengan cara yang benar. Beginilah pemakaian masker yang tepat.


Pentingnya Menggunakan Masker

Baik pemerintah Indonesia maupun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar kita menggunakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19. Tidak hanya orang yang sakit atau kurang enak badan saja yang disarankan untuk menggunakan masker. Semua orang harus mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.


Hal ini disebabkan karena virus Corona menular melalui cairan. Penularan bisa terjadi karena percikan air liur saat orang yang sakit bersin, batuk, atau berbicara.


Mengapa kita perlu memakai masker walaupun merasa sehat? Penelitian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan bahwa banyak orang yang positif Covid-19 tidak menunjukkan gejala (asimptomatik). Bahkan, orang yang positif Corona tetapi belum menunjukkan gejala apa pun, bisa menularkan virus ke orang lain sebelum menunjukkan gejala.


Karena itulah WHO menyarankan agar semua orang menggunakan masker. Selain untuk melindungi diri dari virus, masker juga dapat melindungi orang lain seandainya kita sudah terpapar virus tetapi tidak atau belum menunjukkan gejala. WHO juga menyarankan supaya penggunaan masker dilakukan dengan mencuci tangan dengan hand sanitizer atau air dan sabun sebelum makan atau memegang wajah.


Masker Kesehatan yang Efektif

Nah, kita sudah tahu pentingnya menggunakan masker. Tapi, masker seperti apa yang perlu kita pakai? Ada banyak jenis masker yang beredar, sebagai contoh masker N95, masker kain, dan masker bedah atau surgical mask.


Berdasarkan penelitian, masker yang paling efektif menghalau penyakit adalah masker kesehatan N95 dan N99. Jenis masker ini disebut juga sebagai respirator. Tidak heran masker ini lebih diutamakan untuk petugas medis yang langsung menangani Covid-19.
 
1.    Masker N95

Masker N95 biasanya digunakan oleh orang-orang yang bekerja di sekitar zat berbahaya, misalnya pemadam kebakaran atau petugas yang menangani zat kimia beracun.
Kelebihan masker N95 adalah masker ini mampu menyaring 95% partikel di udara, termasuk virus. Karena itulah masker ini dianggap lebih efektif menghalau virus dibandingkan dengan masker kain atau masker bedah.

Selain itu, masker ini dapat digunakan hingga lima kali sebelum dibuang. Namun filter masker harus diganti secara berkala agar tetap efektif.
Karena efektivitasnya, harga masker N95 jual jauh lebih mahal dibandingkan masker lainnya. Apalagi masker ini sekarang banyak diminati sejak terjadinya pandemi. Harga normalnya yaitu Rp 6.000,00 sampai Rp 10.000,00 per buah. Tetapi sejak terjadinya Covid-19, harga jual  masker N95 di Bali bisa mencapai lebih dari Rp 50.000,00 per buah, terutama di e-commerce.

Wabah virus Corona juga menyebabkan kesulitan menemukan tempat jual masker N95. Jika Anda mencari masker N95 Medan di toko peralatan medis, kemungkinan akan sulit mendapatkannya. Namun Anda masih bisa mencarinya di online shop.

Kekurangan lain dari masker N95 adalah bisa membuat Anda susah bernapas. Memang masker ini didesain untuk dipakai cukup lama, namun penggunaannya kurang nyaman. Tetapi, terutama untuk Anda yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma, sebaiknya tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang.

2.    Masker N99

Selain masker N95, ada yang lebih efektif yaitu masker N99. Seperti namanya, masker N99 dapat menyaring 99% partikel di udara.
Masker ini memiliki tiga lapis filter. Filter yang pertama untuk menyaring partikel besar dan kasar, contohnya pasir atau debu. Filter lapisan kedua menyaring partikel yang lebih kecil. Sedangkan lapisan paling dalam terbuat dari karbon aktif. Lapisan ketiga ini dapat menghalangi gas seperti bau busuk atau senyawa organik.

Masker ini juga dapat digunakan lebih dari sekali. Namun, Anda harus rutin mengganti filternya. Karena itu, Anda perlu membeli masker N99 refill filter.
Harga masker N99 jual lebih mahal dibandingkan dengan harga masker N95 karena kelebihannya. Harga normal masker N99 Surabaya adalah sekitar Rp 20.000,00 per satuan. Harga ini tentunya sekarang sudah naik dengan adanya wabah.

Sama seperti masker N95, masker N99 juga cukup langka di pasaran. Namun Anda masih bisa mencari masker N99 Shopee atau situs e-commerce lainnya.


Cara Memakai Masker Kesehatan yang Benar

Selain menggunakan masker yang tepat, kita juga harus memakainya dengan benar. Percuma memiliki masker N95 dan N99 yang efektif jika kita tidak tahu cara menggunakannya. Berikut adalah cara memakai masker yang benar.

  1. Pertama-tama, bersihkan tangan dengan hand sanitizer atau cuci tangan dengan air dan sabun sebelum mengenakan masker.
  2. Buka kemasan dan keluarkan masker. Cek masker untuk memastikan bahwa tidak ada lubang pada masker.
  3. Letakkan masker pada telapak tangan dengan tali pengait ke arah lantai. Permukaan masker yang kasar adalah sisi luar, sedangkan yang lebih halus untuk bagian dalam.
  4. Kenakan masker.
  5. Pasang tali pengait bagian atas dan pasang di belakang kepala.
  6. Tarik masker ke bawah agar bagian mulut dan dagu tertutup.
  7. Ikat tali bagian bawah di belakang leher Anda.
  8. Perhatikan lipatan pada masker. Tekuk bagian kawat sesuai dengan bentuk hidung Anda. Pastikan bahwa tidak ada celah antara wajah Anda dengan masker.
  9. Cek bahwa semua tali pengait terpasang kencang dan masker menutup bagian hidung, mulut, dan dagu sepenuhnya.
  10. Tempelkan kedua tangan di atas masker, namun jangan menekan masker. Tarik napas dalam-dalam.
  11. Jika seluruh permukaan masker tertarik ke wajah Anda, berarti masker sudah terpasang dengan benar. Jika tidak, ulangi cara pemakaian dari awal sampai masker terpasang sempurna.
  12. Masker harus dikenakan dalam jarak minimal 2 meter dari orang yang sakit.
  13. Jangan menyentuh masker selama menggunakannya, terutama bagian depan yang sudah terkontaminasi. Jika Anda menyentuh masker, segera bersihkan tangan dengan hand sanitizer atau cuci tangan dengan air dan sabun.
  14. Segera lepas masker jika Anda mengalami gangguan pernapasan, sakit kepala, pusing, atau mual dan cari udara segar.
  15. Ganti masker dan filter masker secara berkala.
  16. Untuk melepaskan masker, lepaskan dari belakang. Jangan menyentuh bagian depan masker.
  17. Setelah melepaskan masker, cuci tangan dengan air atau sabun atau bersihkan dengan hand sanitizer.
  18. Segera buang masker yang sudah tidak dipakai.


Demikianlah informasi mengenai masker kesehatan N95 dan N99 serta cara memakainya dengan benar. Semoga pengetahuan tentang cara memakai masker kesehatan ini dapat membantu Anda dan keluarga melindungi diri dari bahaya Covid-19.


Sumber:

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-Coronavirus-2019/advice-for-public/when-and-how-to-use-masks?gclid=Cj0KCQjwzZj2BRDVARIsABs3l9KX-1Qz54RtIY19aWzfbkjX5RV8GU_4VU-nTr7a0DUc7NxTgHKiEtwaAkBxEALw_wcB

https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/COVID-19/TENTANG%20NOVEL%20CORONAVIRUS.pdf

https://www.cdc.gov/niosh/docs/2010-133/pdfs/2010-133.pdf
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda