Berikut Fakta Unik Lampu UVC Yang Perlu Anda Ketahui
Information
20 Nov 2020
Share

Tahukah anda bahwa keberadaan lampu UVC saat ini sudah semakin populer setelah dr. Reisa yang merupakan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru telah merekomendasikan lampu ini sebagai salah satu cara dalam mencegah penyebaran Covid-19 di dalam ruangan. Namun tahukah anda apa-apa saja fakta unik lampu UVC? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.


Ternyata sinar UVC sudah digunakan selama 40 tahun sebagai disinfektan
International Ultraviolet Association memaparkan bahwa sinar UVC ini sudah digunakan sebagai disinfektan dalam membersihkan air limbah, produk farmasi, hingga air limbah selama 40 tahun lebih. Dalam uji coba yang telah dilakukan selama ratusan kali baik kepada virus dan bakteri, ternyata bakteri dan virus tersebut merespon ketika disinfeksi dengan UV. Bahkan beberapa organisme lebih rentan terhadap UVC daripada organisme yang lainnya, dengan begitu bisa dihancurkan.  


Mirip seperti suhu tubuh manusia
Lampu UVC LED telah dilengkapi dengan lapisan yang dapat menghasilkan karbon dioksida dari proses katalitik, sehingga membuatnya cukup mirip seperti suhu tubuh manusia. Tidak hanya itu saja, teknologi ini juga mempunyai kombinasi cahaya khusus yang telah diatur dalam jangkauan visual, sehingga sangat efektif untuk mencegah virus. 


Sangat aman digunakan di ruangan yang kosong
Tahukah anda bahwa peneliti menyebut jika UVC sangat aman digunakan di ruang publik dalam keadaan yang kosong, misalnya saja di pesawat, kereta api, bus, rumah sakit, stasiun kereta api, restoran, sekolah, bioskop, gym, kantor, dan berbagai tempat tertutup lainnya.


Dapat membunuh virus dengan waktu yang singkat
Dalam sebuah studi yang dipublikasikan Scientific Reports disebutkan jika peneliti telah menemukan bahwa lebih dari 99,9 persen virus mati ketika terpapar oleh UVC (ketika dengan tingkat yang rendah). Tidak hanya itu saja, peneliti pun memperkirakan jika disinfektan ruangan dengan UVC yang dilakukan secara terus menerus ternyata bisa membunuh virus 90 persen yang ada di udara dengan waktu 8 menit saja, sedangkan 95 persen virus akan mati dengan waktu 11 menit, dalam waktu 16 menit virus mati sebanyak 99 persen, hingga 99,9 persen virus akan mati dengan waktu 25 menit. Nah, jika sudah seperti ini maka tidak ada salahnya memanfaatkan sinar UVC untuk corona yang bisa diletakkan di dalam ruangan.


Bisa mengurangi penyebaran penyakit yang mematikan
Tentunya lampu UVC dapat mengurangi penyebaran penyakit yang mematikan, bahkan memiliki kemungkinan dalam memusnahkan penyakit tersebut. Tidak hanya itu saja, cahaya UVC ini juga mempunyai panjang gelombang lebih pendek daripada dengan cahaya kasat mata, dengan begitu sangat efisien untuk mencegah mikroorganisme dan bakteri dalam berkembangbiak.


Mampu untuk mensterilkan benda yang ada disekitarnya
Selain dapat mengurangi penyakit yang mematikan, ternyata lampu UVC dapat digunakan juga dalam pengolahan limbah dan air minum, pengolahan jus sayuran dan jus buah, sebagai penjernih udara, hingga gawai-gawai rumahan yang digunakan dalam mensterilkan berbagai hal dari mulai mainan anak hingga sikat gigi. 

Nah, sudah tahu kan berbagai fakta unik dari lampu UVC ini? Walaupun begitu anda juga perlu menyesuaikan sesuai standar saat penggunaan UVC supaya aman digunakan. Hal ini dikarenakan sinar UVC ini lebih kuat daripada sinar matahari normal. Ketika tidak berhati-hati dan tidak sesuai dengan standar operasional, maka hal ini bisa membuat kulit terbakar. Yang paling penting adalah pilihlah produk lampu UVC terbaik.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda