Benarkah Lampu UVC Mampu Atasi Virus Corona?
Information
25 Nov 2020
Share

Lampu UVC belakangan sering dibicarakan seiring berhembusnya kabar bahwa jenis lampu yang satu ini disinyalir mampu mengatasi corona. Benarkah demikian?


Fakta Mengenai Lampu UVC
Sejak kemunculan virus corona, dunia dibuat pusing dengan cara untuk mengatasinya. Apalagi sudah sekian bulan, jumlah korban yang positif dan meninggal akibat virus corona ini masih terjadi. Tentunya hal seperti ini menjadi polemik tersendiri mengingat banyak kerugian yang dialami oleh berbagai negara di seluruh penjuru dunia.
Kabar tentang Lampu UVC yang dinyatakan mampu menjadi solusi untuk membunuh virus corona memang bukan main – main. Buktinya di berbagai negara bahkan sudah menerapkan lampu UVC led di berbagai sektor sebagai salah satu upaya untuk mencegah terpapar virus corona tersebut. Lalu sebenarnya apakah Lampu UVC ini? Berikut adalah beberapa faktanya.

  • Memiliki Sifat yang Mirip Dengan Tubuh Manusia

Fakta pertama mengenai lampu berjenis UVC adalah dimana lampu ini mampu karbondioksida yang mana sifatnya sangat mirip dengan tubuh manusia. Akibatnya adalah sinar dari lampu ini mampu membunuh berbagai virus dan bakteri yang ada didalam maupun sekitarnya.

  • Mampu Mensterilkan Benda Mati

Sebenarnya penggunaan sinar UVC sudah lama dilakukan. Akan tetapi penerapannya hanya berfokus pada benda – benda mati, air, udara maupun ruangan kosong. Sifatnya mampu membunuh virus sehingga suatu tempat bisa lebih steril dan terbebas dari virus maupun kuman.

  • Mampu Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus

Karena UVC ini mampu mengecoh DNA dan merusak alat vital virus maka secara otomatis akan membunuh virus atau bakteri tersebut sehingga bisa dengan cepat memutus mata rantai penyebarannya. 

Jika dilihat dari ketiga pernyataan diatas, maka rasanya tak mengherankan jika UVC digadang – gadang sebagai solusi paling baik untuk mengatasi corona sejauh ini.


Dapatkah Lampu UVC Cegah Corona?
Anggapan bahwa Lampu UVC mampu atasi corona memang sudah mendunia. Mungkin hal inilah yang menjadi alasan mengapa hampir seluruh negara di dunia ini berlomba – lomba untuk menciptakan dan memanfaatkan lampu uvc terbaik dengan harapan bisa memutus persebaran Covid – 19 yang sudah sangat meresahkan ini. Lalu sebenarnya apakah benar bahwa UVC bisa membunuh virus corona?

Jika yang dipertanyakan adalah mengenai kemampuan UVC dalam membunuh virus, maka jawabannya adalah YA. Hal ini karena lampu uvc adalah lampu yang mengandung sinar ultraviolet yang mana sinar inilah mampu mengganggu alat vital si virus sehingga virus tersebut tidak dapat tumbuh atau berkembang biak.

Kesimpulannya tentu dengan sinar ultraviolet inilah virus akan terbunuh dengan mudah.
Penerapan UVC juga harus dilakukan dengan tepat. Biasanya akan diterapkan pada benda – benda mati atau sebuah ruangan. Jika diterapkan secara langsung pada manusia tentu akan berbahaya. Bisa merusak jaringan kulit dan yang terburuk adalah dapat memicu adanya kanker.

Sifat sinar UV sangatlah jahat. Jika terpapar melalui sinar matahari, mungkin butuh beberapa jam. Namun jika tubuh manusia terpapar lampu yang mengandung UVC maka hanya butuh beberapa detik saja sampai akhirnya terbakar. Sehingga bisa dibayangkan betapa bahayanya sinar ini bagi tubuh manusia.

Biasanya seseorang yang sakit akan dianjurkan untuk berjemur karena sinar matahari dipercaya mampu menyehatkan tubuh. Hanya saja tetap disarankan untuk memilih waktu yang tepat yaitu antara jam 7 – 8 pagi disaat sinar matahari sedang hangat – hangatnya. Sedangkan di saat jam sudah melebih pukul 9 maka matahari sudah mulai terik sehingga justru buruk bagi kulit.

Berjemur agar terpapar sinar matahari mungkin bisa menyehatkan tubuh, hanya saja apakah sinar UV bisa mengatasi corona? Sebenarnya masih terlalu dini untuk menyimpulkan karena tentunya masih butuh penelitian lebih lanjut mengenai virus corona ini, bagaimana siklus hidupnya dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya. Sehingga mengenai Lampu UVC yang diklaim mampu mengatasi virus corona, agaknya masih perlu penelitian lebih lanjut lagi.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda