Begini Cara Memilih Air Purifier Mobil Terbaik
Information
23 Nov 2020
Share

Air purifier adalah salah satu cara menjaga udara dalam mobil tetap bersih dan segar. Alat ini membuat sirkulasi udara lebih baik, apalagi jika Anda suka merokok di dalam mobil. Ada banyak merk pembersih udara yang beredar di pasaran. Simak 5 cara berikut untuk memilih pemurni udara yang terbaik untuk Anda.

1.    Pilih Tipe yang Sesuai

Pada umumnya ada dua tipe pemurni udara, yaitu tipe filter dan tipe penghasil ion. Keduanya memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda. Ada juga produk yang menggunakan filter dan penghasil ion sekaligus, tetapi masih langka di Indonesia. Pembersih udara tipe ion dapat menghilangkan bau tidak sedap yang terdapat di udara. Maka, jenis ini sering digunakan oleh orang-orang yang sering merokok di mobil. Produk ini juga dapat membersihkan udara dari jamur, bakteri, dan debu di udara.

Sedangkan tipe filter mampu menyingkirkan partikel serta polutan yang ada di udara. Udara yang berbau dibersihkan menggunakan filter, dan udara bersih dihembuskan keluar. Bagi Anda yang memiliki pernapasan yang sensitif, atau anggota keluarga dengan penyakit pernapasan, produk ini tentunya sesuai.
Namun kemampuan produk berbeda sesuai dengan spesifikasinya. Jadi, cek tipe filter yang digunakan. Anda juga harus mengetahui masa pakai filter dan kapan filter harus diganti. 

2.    Kenali Cara Pemasangannya

Ada berbagai jenis produk pemurni udara mobil dengan cara pemasangan yang berbeda-beda. Cara pemasangan menentukan tempat di mana alat ini harus dipasang. Jadi, sesuaikan alat dengan interior mobil Anda. Ada produk pembersih udara yang dipasang langsung ke soket rokok atau AC sehingga tidak makan tempat. Selain itu, ada yang bisa ditaruh di cup holder. Produk ini mudah dilepas dan dipasang di mana saja.

Kalau Anda mempunyai mobil dengan interior yang leluasa dan ingin udara yang benar-benar bersih, purifier tipe stasioner bisa menjadi pilihan. Ukurannya cukup besar dan harganya pun lebih mahal. Tetapi, alat ini lebih efektif untuk membersihkan udara dibandingkan dengan yang portable. Anda bisa menempatkannya pada headrest atau bagian lantai mobil.

3.    Cek Catu Daya

Ada tiga tipe pembersih udara berdasarkan jenis catu daya atau power supply. Ada yang menggunakan power supply dari soket rokok, micro USB, maupun panel surya.
Air purifier yang menggunakan soket rokok dan micro USB sebagai catu daya cocok kalau Anda mencari alat yang fleksibel dan bisa digunakan di mana saja. Bahkan alat yang menggunakan port micro USB bisa dihubungkan ke laptop atau power bank. Sedangkan produk yang menggunakan solar cell memiliki kapasitas baterai yang tahan lama walaupun kurang praktis. Sayangnya, jenis ini masih jarang ditemukan di Indonesia.

4. Pilih yang Minim Bersuara

Ada jenis pembersih udara dalam mobil yang mengeluarkan suara saat dihidupkan dan ada yang tidak. Kadang, suara yang dikeluarkan ini bisa mengganggu. Sebelum membeli, pastikan dulu bahwa Anda tidak terganggu dengan suaranya. Jika perlu, cari yang tidak mengeluarkan bunyi.

5. Sesuaikan dengan Budget

Terakhir, jangan lupakan budget yang Anda miliki. Memang pembersih udara dengan harga yang lebih tinggi cenderung memiliki kualitas yang juga lebih baik. Tetapi, dengan harga yang ekonomis pun masih ada banyak produk yang bermutu di pasaran.

Demikianlah 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memilih air purifier yang terbaik untuk mobil Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda