Bagaimana Sih Cara Membersihkan Udara Dalam Ruangan?
Information
20 Nov 2020
Share

Kita tentunya tidak bisa menjamin apakah  kualitas udara dalam suatu ruangan dapat dikatakan baik. Padahal udara yang kualitasnya baik akan berdampak baik juga untuk tubuh kita dan begitu pula dengan sebaliknya. Maka dari itu, banyak orang yang pada akhirnya mencari cara membersihkan udara dalam ruangan yang efektif dan dapat berlangsung setiap saatnya secara otomatis tanpa perlu melakukannya secara manual.

Nah, sebenarnya cara membersihkan udara dalam ruangan sendiri ada banyak caranya. Dengan membersihkan, kualitas ruangan juga bisa menjadi lebih baik sehingga kesehatanpun juga demikian. Nah, kali ini, Saya ingin membahas mengenai bagaimana cara membersihkan udara dalam ruangan supaya Anda dapat dengan nyaman tinggal dan beraktivitas dalam ruangan tersebut.


Memasang Ventilasi
Pertama, cara yang dapat Anda lakukan agar membuat udara ruangan tetap bersih adalah dengan menggunakan ventilasi yang aktif. Ventilasi yang aktif dan baik ini ditandai dengan adanya 1 – 2 ventilasi pada ruangan tertentu dengan bergantung pada luas ruangan yang hendak dipasangi ventilasi tersebut. Ventilasi aktif ini bisa dengan menggunakan exhaust fan yang memang memiliki fungsi untuk menjaga sirkulasi udara yang masuk dan keluar agar udara di dalam suatu ruangan dapat tetap berjalan dengan baik. Sebenarnya, ventilasi exhaust fan ini memiliki fungsi yang sama dengan AC hanya saja dengan biaya yang lebih ekonomis dan lebih hemat listrik dibandingkan dengan penggunaan AC.

Iya, jangan sampai membuat exhaust fan Anda ditumpuk dengan banyak debu sebab, jika demikian, yang ada malah membuat kualitas udara semakin buruk. Coba bayangkan, bukankah debu yang menumpuk tersebut bisa kembali tersebar di ruangan dan membuat ruangan Anda menjadi tambah kotor? Untuk itu, Anda juga harus rajin – rajin dalam membersihkan exhaust fan agar kualitas udara Anda juga tetap bersih.


Membuka Jendela Ruangan
Selanjutnya, Anda juga bisa membersihkan udara suatu ruangan dengan cara mudah yakni dengan membuka pintu atau jendela yang ada di ruangan tersebut. Terutama saat memasuki waktu – waktu pagi dan juga sore hari, guna melakukan sirkulasi udara yang lebih segar dari luar ruangan tersebut. Dengan Anda membuka jendela, Anda juga bisa meminimalisir adanya kelembaban udara yang ada di kamar yang tentunya juga memiliki efek samping bagi kesehatan pernafasan Anda.

Tak hanya bermanfaat untuk memperbaiki kualitas udara, membuka jendela ruangan juga dapat membiarkan sinar matahari yang baik dengan kandungan vitamin D3 nya masuk ke dalam ruangan dan menyinari ruangan Anda. Anda juga bisa sekaligus menghemat pengeluaran listrik dengan mengganti lampu dengan cahaya matahari.


Menggunakan Air Purifier
Terakhir, yang mungkin bisa dilakukan untuk membersihkan dan memperbaiki kualitas udara suatu ruangan adalah dengan menggunakan alat filter udara ruangan alias air purifier. Air purifier sendiri memang dianggap sebagai alat yang sangat efektif untuk membersihkan kotoran baik itu debu, virus, dan bakteri yang tak terlihat untuk kemudian dibuang atau dihancurkan agar kualitas udara di dalam suatu ruangan tetap baik. Air purifier ini juga sangat cocok digunakan untuk ruangan – ruangan yang memang selalu terpapar kotoran atau asap yang tentunya mengganggu orang – orang yang ada di dalamnya. Jenisnya pun sangat banyak sehingga Anda dapat dengan mudah menyesuaikan dengan apa yang Anda inginkan dan butuhkan.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai bagaimana cara membersihkan udara ruangan. Semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi untuk Anda kedepannya ya!
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda