Bagaimana Memilih Hand Sanitizer Secara Tepat dan Aman
Information
25 Nov 2020
Share

Mudah ditemukannya produk hand sanitizer di pasaran, terutama kala merebaknya pandemi Covid 19 seperti sekarang ini. Pastinya akan membuat Anda merasa lega, karena mudahnya menemukan produk untuk mensterilkan tangan tersebut. Tapi produk yang ada, tidak selalu baik untuk Anda. Penggunaan secara terus menerus, dapat membuat kulit jadi kering, dan kasar, untuk mengatasi hal seperti ini, Anda perlu mencari hand sanitizer yang tepat dan aman untuk digunakan, seperti :

1. Perhatikan kandungan bahan di dalamnya

Hal pertama yang harus Anda lakukan, ketika memilih hand sanitizer yang bagus, adalah cek kandungan bahan yang ada di dalam produk itu sendiri. Rata-rata kandungan dalam produk hand sanitizer ini adalah alkohol, etanol, atau ada juga yang menggunakan bahan lainnya. Kali ini cek, apakah Anda mempunyai reaksi alergi terhadap bahan yang dimaksud.

Penggunaan alkohol untuk hand sanitizer ini umumnya  sekitar 60 hingga 90%, karena ini adalah kadar yang mampu mematikan bakteri atau kuman yang ada, walau memang tidak semua bakteri atau kuman mati menggunakan produk yang dimaksud ! Umumnya kandungan tersebut banyak Anda temukan di hand sanitizer rumah sakit.

2. Pilih bahan organik dan natural

Diantara berbagai macam kandungan yang ada pada produk hand sanitizer, sebaiknya pilih yang menggunakan bahan organik atau bahan natural, seperti camomile, aloe vera, daun sirih, dan yang lainnya. Tidak hanya mampu membasmi kuman, namun juga aman untuk kulit Anda.  Produk seperti ini juga aman digunakan oleh anak-anak.

3. Pilih yang mempunyai kandungan pelembab

Dalam memilih produk pelembab, sebaiknya pilih yang mengandung pelembab, seperti aloe vera, dan yang lainnya. Umumnya, sering mencuci tangan atau terlalu sering menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol tinggi akan membuat kulit mudah sekali kering. Hal seperti ini juga kurang baik untuk kesehatan kulit. Karena bisa jadi pintu masuk virus dan kuman masuk ke dalam kulit.

Saat ini produk antiseptik hand sanitizer banyak yang sudah dilengkapi dengan pelembab. Jadi selain mampu mengatasi virus, bakteri atau juga kuman, juga mampu melembabkan dan merawat kulit dengan baik.

4. Perhatikan aturan pakainya

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah aturan pakai. Kali ini Anda perlu memperhatikan aturan pakai pada produk tersebut ! Misalnya saja ketika digunakan, Anda harus menggosok tangan, dan biarkan hingga produk meresap kedalam kulit, dan kering, dan yang lainnya.
Walaupun Anda sering memegang benda, atau keluar masuk suatu ruangan, bukan berarti Anda harus terus menerus menggunakan hand sanitizer. Perlu diingat, bahwa produk ini, adalah alternatif untuk membersihkan tangan. Karena untuk membersihkan tangan, sebaiknya menggunakan sabun. Penggunaan yang berlebih, akan membuat dampak tersendiri untuk kulit Anda.

5. Perhatikan tekstur produk

Umumnya tekstur produk hand sanitizer yang ada saat ini ada 2 macam, yaitu gel dan liquid. Gel sendiri umumnya disimpan dalam botol. Sedangkan untuk liquid dikemas dalam bentuk spray. Untuk liquid, karena bentuknya cairan, maka kandungannya mudah meresap ke dalam kulit. Sedangkan untuk gel, ada yang teksturnya ringan dan ada juga yang lengket. Ringan maksudnya mudah meresap ke dalam kullit, sedangkan lengket, maka butuh waktu lebih lama untuk masuk dan meresap kedalam kulit. Perhatikan hal tersebut, dan pilih produk yang dinilai tepat, dan sesuai kebutuhan Anda.

Walaupun terlihat mudah, namun Anda harus bijak dan teliti dalam memilih produk hand sanitizer yang ada di pasaran. Hasilnya selain mampu mengatasi masuknya virus, bakteri atau juga kuman ke dalam tubuh, juga mampu menjaga kesehatan kulit tangan itu sendiri.  
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda