Bagaimana Cara Memaksimalkan Penggunaan Penyaring Udara?
Information
25 Nov 2020
Share

Alat penyaring udara banyak diidolakan sebagai perangkat anti bakteri dan virus. Di masa pandemi 2020, banyak orang berusaha mempertebal proteksi diri dari masalah penyakit. Jika dengan alat air purifier, resiko tertular penyakit makin rendah, tentu saja banyak orang tertarik membelinya. Walaupun begitu Anda jangan terlalu mengidolakan alat ini sebagai tameng yang efektif. Alat ini tidak sepenuhnya dapat membersihkan bakteri dan virus di udara 100%.

Untuk mencapai rating pembersihan yang tinggi, banyak cara harus dilakukan untuk membantu proses-nya. Cara memaksimalkan kinerja pembersih udara adalah sebagai berikut:


Pilih Model Alat yang Sesuai dengan Tujuan Penggunaan
Setiap alat pembersih udara tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Alat yang paling mahal pasti mampu membersihkan banyak hal negatif di udara. Sedangkan yang harganya murah biasanya hanya terbatas fungsinya.

Bentuk dan model dari alat sendiri membuat kinerjanya berbeda – beda. Ada yang khusus mengurangi debu di udara dan ada juga yang membantu menyaring asap. Untuk rumah, memilih alat yang serba bisa akan lebih baik. Tapi jika Anda ingin menggunakannya untuk tujuan tertentu, pastikan memilih yang sesuai.  Contoh saja memilih alat yang khusus menyaring asap karena di rumah Anda ada perokok berat. Hal ini tentu perlu alat yang spesial dan ahli menangani asap rokok.


Pastikan Ruangan Tertutup Saat Menggunakan Alat
Jika ingin memaksimalkan fungsi alat, jangan biarkan udara di ruangan keluar masuk mudah. Bagi yang sudah memiliki ruangan ber-AC, fungsi penyaring udara akan lebih maksimal di sini. Ruangan ber-AC pasti tertutup, karena air flow tidak terlalu bebas, udara bisa efektif dibersihkan lebih cepat.

Saat ruangan dibuka dan air flow berjalan, lebih baik alat penyaring dimatikan dulu. Hal ini memastikan agar fungsi filter dari alat tidak terbuang percuma dengan udara yang terus masuk dari luar ruangan. Jika sudah ditutup kembali, barulah alat difungsikan kembali.


Usahakan Selalu Rutin Membersihkan Ruangan
Walaupun udara di ruangan selalu dibersihkan oleh alat ini, Anda tentu tetap harus rajin membersihkan ruangan. Jika ruangan dibiarkan kotor dengan sampah, remah makanan, jamur dan sisa rokok, tentu saja kualitas udara bisa tidak baik.

Menggunakan pembersih udara terbaik, tidak menjamin ruangan Anda sehat jika tidak dibersihkan. Maksimalkan fungsi filter dari alat ini dengan memastikan sampah dan kotoran lain tidak menumpuk. Selama melakukan hal ini, fungsi alat akan makin baik.


Rutin Melakukan Maintenance Pada Penyaring Udara
Selain membersihkan ruangan tempat air purifier diletakan, Anda juga wajib sering membersihkan alat penyaring udara itu sendiri. Saat melakukan tugasnya, filter pada alat ini bisa menampung banyak kotoran. Jika tidak dibersihkan dengan rutin, tentu saja keefektifan alat bisa turun.

Untuk alat penetral udara ruangan bekerja baik, semua partnya harus dijaga. Contoh saja saat membersihkan udara dari debu, filter pada alat tentu akan menampung debu yang ditangkap. Jika tidak dibersihkan, debu ini akan terus menumpuk dan bahkan membuat udara yang dikeluarkan ikut kotor. Paling tidak bersihkan filter tersebut 2 minggu sekali untuk menjaga kondisinya.


Ganti Part Filter Paling Tidak Setelah 4 Tahun Penggunaan
Cara terakhir untuk memaksimalkan fungsi air purifier adalah melakukan penggantian parts minimal 4 tahun sekali. Parts yang harus diganti ini adalah filternya. Beberapa produk air purifier menggunakan banyak filter khusus untuk menjaring banyak hal sekaligus. Filter yang sudah tua biasanya sudah tidak efektif menyingkirkan particle buruk di udara. Jadi, untuk memaksimalkan kemampuannya, Anda harus mengganti parts ini.

Sekian bahasan cara – cara memaksimalkan penggunaan penyaring udara demi kesehatan Anda. Mudah – mudahan bahasan ini bisa berguna bagi Anda sekalian. Terima kasih sudah membaca artikel ini!
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda