Apakah Efektif Melawan Virus Dengan Alat Air Purifier?
Information
24 Nov 2020
Share

Pada awal tahun 2020, pandemi Covid-19 melanda dunia. Karena masalah virus ini, banyak orang makin mengutamakan kebersihan. Salah satu tindakan yang dipilih untuk melawan virus ini adalah membeli air purifier. Banyak orang beranggapan bahwa droplet – droplet yang ada di udara bisa membawa virus Covid. Karena itu, penggunaan penyaring ini pasti efektif.

Tapi dari beberapa bahasan, banyak pihak merasa penggunaan alat ini tidak terlalu berpengaruh. Droplet yang membawa virus biasanya jatuh ke benda – benda dan tidak lama berada di udara. Covid sendiri tidak menyebar melalui udara langsung tapi lewat droplet. Mana penjelasan yang benar?


Virus dan Bakteri Bisa Dibersihkan dengan Alat Penyaring Udara
Pada dasarnya, alat filter udara memang bisa menghilangkan virus dan penyakit yang ada di udara. Hal ini karena kinerja alat yang menghisap udara dan membuatnya mengalir ke alat filter. Filter yang digunakan ini bisa bermacam – macam.
Filter ada yang didesain khusus menyaring debu tapi ada juga yang khusus untuk asap. Karena desainnya khusus, fungsinya tentu berbeda – beda. Filter yang multiguna tentu ada tapi harganya lebih mahal. Untuk melawan virus dan penyakit, filter khusus juga diperlukan. Karena itu, jangan salah pilih alat penyaring.


Tidak Semua Alat Penyaring Efektif
Alat penyaring udara khusus untuk virus dan bakteri biasanya dilengkapi dengan filter disinfectant. Bahan disinfectant pada filter akan membunuh berbagai virus dan bakteri sambil mengalirkan udara yang bersih. Hanya beberapa model khusus saja yang dilengkapi filter tipe ini. Biasanya, alat penyaring dengan fungsi ini disebut air purifier. 
Karena masalah ini, Anda juga harus hati – hati memilih penyaring udara. Jangan karena takut akan Covid, Anda beli penyaring udara tanpa cek detail. Jika sudah beli tapi ternyata alat tersebut hanya menyaring debu, Anda sendiri yang rugi.
Biasanya rekomendasi alat penyaring untuk melawan virus ini ada banyak di internet. Anda bisa cek brand atau model mana yang paling efektif. Artikel review biasanya juga tersedia untuk membantu Anda memilih yang tepat. Tidak semua penyaring udara memiliki kualitas sama, jadi pertimbangkan dulu secara matang sebelum beli.


Tidak Semua Virus Bisa Dibasmi dengan Alat Penyaring
Dari bahasan di atas, Anda tentu bisa melihat bahwa alat penyaring ini tidak selalu efektif melawan virus. Tapi Anda juga perlu tahu bahwa walaupun menggunakan alat dengan filter disinfectant, virus di ruangan belum tentu bersih.
Di dunia ini ada virus dan bakteri yang memang sulit dibunuh. Biasanya mereka memiliki selaput atau form khusus yang membuat mereka tidak mati. Hal seperti bakteri dengan selaput shell khusus dalam melawan pengaruh kimia adalah salah satu contohnya. Karen shell ini, bakteri tersebut tetap bisa hidup walaupun terkena disinfectant.
Penyaring udara juga hanya membersihkan virus yang adai di udara. Jika virus sudah berada di lantai ataupun perabotan Anda, mereka tidak akan bisa dihilangkan dengan alat ini. Jangan gantungkan hanya dengan alat penyaring udara saja untuk keperluan kesehatan rumah Anda.


Kesimpulan
Untuk melawan virus dan penyakit, penggunaan alat filter ini memang bisa digunakan. Tapi Anda harus ingat bahwa tidak semua alat filter memiliki fitur anti-virus dan bakteri. Banyak model penyaring udara yang hanya mengambil kelembaban dan debu. Untuk model yang seperti ini, penyakit tidak akan hilang di udara.
Ingat juga bahwa banyak virus dan bakteri yang tidak menyebar dari udara. Walaupun udara Anda bersih, virus bisa tetap ada di barang – barang rumah yang lainnya. Jadi selalu jaga kebersihan dan jangan hanya menggantungkan pada air purifier ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Mudah – mudahan bahasan ini bisa membuka wawasan Anda!
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda