Apakah Benar Air Purifier Mengandung Resiko Kesehatan?
Information
24 Nov 2020
Share

Sekarang ini banyak orang menggunakan alat air purifier untuk menjaga kesehatan. Tapi dari banyak rumor yang tersebar, alat seperti ini lebih membahayakan kesehatan dibandingkan memberikan manfaat positif. Apakah hal ini benar?

Penelitian untuk hal ini sebenarnya sudah banyak dilakukan. Tapi hasil pastinya masih belum ditemukan. Beberapa penelitian bisa menghasilkan kesimpulan berbeda tergantung dari banyak faktor. Mulai dari gaya hidup orang yang di tes, kondisi iklim negara tempat tes dan bahkan perbedaan sampel demografi.


Hal Sebenarnya Dibalik Resiko Penggunaan Air Purifier
Dari banyak penelitian, resiko dari penyaring debu ini hanya ditemukan 2 yang paling signifikan. Hal pertama adalah penimbunan penyakit dan juga membuat udara ruangan stagnan.


Masalah Penimbunan Penyakit
Penimbunan penyakit ini merupakan resiko jika Anda tidak sering membersihkan air purifier. Seperti yang Anda tahu, alat ini mengumpulkan debu dan udara kotor dan memprosesnya jadi bersih. Dari proses ini, alat pasti menumpukan banyak kotoran di dalamnya. Tapi saat tampungan untuk debu dan kotoran terlalu penuh, udara bersih yang dikeluarkan pasti terpengaruh.

Penumpukan kotoran yang berlebihan malah menjadi sarang penyakit. Karena alat tetap berusaha menyebarkan udara yang sudah diproses, penyakit yang menimbun di alat pasti ikut tersebar di udara. Hasilnya, ruangan tersebut memang bebas debu tapi penyakit di udara bisa makin banyak.


Udara yang Tidak Bergerak
Jika ruangan tidak memiliki aliran udara yang baik, tentu saja kondisi di dalamnya tidak sehat. Beberapa penyaring debu ruangan membutuhkan kondisi tertentu untuk bekerja. Salah satu kondisi ini adalah restriksi aliran udara.

Restriksi ini biasanya hanya ditemukan pada penyaring yang dipasang di ventilasi. Karena alat berusaha menyaring udara dari luar, flow udara ke dalam ruangan tentu tidak besar. Penyaring udara yang sudah tua juga pasti menimbun banyak debu dan kotoran. Hasilnya, alat semakin tersumbat dengan kotoran dan membuat udara di ruangan tidak mengalir. Dalam jangka panjang, ruangan tersebut bisa berbau dan malah menimbulkan penyakit.


Resiko Penggunaan Kecil Selama Digunakan Sesuai Aturan
Beberapa alat pembersih debu ruangan pasti memiliki arahan penggunaan. Dalam panduan tersebut, Anda bisa melihat apa saja yang harus dipatuhi. Hal seperti penumpukan bahan kimia dan masalah air flow pasti dibahas dalam panduan tersebut.

Tergantung dari system penyaring, ukuran alat dan juga faktor model, penyaring pasti akan memiliki fungsi berbeda. Sebagai contoh saja penyaring debu portable yang ditaruh di sudut ruangan akan berbeda dengan filter yang sudah menjadi satu dengan AC. Karena spesifikasi model tidak sama, aturan penggunaan juga akan berbeda.
Untuk penyaring debu portable, Anda mungkin harus mengutamakan air flow. Selama banyak udara yang tertangkap oleh alat tersebut, makin banyak juga debu yang tersaring. Untuk AC, penyaring mengambil udara dari luar dan memasukan udara bersih ke dalam rumah. Untuk tipe ini, Anda lebih baik menutup ruangan agar udara kotor lain tidak bercampur setelah dibersihkan oleh AC.


Kesimpulan Bahasan
Dari bahasan di atas, Anda sekarang tahu bagaimana sebenarnya penyaring ini bisa memberi manfaat dan menimbulkan masalah. Selama mengetahui kunci – kunci yang penting dalam penggunaanya, Anda tentu tidak perlu terlalu takut.

Memang alat air purifier bisa menyebabkan banyak hal negatif. Tapi selama Anda bisa menghindari efek negatif tersebut, Anda akan menikmati manfaatnya. Hal seperti rutin membersihkan alat dan menjaga air flow adalah solusi yang mudah dilakukan. Sekian bahasan tentang resiko alat penyaring udara ini. Mudah – mudahan bahasan ini dapat menambah wawasan Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini!
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda