Apa Itu Masker N99? Perlukah Digunakan untuk Mencegah Penularan COVID-19?
Information
09 Jun 2020
Share

Jenis masker respirator yang saat ini paling populer adalah masker N95. Hanya saja, masker N95 adalah masker sekali pakai sehingga tidak dapat digunakan berulang-ulang. Meski begitu, masih ada alternatif masker respirator lain yang dapat Anda gunakan, yaitu masker N99. Bahkan, jenis masker yang satu ini punya masker N99 refill untuk filternya, lho!


Masker respirator berbeda dengan masker bedah karena masker respirator memang didesain untuk terpasang dengan pas di wajah. Jadi, kemungkinan adanya celah antara kulit dengan masker sangatlah kecil. Karena itu, penggunaan masker respirator lebih dianjurkan dalam kondisi pandemi COVID-19 saat ini, apalagi mengingat kelangkaan masker bedah membuat para tenaga medis juga kesulitan menemukannya. Padahal, para tenaga medis berada di garda depan dan melakukan kontak langsung dengan pasien terduga maupun positif COVID-19.


Dari aspek penggunaan, cara memasang masker respirator pada dasarnya juga sama seperti dengan cara memakai masker kesehatan yang dianjurkan oleh WHO, yaitu:

  • Cuci tangan sebelum memakai dan setelah melepaskan masker.
  • Pastikan masker terpasang rapat dan pas di wajah, serta menutupi hidung dan mulut dengan baik.
  • Jangan sentuh sisi depan atau luar masker selama penggunaan; apabila tersentuh, segera cuci tangan.
  • Lepas masker dengan memegang talinya dan buang ke dalam tempat tertutup.

Ada beberapa alasan mengapa masker N95 jadi masker respirator yang sangat populer hingga sekarang. Pasalnya, jenis masker yang dikembangkan pertama kali oleh 3M dan diperkenalkan di tahun 1972 ini merupakan masker respirator sekali pakai yang pertama dikenal masyarakat. Setelah itu, baru banyak bermunculan masker N95 dari produsen atau merek yang berbeda.


Apalagi, masker respirator yang didesain dengan bentuk yang berbeda dari masker bedah bukan hanya memberikan perlindungan lebih baik dari polusi maupun partikel – tingkat efektivitasnya mencapai 95% -- tapi juga lebih nyaman digunakan karena bernapas terasa lebih lega.


Pada masker respirator, angka menunjukkan persentase efektivitasnya. Artinya, jika masker N95 diklaim mampu menyaring partikel di udara berukuran kecil – hingga 2,5 mikrometer – dengan tingkat efektivitas mencapai 95%, masker N99 punya tingkat efektivitas yang lebih tinggi, yaitu 99%. Bahkan, desain serat filternya yang lebih rapat membuat masker N99 bisa menyaring partikel berukuran lebih kecil dari 2,5 PM. Artinya, masker N99 lebih efektif daripada masker N95.


Menariknya lagi, masker N99 punya filter yang bisa diganti. Alasan inilah yang membuat masker N99 lebih ekonomis dibandingkan masker N95, yang sekarang juga ikut langka dan menjadi lebih mahal. Dengan masker N99 refill, artinya Anda bisa menggunakan kembali masker dalam jangka waktu yang lebih panjang. Selain praktis, hal ini juga berarti biaya masker jadi lebih rendah, terutama jika dibandingkan dengan penggunaan masker sekali pakai, kan?

 

Source: 

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/when-and-how-to-use-masks

https://www.gridoto.com/read/221936518/kualitas-udara-memburuk-bowin-indonesia-perkenalkan-masker-n99-anti-polusi-segini-harganya

https://www.fastcompany.com/90491123/what-is-an-n99-mask-and-should-you-buy-one
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda