Apa itu Masker N99
Information
08 Jun 2020
Share

Ditengah wabah Covid 19 atau virus Corona dari RRC yang melanda dunia maka beberapa daerah di Indonesia pun mulai melakukan soft lockdown atau PSBB (Perbatasan Sosial Berskala Besar) guna mencegah penularan virus ini semakin meluas dan mencegah bertambahnya korban virus mematikan yang tergolong jenis baru dan yang terus bermutasi serta hingga saat ini belum ditemukan obatnya. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menjaga kekebalan tubuh atau imunitas dan menghindari kontak fisik dengan jarak minimal 1 meter hingga 7 meter dengan orang lain, serta dengan mengenakan masker bagi orang yang terpaksa harus keluar rumah, untuk bekerja atau berbelanja dan berbagai kegiatan lainnya di luar rumah dan bertemu dengan orang lain. WHO (World Health Organization) juga telah menyarankan penggunaan masker untuk mencegah penularan virus Covid 19.


Pentingnya Masker bagi Kesehatan

Meski virus Corona atau Covid 19 menular lewat drop out atau tetesan air liur dan lendir pilek dari penderita atau carrier Covid 19 tapi pada saat bersin atau batuk maka cairannya bisa tersebar kemana-mana juga lewat tangan yang terkena cairannya, sehingga jika tak ingin tertular maka harus dihindari kontak fisik atau menyentuh benda-benda yang pernah disentuh pasien Covid 19 atau berbagai benda publik dengan sering-sering mencuci tangan dan mengenakan masker. Masker juga penting untuk mengatasi masalah udara yang berdebu dan berpolusi agar tidak terhisap dan masuk ke dalam paru-paru. Kementerian Kesehatan menganjurkan pemakaian masker guna mencegah penularan Covid 19. Beberapa orang lalu mulai banyak yang mengenakan masker seperti ada masker medis, masker kain korea dan lain sebagainya, yang dibeli di tempat jual masker kain shopee atau tempat jual masker n95 Jakarta dan lain sebagainya. Selain masker medis sekali pakai, cukup populer juga masker kain Surabaya yang bisa dicuci jadi tidak jenis masker sekali pakai. Tingkat penggunaan masker n95 atau masker n95 respirator juga meningkat. Seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan maka harga masker n95 per box pun mengalami kenaikan sebagaimana juga harga masker yang lainnya, namun seiring dengan peningkatan produksi masker maka kelangkaan masker pun mulai teratasi dan masker pun bisa dibeli secara online selain secara offline.


Berbagai Jenis Masker

Terdapat beberapa jenis masker. Menurut The World Air Quality, terdapat 4 jenis masker respirator yang lebih efektif guna mencegah zat-zat berbahaya terhirup dan masuk ke paru-paru, yakni masker anti polusi respirator organik yang sekali pakai, dan masker berkatup respirator partikulat sekali pakai, seperti masker bowin organik, dan ada juga masker kain anti air atau waterproof dengan tingkat kerapatan tinggi yang bisa dicuci ulang serta masker berkatup respirator particulate dengan saku tempat filter yang bisa dicuci dan bukan jenis sekali pakai dalam berbagai merk. Masker tersebut dibuat dalam kategori dan kapasitas tertentu sebagai berikut.


Kemampuan menyaring Udara

Berdasarkan kemampuannya untuk menyaring udara maka ada masker N95 yang memiliki kemampuan untuk menyaring udara hingga 95%, dan ada masker N99 dengan kemampuan untuk menyaring udara dengan tingkat yang lebih tinggi lagi yakni hingga 99% sehingga bisa lebih aman.


Kenyamanan Pakai

Lalu agar lebih nyaman dipakai dan tidak terasa sesak juga ada masker berkatup yang membuat udara masuk lebih leluasa dengan tetap tersaring. Katupnya ada yang berjumlah satu seperti masker N95 Bowin dan ada yang berjumlah dua buah di kanan dan kiri seperti masker N99 Bowin.


Jenis Saringan Masker

Guna menyaring udara yang masuk maka masker dilapisi dengan filter, dan agar bisa lebih hemat maka dibuat masker kain dengan saku khusus yang bisa dicuci dan cukup mengganti filter maskernya yang memang hanya bisa sekali pakai. Durasi jangka waktu masa pakai filternya bisa hingga selama 3 hari lalu dibuang  tergantung pada kualitas filter dan tingkat polusi udaranya. Beberapa masker berfilter ini adalah masker N95 V dan masker N99 V.


Manfaat Masker Kain

Di tengah masa wabah Covid 19 ini dan kelangkaan masker bedah maka masker kain cukup efektif guna mencegah keluarnya air liur atau lendir pilek dari pasien atau carrier, yakni orang yang dinyatakan positif mengandung virus Covid 19, menyebar kemana-mana lalu menulari orang yang masih sehat. Masker kain juga bisa dikenakan untuk mencegah polusi udara masuk dan terhirup hingga sampai ke paru-paru. Selain itu masker kain juga bisa lebih hemat karena bisa digunakan berkali-kali, tidak hanya untuk sekali pakai saja  karena bisa dicuci. Saran durasi atau jangka waktu lama memakai masker kain adalah maksimal sekitar 4 jam, jadi jika seharian beraktifitas di luar rumah maka bisa membawa dua hingga tiga atau empat masker kain, untuk dipakai bergantian, lalu simpan masker kain yang telah pernah dipakai dalam kantong plastik dan tutup rapat, simpan juga masker kain yang masih bersih dan belum dipakai dalam kantong plastik lain yang terpisah yang juga tertutup rapat dalam tas, bisa dibedakan warna kantong plastiknya agar tidak tertukar antara masker kain yang masih bersih dan masker kain yang telah pernah dipakai. Kemudian sesampai di rumah segera dicuci  bisa dengan air hangat dan sabun cair hingga bersih dan dijemur di terik sinar matahari. Masker kain tersebut juga cukup fleksibel dan tersedia dalam ukuran dewasa maupun ukuran anak-anak serta dalam warna warni dan aneka motif. Ada masker kain yang anti air atau waterproof dan ada yang tidak, juga dalam beragam tingkat kerapatan kain.


Harga Satuan Masker N95 dan N99

Harga masker cukup bervariasi, tergantung jenis model dan kapasitas daya saring udaranya juga merknya. Masker N95 organik sekali pakai harganya di kisaran 15 ribu Rupiah. Sedangkan masker N95 V berkatup dan berfilter yang bisa diganti filternya dan bisa dicuci ulang masker utamanya harga resminya adalah sekitar 25 ribu Rupiah hingga 60 ribu Rupiah. Sedangkan untuk masker N99 V berkatup dan berfilter yang bisa diganti filternya dan bisa dicuci ulang masker utamanya harga resminya adalah sekitar 65 ribu Rupiah hingga 150 ribu Rupiah. Seiring dengan peningkatan permintaan maka kadang masker N95 maupun masker N99 pun mengalami kelangkaan, bahkan kadang bisa lebih mudah untuk mendapatkan isi filternya daripada masker utamanya. Sehingga tak heran jika kadang harganya bisa melonjak lebih tinggi dari harga resminya. 


Perbedaan Masker Sekali Pakai dan Masker yang Bisa dicuci dan dipakai Ulang.

Kelebihan dari masker sekali buang adalah karena lebih praktis dan jelas terjamin kebersihannya namun cenderung boros dan meningkatkan jumlah sampah limbah. Sedangkan kelebihan masker yang bjsa dicuci dan dipakai ulang adalah bisa lebih hemat dan bisa mengurangi sampah limbah masker, serta bisa awet dipakai berkali-kali.
Pilih masker yang sesuai dengan kebutuhan dan beli secukupnya saja guna menghindari kelangkaan masker di pasaran.

 


Source:

https://www.kemkes.go.id/article/view/20012900002/Kesiapsiagaan-menghadapi-Infeksi-Novel-Coronavirus.html

https://www.who.int/publications-detail/advice-on-the-use-of-masks-in-the-community-during-home-care-and-in-healthcare-settings-in-the-context-of-the-novel-coronavirus-(2019-ncov)-o

https://www.researchgate.net/publication/340603522_Face_Masks_Against_COVID-19_An_Evidence_Review

https://m.liputan6.com/bola/read/4225540/ini-keuntungan-menggunakan-masker-kain-demi-cegah-corona-covid-19
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda