Apa Beda Air Purifier dengan Alat Pengatur Udara Lainnya?
Information
25 Nov 2020
Share

Saat berbicara soal alat penyaring udara, banyak orang sulit membedakannya. Hal seperti air purifier, air humidifier dan air cooler tentu berbeda. Walaupun sama – sama memiliki konsep yang mirip untuk mengatur udara, setiap alat memiliki peran dan fitur yang sangat jauh berbeda. Untuk memastikan Anda bisa membedakan setiap alat ini, mari bahas karakteristik masing – masing alat tersebut. Berikut adalah bahasannya!


Karakteristik Air Purifier Sebagai Penyaring Udara
Alat air purifier adalah penyaring udara yang tentu sudah tidak asing lagi. Alat ini memiliki konsep pembersih udara. Jadi udara yang kotor di sekitar dihisap dan disaring menggunakan filter. Setelah di proses, udara dikeluarkan dengan bentuk yang lebih bersih.

Alat ini sangat populer digunakan di tempat umum seperti tempat khusus merokok dan kamar mandi umum. Kemampuannya menyaring udara bahkan mampu membunuh bakteri dan virus yang beredar di udara. 

Alat ini bisa berfungsi dengan berbagai cara tergantung modelnya. Pertama ada yang menggunakan filter dari gel kimia yang menyaring debu, kotoran dan bakteri. Ada juga yang menggunakan filter cairan yang dipanaskan untuk menghasilkan udara lebih segar. Bagaimanapun bentuknya, udara yang dikeluarkan biasanya lebih segar dan bersih.


Beda Air Purifier dengan Air Humidifier
Karena Anda sudah tahu karakteristik dari penyaring udara, sekarang waktunya membahas perbedaanya dengan air humidifier. Jika air purifier berusaha membersihkan udara dari bakteri, kuman, debu dan kotoran lain, air humidifier berusaha membuat udara lebih lembab. Perbedaan air purifier dan air humidifier ini cukup mudah dimengerti bukan?

Seperti yang banyak orang tahu, udara mengandung partikel air. Pada kondisi cuaca tertentu, partikel air di udara bisa menipis. Udara kering ini tentu tidak selalu mendatangkan hal baik. Udara yang berdebu, panas dan bahkan menyebabkan kulit pecah – pecah tentu harus dihindari. Untuk menyuntikan particle air ke udara, alat humidifier perlu digunakan.

Alat ini berfungsi dengan menguapkan air pada tampungan dan menyebarkannya ke udara dalam interval tertentu. Biasanya air yang diuapkan berasal dari block dry ice ataupun balok es biasa. Untuk pilihan yang budget, alatnya biasanya menggunakan air biasa. Karena berusaha memancarkan partikel air ke udara, alat ini bisa dipasang pewangi. Jadi selain membuat udara tidak kering, alatnya juga membuat udara wangi.


Beda Air Purifier dengan Air Cooler
Untuk perbedaan air cooler dan air purifier, tentu mudah diperhatikan. Air purifier bertujuan membuat udara lebih bersih sedangkan air cooler berusaha membuat udara menjadi lebih tinggi. Air cooler sendiri tidak memiliki filter sama sekali. Alat ini hanya menghisap udara dari sekitarnya dan membuatnya melewati plat besi yang sudah didinginkan. Karena udara sudah melewati plat besi ini, tentu udara tersebut turun suhunya. Akhirnya udara yang dingin bisa dikeluarkan.

Air cooler ini biasa disebut AC. Bentuk AC sendiri ada banyak, mulai dari yang portable sampai yang tanam. AC tanam menghisap udara dari luar, memproses panas dengan plat baja dingin dan mengeluarkan udara dingin. Panas dari alat biasanya dikeluarkan di luar ruangan juga. Alat tanam ini biasanya juga terdiri dari dua bagian. Alat yang bertugas memompa udara dari luar dan membuang panas serta alat utama untuk mengeluarkan udara dingin di dalam ruangan.

Bagaimana apakah sudah jelas sekarang? Setiap alat pengatur udara ini memiliki peran berbeda. Penyaring udara air purifier lebih mengatur kandungan pada udara secara kimia. Air humidifier mengatur kelembaban yang ada di udara. Sedangkan air cooler mengatur suhu di udara. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Mudah – mudahan bahasannya berguna bagi Anda sekalian.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda