Anjuran Penggunaan Masker dan Harga Masker Kesehatan Terbaru
Product Tips
08 Jun 2020
Share

Di tengah masa pandemi Covid 19 seperti saat ini, seluruh masyarakat disarankan untuk menjaga kesehatan . Menggunakan masker merupakan salah satu upaya dalam mencegah penularan virus Covid 19. Selain penggunaan masker, mencegah terjadinya kontak langsung dengan orang lain juga menjadi salah satu upaya yang diterapkan untuk mencegah penularan. Kebutuhan akan masker menjadi tinggi, dan bahkan tergolong langka. Hal ini membuat harga masker kesehatan melambung tinggi. Pertanyaan sekarang apakah semua masyarakat perlu masker kesehatan? Edukasi yang penting terkait manfaat dan penggunaan masker sangat penting diberikan kepada masyarakat. Dalam artikel ini kami akan merangkum ulasannya untuk anda. 


Anjuran Menggunakan Masker

Menurut data yang dirilis oleh WHO, virus Covid 19 dapat menyebar melalui percikan saluran pernapasan dan kontak langsung. Percikan saluran pernapasan terjadi saat seseorang batuk atau bersin. Oleh karena itu sangat disarankan seseorang untuk menggunakan masker, agar saat batuk atau bersin, virus tidak menyebar ke udara. Masker dipandang efektif menghalangi penyebaran virus. Saat seseorang batuk atau bersin-bersin misalnya, virus tersebut akan terhalangi oleh masker, sehingga tidak menular ke orang lain. Namun perlu dipertegas juga bahwa setiap masker memiliki jenis dan fungsi yang berbeda – beda. 


Jenis – Jenis Masker dan Harga Masker Kesehatan

Setiap masker memiliki fungsi dan manfaatnya masing – masing. Dalam pencegahan virus Corona, setidaknya terdapat 3 jenis masker yang disarankan oleh para ahli, ketiga masker tersebut adalah masker kain, masker bedah, dan juga masker N95.  


Masker kain merupakan jenis masker yang dianjurkan untuk digunakan masyarakat. Masker jenis ini merupakan masker non medis. Kementerian Kesehatan RI sendiri juga sangat menganjurkan agar masyarakat yang ingin keluar rumah agar menggunakan masker kain tersebut. Masker kain tersebut akan mencegah percikan air liur saat batuk atau bersin, oleh karena itu masker ini akan efektif mencegah virus terbang ke udara. 


Sedangkan untuk masker bedah sendiri sedikit berbeda dengan masker kain, karena masker bedah memang dirancang untuk digunakan oleh tenaga medis. Masker bedah dirancang untuk sekali pakai saja, sehingga jika masyarakat menggunakannya hal ini bisa  menjadi pemborosan. Masker bedah terdiri dari tiga lapis, yakni lapisan luar anti air, lapisan tengah sebagai filter, dan lapisan dalam yang bisa menyerap cairan.


Untuk masker N95 sendiri, merupakan masker yang paling baik untuk melindungi. Masker ini lebih tebal dari masker yang lain. Namun masker ini tidak disarankan untuk digunakan sehari hari, karena membuat si pemakai sulit bernafas. Masker N95 ini hanya digunakan oleh tenaga medis atau dokter yang bertugas merawat pasien penderita Covid 19. Untuk harga masker kesehatan tersebut saat ini sangat bervariasi. Masker kain merupakan yang paling murah, lalu diikuti oleh masker bedah, dan yang paling mahal adalah masker N95. 

 


Source: 

https://www.savethechildren.org/us/what-we-do/emergency-response/coronavirus-outbreak/coronavirus-outbreak-facts-tips-how-to-help-protect-children

https://www.unicef.org/stories/novel-coronavirus-outbreak-what-parents-should-know
 
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda