Alasan Tenaga Medis Harus Menggunakan Masker N95
Information
08 Jun 2020
Share

Pada era pandemi virus Corona kali ini, WHO yang merupakan lembaga kesehatan dunia menyarankan semua orang menggunakan masker. Bagi masyarakat pada umumnya disarankan untuk menggunakan masker kain, untuk orang yang merasa sakit serta tenaga medis dengan APD level 1 yaitu yang bekerja di tempat praktek umum dengan risiko rendah menggunakan masker bedah, serta bagi tenaga medis untuk APD level 2 dan 3 yang bekerja untuk pengambilan sampel serta juga yang kontak langsung dengan pasien menggunakan Masker N95. Saat ini banyak yang jual masker N95 sehingga bisa memenuhi kebutuhan.


Bagi Anda yang penasaran dengan apa alasan tenaga medis harus menggunakan masker N95, maka dijelaskan berikut ini :


Tenaga Medis Bekerja di Tempat yang Memiliki Risiko Tertular Virus Corona yang Tinggi dan memiliki Efektivitas yang Tinggi

Alasan yang pertama adalah tenaga medis memiliki resiko tertularnya virus corona lebih tinggi. Virus yang satu ini memang memiliki tingkat penularan yang tinggi melalui droplet dan masih dilakukan pengkajian lebih lanjut  dari para ahli sehingga informasi masih sangat kurang. Jadi, para tenaga medis harus ekstra hati-hati untuk mencegah penularan virus corona.


Masker N95 memiliki  4 lapisan sehingga efektivitasnya sangat tinggi dari masker jenis yang lainnya untuk mencegah penularan virus corona. Masker ini memiliki efektivitas sampai di atas 95 % dalam mencegah penularan virus corona. Jadi, untuk tenaga medis yang bekerja di tempat yang banyak pasien Covid-19 dan kontak langsung dengan pasien  tersebut maka sangat disarankan menggunakan masker N95.


Tidak Baik Digunakan untuk Sehari-hari

Alasan yang selanjutnya adalah masker N95 sangat tidak dianjurkan dipakai sehari-hari oleh masyarakat pada umumnya. Hal ini dikarenakan masker N95 memiliki pori-pori yang kecil untuk menghalau virus sehingga akan terasa lebih sesak dibandingkan menggunakan masker kain atau masker bedah.


Selain itu, masker N95 memiliki keketatan yang sangat tinggi sehingga mungkin Anda akan merasa tidak terlalu nyaman. Selain itu harga masker N95 masih sangat mahal jika digunakan untuk kegiatan sehari-hari.


Permintaan Masker N95 sangat Banyak

Alasan yang selanjutnya adalah permintaan masker N95 untuk tenaga medis sangat banyak sehingga dengan Anda tidak membeli Masker ini maka akan mengurangi permintaan pasar. Sehingga yang jual masker N95 bisa dibeli tenaga medis.


Kesimpulan 

Dari beberapa pernyataan di atas maka bisa disimpulkan bahwa banyak yang jual Masker N95 yang terbukti memiliki efektivitas yang tinggi sehingga bisa menghambat penularan penyakit kepada tenaga medis yang bekerja. Dan masyarakat disarankan tidak menggunakan masker N95 karena bisa menyebabkan kesulitan bernapas dan kurang nyaman. Selain itu permintaan masker ini sangat banyak sehingga menyebabkan terjadinya kelangkaan.

 

Source: 

https://www.kemkes.go.id/article/view/20041800003/tingkatan-apd-bagi-tenaga-medis-saat-tangani-covid-19.html

https://twitter.com/KemenkesRI/status/1248098717573337088?s=19 

http://rsudpurihusada.inhilkab.go.id/mengenal-masker-n95/
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda