Alami Kelangkaan, Masker N95 Bisa Dicuci, Benarkah?
Information
09 Jun 2020
Share

Di saat pandemi korona semacam ini tentunya tenkes akan sangat diperlukan sebagai garda depan yang membantu dalam penyembuhan covid-19. Mereka juga membutuhkan alat pelindung diri (APD) yang berfungsi dalam penahanan serangan terhadap virus korona. Salah satu alat pelindung diri yang wajib dipakai adalah masker N95 yang kini mulai langka keberadaannya. Bagaimana menyikapi kelangkaan masker N95?


Anda bisa mencoba membaca kabar angin segar di bawah ini!


Fungsi Masker Hanya Satu Kali, Stok Dunia Menipis, Solusinya?

Di beberapa kabar dunia juga menambahkan bahwa kebutuhan atau stok masker jenis N95 kini mulai tipis artinya pabrik alat kesehatan terbilang kewalahan. Korban semakin naik setiap harinya karena itulah mereka membuat masker N95 ini dalam jumlah yang banyak namun tetap saja kurang untuk kebutuhan setiap harinya. Tenkes juga tidak ingin memakai masker ini usai memeriksa pasien korona karena percikan virus dalam jumlah mikron bisa saja menempel dan masuk ke pori tenkes. 


Pemakaian masker N95 hanya satu kali dan buang, maka dari itu warga sehat biasa tidak boleh membeli atau memakai masker N95 ini dalam aturan yang tegas. Harganya sengaja dimahalkan untuk warga umum agar mereka yang masih aman dari korona tetap menjaga diri tanpa berlebihan memakai alat pelindung kesehatan. 


Bagaimana Cara Menambah Stok?

Upaya penambahan stok masker N95 ini masih terus berlanjut, setiap harinya bahan masker N95 terus datang kendati jumlahnya dibatasi. Negara tetangga juga berusaha adil dalam mengirimkan bahan masker N95 agar semua bisa dikendalikan. Namun,penambahan stok masker ini berbanding terbalik dengan pemakaian di lapangan karena tenkes yang hadir semakin banyak dan pasien semakin tinggi maka kebutuhannya menjadi terus berkurang. Terkadang dengan bahan daur ulang yang mirip dengan bahan masker N95 masih dipakai dengan pengolahan pembuatan masker N95. Efeknya, tenkes harus memakai APD lebih lengkap dan super ekstra demi menjaga diri penularan virus. 


Ternyata, Ada Cara Daur Ulang Masker N95

Inilah kabar baiknya, ada cara untuk mendaur ulang masker N95 dengan cara mencucinya kembali. Masker N95 bisa dicuci bukan dengan deterjen seperti pada masker kain namun dengan sebuah larutan kimia hidrogen peroksida. Larutan tersebut dipercaya sejak dulu untuk membunuh kuman dan virus secara maksimal. Sehingga kelangkaan masker N95 bisa diatasi. Masker yang sudah dipakai disatukan dalam wadah dan diolah kembali dengan cara perendaman ke dalam larutan hidrogen peroksida. 


Ada baiknya untuk menghemat fungsi masker kesehatan N95 ini dengan cara melepasnya ketika tenkes sudah tidak di zona merah khususnya rumah sakit. Memakai masker n99 bisa juga menjadi jalan terbaik untuk menghemat dan mencegah penularan korona. Ingat ya, selalu jaga daya tahan tubuh dan di rumah aja!

 

Source: 

https://www.suara.com/health/2020/03/31/180640/peneliti-temukan-cara-mencuci-masker-n95-agar-bisa-dipakai-lagi
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda