Air Purifier Lebih Awet, Begini Cara Merawatnya Yang Benar
Information
23 Nov 2020
Share

Bagi Anda yang dalam kesehariannya mengandalkan air purifier atau pembersih udara dalam ruangan, maka wajib untuk mengetahui mengenai perawatannya yang benar. Hal ini sebagai upaya agar alat tersebut tidak cepat rusak dan bisa Anda gunakan dalam waktu yang lama. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa air purifier adalah alat yang mampu melindungi Anda dan keluarga dari berbagai bakteri serta menjaga agar kondisi udara di dalam ruangan tetap baik dan sehat.

Bahkan untuk memberikan perawatan air purifier yang baik, Anda tidak harus memanggil jasa. Cukup ketahui apa saja yang harus Anda lakukan lalu kerjakan sendiri di saat waktu luang Anda. Hal ini juga membuat Anda lebih berhemat karena tidak perlu memanggil jasa.

 

Cara Merawat Air Purifier Secara Benar
Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara merawat air purifier yang benar, maka cara-cara berikut ini bisa Anda pahami dengan mudah dan langsung menerapkannya sendiri di rumah.

1. Membersihkan Filter

Filter adalah bagian utama di dalam air purifier untuk menyaring debu, virus, bakteri, dan sebagainya. Sehingga bagian inilah yang bisa dipastikan cepat kotor dengan benda-benda asing yang melewatinya. Sehingga, Anda bisa meraih filter dan melepaskannya. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan lap yang sudah dibasahi atau dengan menggunakan sikat yang berbulu lembut.

Namun, jika kotoran sudah banyak yang menumpuk dan Anda kesulitan untuk membersihkannya, maka Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis yang dicampur dengan air lalu bersihkan menggunakan sikat atau kuas. Setelah filter bersih, maka selanjutnya Anda bisa membawa filter untuk dijemur di bawah sinar matahari sampai kering. Jika sudah kering, Anda bisa memasangkannya lagi di tempat semula. 

2. Membersihkan Air Tangki

Tidak hanya bagian filternya saja yang dibersihkan, tetapi juga bagian air tangki yang ada di dalam pembersih udara ruangan tersebut. Tangki tersebut mudah saja untuk Anda temukan karena letaknya yang tidak jauh dari filter. Anda bisa melepaskan dari tempatnya kemudian membuang airnya. 

Di dalam tangki tersebut biasanya Anda akan menemukan beberapa hambatan yang berupa lekukan, sehingga bisa menghalangi air kotor yang harus dibuang tersebut. Anda bisa menggunakan air yang hangat lalu carilah sikat gigi bekas untuk membersihkan daerah-daerah yang sulit terjangkau. Dan jika Anda mencium aroma yang tidak enak dari tangki, maka seperti saat membersihkan filter, Anda bisa menggunakan air jeruk nipis. Kemudian diamkan dan tunggulah sampai sekitar 30 menit, Anda bisa membilasnya. Jika sudah selesai, Anda bisa memasang kembali di tempat semula.

3. Gunakan Air Purifier Secara Baik Dan Tepat

Perawatan pada air purifier juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan alat tersebut secara baik dan tepat. Karena penggunaan yang baik, maka akan meminimalisir risiko kerusakan pada bagian mesin maupun komponen lainnya. Misalnya saja hindari untuk tidak melakukan penekanan udara yang terlalu kencang. Hal tersebut bisa membuat filter tidak akan berfungsi secara maksimal. Lalu, meskipun di dalam air purifier terdapat vacuum cleaner, namun usahakan untuk tidak menggunakannya. Hal ini bisa berisiko pada komponen di dalam air purifier yang akan terganggu proses kerjanya ketika digunakan. 

Dengan begitu, agar penyaring debu ruangan Anda bisa tetap bekerja secara maksimal, maka perawatan secara rutin harus Anda lakukan. Tidak hanya bagian dalamnya saja yang dibersihkan, tetapi juga jangan melewatkan bagian luar air purifier untuk dibersihkan dari debu yang menempel. Sehingga alat tersebut pun bisa terus Anda gunakan dengan performa yang tetap baik seperti masih baru.

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda