6 Tips Penting Memilih Desinfektan Untuk Cegah Covid-19
Information
02 Dec 2020
Share

Pemakaian desinfektan saat ini semakin banyak, guna mencegah penyebaran virus corona yang masih mewabah sampai saat ini.Sekolah, hotel, perkantoran, tempat ibadah, rumah makan, kampus, hingga desinfektan untuk pemakaian pribadi pun digunakan sebagai solusi efektif. Oleh karena itu, Anda yang memilih memakai desinfektan sebaiknya tidak terpatok pada harga desinfektan spray murah saja, tetapi juga harus mempertimbangkan beberapa hal. Anda harus tetap memperitmbangkan keamanan juga keefektifan pemakaiannya.


Kenapa Harus Memilih Desinfektan yang Aman Digunakan?
Karena pemakaian dan pemilihan desinfektan yang salah bisa menyebabkan iritasi mata, kulit, juga bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Sementara dampak lingkungannya pun harus tetap diwaspadai, dan biasanya yang terjadi ialah masalah karat. Oleh karena itu, Anda harus tetap memperhatikan beberapa tips memilih desinfektan yang ramah bagi lingkungan maupun bagi kesehatan.


Tips  Memilih Desinfektan Untuk Cegah Virus Covid-19

1. Harus Memiliki Brosur atau MSDS

Hal yang harus diperhatikan pertama kali saat hendak membeli desinfektan ialah apakah produk desinfektan yang Anda pilih sudah disertai oleh MSDS (lembar data keselamatan bahan) ataukah tidak? Jika ada, tentu produk tersebut wajib dipertimbangkan.

2. Pakai APD dan Pastikan Sesuai Dosis

Apabila Anda memakai desinfektan tidak sesuai dosis, maka bisa saja terjadi kondisi overdosis, sehingga bisa berdampak buruk bagi lingkungan maupun diri sendiri.

Pastikan Anda memakainya dengan dosis yang sesuai dan aman. Informasi dosis umumnya ada di dalam MSDS dan brosur. Selain itu, jangan lupa memakai APD saat penggunaan desinfektan.

3. Memilih Desinfektan yang Benar
Jenis desinfektan berdasarkan pemakaiannya sendiri terbagi kedalam 3 jenis, diantaranya :

  • Desinfektan hard  surface, biasanya digunakan pada permukaan keras, baik berupa kayu, kaca, tembok, keramik, logam, dan lain sebagainya.
  • Desinfektan multi purpose, adalah desinfektan yang bisa dipakai untuk permukaan keras dan juga cukup baik untuk permukaan lembut. 
  • Desinfektan soft surface, dipakai untuk permukaan yang lunak, baik itu jok mobil, sofa, kasur, karpet, dan lain-lain.

Salah memilih desinfektan, justru bisa membuat hasilnya kurang memuaskan. Maka dari itu, penting sekali melihat spesifikasi produk desinfektan yang Anda beli.

4. Sudah Teruji

Jika terdapat informasi mengenai hasil uji yang didapat di lab terpercaya, tentu saja lebih bagus. Namun jika tak ada, bisa melakukan pengujian sendiri dengan membeli desinfektan yang jumlahnya sedikit guna kebutuhan uji coba. Bisa juga dengan meminta informasi dari rekan atau orang yang sudah pernah menggunakan produk desinfektan yang sama.

5. Sudah Mendapat Izin Resmi Kemenkes

Selain itu, cek juga apakah desinfektan yang Anda gunakan sudah mendapatkan izin resmi di Kementrian Kesehatan? Jika sudah, tentu saja lebih aman jika dibandingkan dengan produk yang masih belum terdaftar. 
Desinfektan spray beli dimana? Jika Anda ingin produk yang terpercaya, pastikan Anda membelinya di toko yang juga terpercaya, baik secara online maupun offline.

6. Cari yang Aplikasinya Mudah

Produk desinfektan yang penggunaannya menuntut persyaratan yang banyak dengan beberapa prosedur yang harus diperhatikan, jika tidak bisa Anda penuhi maka bisa saja berdampak buruk bagi keamanan. Namun hal yang pasti untuk memilih desinfektan yang penggunaannya aman ialah siap pakai.

Itulah beberapa tips yang harus dipertimbangkan saat ingin membeli desinfektan yang aman juga terpercaya, agar pemakaiannya lebih aman. Kini bahkan sudah ada produk desinfektan dan hand sanitizer – silver ion yang berperan aktif untuk memerangi virus corona!
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda