5 Perbedaan Air Purifier Dengan Humidifier
Information
25 Nov 2020
Share

Kebanyakan orang menganggap air humidifier dan air purifier adalah dua hal yang sama. Padahal nyatanya kedua hal tersebut memiliki perbedaan, baik itu dari fungsi, kecepatan serta lainnya. Sehingga tidak mengherankan terkadang banyak orang yang salah membelinya karena menganggap kedua alat elektronik tersebut tidak ada bedanya. Lantas, seperti apa perbedaan air purifier dengan humidifier? Mari simak ulasan selengkapnya!


Fungsi Utama
Perbedaan antara air humidifier dan air purifier yang pertama bisa dilihat dari fungsinya. Pada dasarnya, air purifier memiliki fungsi untuk menjernihkan udara ataupun memurnikan udara yang ada disekitarnya. Sehingga alat ini sengaja digunakan untuk membersihkan, memurnikan serta membuat udara di sekitarnya terbebas dari virus maupun bakteri. Sementara air humidifier  berfungsi sebagai pelembab udara di dalam ruangan. Dimana alat ini mampu mengatur tingkat kelembaban tanpa mengeluarkan aroma. Bahkan secara tidak langsung, alat ini sangat bermanfaat dan membantu para penderita alergi dan asma yang disebabkan oleh udara yang tercemar.


Letak Penggunaan
Kedua alat elektronik ini memang hanya digunakan di tempat-tempat khusus dan berbeda satu sama lainnya. Namun penggunaan air purifier hanya direkomendasikan di ruangan dengan kualitas udara  yang buruk saja seperti ruangan yang penuh dengan asap rokok. Dengan menggunakan alat ini dapat membantu membersihkan dan menyaring udara serta menghilangkan bau asap rokok tersebut.  Nah, hal ini tentu berbeda dengan penggunaan air humidifier yang hanya cocok digunakan pada ruangan yang kering, ber AC serta ruangan yang besar dan luas. Oleh sebab itu, bila Anda memiliki ruangan yang lembab, maka hindari penggunaan air humidifier karena dapat membuat ruangan mudah berjamur.


Penggunaan Air
Mungkin Anda masih penasaran mengenai alat yang membutuhkan air untuk menjalankan fungsi yang maksimal. Perlu diketahui, penggunaan air purifier berbanding terbalik dengan air humidifier, dimana air purifier tidak membutuhkan air untuk menjalankan fungsinya. Sementara air humidifier membutuhkan air yang mencapai 3 liter untuk melembabkan udara. Dengan menggunakan air yang cukup tentunya air humidifier bisa berfungsi jauh lebih maksimal.


Kecepatan Menguap
Untuk kecepatan menguap, kedua produk ini juga memiliki perbedaan. Dimana air purifier tidak membutuhkan cairan apapun karena hanya menghisap dan menyaring udara disekitarnya lalu menyalurkan kembali udara tersebut melalui filter yang biasanya difungsikan untuk membunuh virus ataupun bakteri. Untuk itu, tidak akan ada proses penguapan dari cair ke gas melalui alat ini. Perlu diketahui, rata-rata alat penyaring udara ini dapat membantu membersihkan udara 30-120 menit dan juga tergantung pada luas ruangan penempatan alat tersebut. Sementara untuk penggunaan air humidifier tentu berbeda karena alat ini memakai cairan sehingga proses penguapannya sangat bergantung pada temperatur. Perlu diketahui, semakin tinggi temperatur maka proses penguapan yang terjadi juga akan semakin cepat.


Cara Kerja
Cara kerja kedua produk ini cukuplah sederhana dan sesuai fungsinya. Air humidifier memiliki empat jenis cara kerja yaitu, sistem uap, sistem vaporasi, sistem gelombang elektronik serta sistem hybrid. Untuk sistem uap, humidifier akan memanaskan air sehingga dapat menghasilkan uang yang cukup hangat. Sistem vaporasi, air humidifier yang menggunakan paper humidifier dengan cara memanfaatkan angin untuk melewati penyaring yang berisi air ataupun uap air. sistem gelombang elektronik, akan membuat humidifier mampu menguraikan air serta mengubahnya menjadi uap air yang tidak terlalu panas. Selanjutnya sistem hybrid, dimana humidifier akan menggabungkan sistem uap dengan vaporasi sehingga proses kerja yang diperoleh ialah gabungan kedua sistem tersebut. Sementara cara kerja air purifier akan dimulai dari tahapan menyerap udara disekitarnya, lalu disaring dengan filter sehingga udara yang dikeluarkan lebih bersih dan tidak kotor.

Itulah beberapa perbedaan air humidifier dan air purifier yang patut Anda ketahui, sehingga Anda lebih mudah membedakan antara keduanya. Demikianlah semoga ulasan diatas dapat menjadi sumber referensi terbaik untuk Anda ketika membeli alat yang sesuai kondisi lingkungannya.
 

* * * *
More News From Us
Find Our Products

Proteksi Superior Polusi Udara, lindungi diri mu sekarang!
Temukan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda